Kesehatan Anak

6 Manfaat Putih Telur untuk Tumbuh Kembang Anak

dr. Sepriani Timurtini, 08 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Banyak orangtua menghindari kuning telur dan lebih memilih memberikan putih telur untuk anak. Lantas, apa saja manfaat putih telur untuk anak?

6 Manfaat Putih Telur untuk Tumbuh Kembang Anak

Telur dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya nutrisi. Baik putih maupun kuning telur mengandung segala nutrien yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Namun, karena berbagai alasan, tidak sedikit orang tua lebih memilih memberikan putih telur untuk anak.

Putih telur relatif lebih rendah kalori dan tidak mengandung lemak sebanyak kuning telur. Selain itu, putih telur mengandung banyak zat gizi, seperti natrium, folat, selenium, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. 

Asam amino dalam putih telur pun relatif lengkap, meliputi asam amino esensial. Lantas, apa manfaat putih telur bagi tumbuh kembang anak? 

1. Sebagai Sumber Energi

Protein dalam putih telur menawarkan energi yang cukup untuk menyokong aktivitas si kecil. Namun, anak tentu perlu mengonsumsi bahan makanan lain untuk menambah energinya. 

Artikel lainnya: Perbedaan Jenis Telur Ayam yang Perlu Diketahui dan Manfaatnya

2. Menguatkan Otot Anak

Manfaat putih telur untuk anak bisa memperkuat otot si kecil. Putih telur kaya protein sehingga sangat baik untuk pertumbuhan otot di masa kanak-kanak.

Mengonsumsi putih telur secara teratur dapat membantu memperkuat otot, mencegah kelelahan, serta meningkatkan kekebalan tubuh anak.

3. Memperkuat Tulang 

Putih telur tinggi kandungan kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang secara menyeluruh. Mengonsumsi putih telur secara teratur dapat menguatkan tulang anak. 

Putih telur membantu meningkatkan kepadatan tulang anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Risiko terjadinya patah tulang dan osteoporosis di masa depan pun jadi berkurang.

Artikel lainnya: Telur Bebek untuk MPASI Bayi, Aman atau Tidak?

4. Mendukung Perkembangan Otak 

Dampak Gawai terhadap Otak Anak (metamorworks/Shutterstock)

Putih telur mengandung kolin. Nutrien ini membantu sinyal saraf serta fungsi sistem saraf otak yang penting untuk perkembangan otak si kecil. 

5. Mencegah Anemia 

Putih telur mengandung banyak vitamin. Berbagai vitamin dalam putih telur, termasuk vitamin B12 baik untuk perkembangan saraf anak dan dapat mencegah anemia

6. Mencegah Obesitas 

Putih telur dapat membuat rasa kenyang anak bertahan lebih lama. Konsumsi putih telur dapat mengurangi keinginan anak untuk ngemil makanan yang tidak sehat, tinggi gula, dan tinggi lemak.

Tingginya protein dalam putih telur dapat membantu melawan obesitas pada anak. Protein dapat membantu mengurangi nafsu makan sehingga sangat cocok untuk anak yang mengalami obesitas. 

Artikel lainnya: Anak Hobi Makan Telur, Seberapa Sering Boleh Mengonsumsinya?

Mengenai jumlah aman konsumsi putih telur untuk anak, tidak ada anjuran khusus berapa banyak dan seberapa sering si kecil boleh mengonsumsi bahan makanan satu ini. 

Hal yang terpenting, Mama-Papa tetap perlu mencukupi nutrisi anak yang diperoleh dari bahan makanan lainnya. 

Karena itu, berikan anak variasi makanan yang berbeda. Mama-Papa bisa menggunakan putih telur pada campuran masakan sehat, seperti dibuat omelet dengan campuran sawi dan wortel. 

Hindari memberikan anak putih telur mentah yang dapat menimbulkan risiko keracunan makanan akibat infeksi bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat hadir dalam telur maupun kulitnya.

Untuk itu, #JagaSehatmu dan si kecil dengan selalu mencuci telur dan tangan sebelum mengolahnya. Pastikan putih telur dimasak hingga matang, ya!  

Apabila Mama-Papa punya pertanyaan lain seputar bahan makanan yang aman untuk anak, konsultasikan lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

telurAnak

Konsultasi Dokter Terkait