Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mengenal Esketamine Nasal Spray, Obat untuk Atasi Depresi

Mengenal Esketamine Nasal Spray, Obat untuk Atasi Depresi

Untuk mengatasi resisten obat antidepresan, dokter dapat memberikan obat esketamine nasal spray. Seberapa efektif dan bagaimana cara kerja obat tersebut?

Untuk mengatasi gejala depresi, dokter spesialis penyakit jiwa atau psikiater dapat meresepkan obat antidepresan oral.

Sayangnya, banyak pasien yang kondisinya tidak membaik setelah mengonsumsi obat antidepresan yang diresepkan dokter.

Untuk mengatasi hal itu, Food and Drugs Administration di Amerika Serikat mengeluarkan rekomendasi obat esketamine nasal spray.

Obat tersebut dapat diberikan kepada pasien depresi yang resisten terhadap pengobatan antidepresan oral. Ketahui lebih lanjut tentang obat esketamine nasal spray lewat ulasan di bawah ini.

 

1 dari 5 halaman

Apa Itu Esketamine Nasal Spray?

Esketamin dibuat dari obat yang disebut ketamin. Esketamin adalah obat bius yang digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu mengobati depresi.

Belakangan, esketamin dibuat dalam sediaan nasal spray atau semprotan hidung. Melansir Hopkinsmedicine, esketamine nasal spray dianggap lebih manjur untuk mengatasi depresi.

Artikel Lainnya: Benarkah Probiotik Mampu Atasi Gejala Depresi?

Sebab, pasien bisa menggunakan esketamin nasal spray dengan dosis lebih rendah dan hanya menimbulkan efek samping yang lebih sedikit.

Perlu diketahui, esketamine sering disalahgunakan sebagai obat untuk menimbulkan perasaan euforia atau halusinasi.

Oleh karena itu, semprotan hidung esketamine ini hanya akan diberikan di ruang praktek dokter atau rumah sakit.

Biasanya dokter akan memberikan obat esketamine semprot kepada pasien sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

Pasien mungkin mengalami disorientasi atau kebingungan setelah mendapat semprotan hidung esketamine. Maka itu, mereka harus menunggu di rumah sakit selama 2 jam setelah mendapatkan obat tersebut.

Selain itu, pasien tidak disarankan untuk mengemudi, mengoperasikan mesin, atau melakukan tugas berat lainnya setelah menerima esketamine nasal spray.

2 dari 5 halaman

Siapa yang Dianjurkan Menggunakan Obat Ini?

Dijelaskan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, menurut FDA, esketamine diberikan sebagai treatment bagi penderita depresi yang tidak membaik dengan pengobatan antidepresan lainnya.

“Menurut FDA, syaratnya adalah penderita gangguan depresi mayor yang tidak merespon setidaknya dua jenis antidepresan dengan dosis dan periode pengobatan yang adekuat untuk episode kekambuhan yang sedang dialami,” ucap dr. Astrid.

Dengan kata lain, obat esketamine nasal spray dapat diberikan kepada orang yang telah mencoba setidaknya dua jenis antidepresan. 

Artikel Lainnya: Lawan Depresi dengan Asupan Ini!

Masing-masing obat antidepresan harus diminum selama setidaknya enam minggu. Pasien juga harus dipastikan belum mengalami remisi atau setidaknya 50 persen peningkatan mood.

Bagi pasien yang kondisi depresinya belum membaik meski sudah mengonsumsi obat antidepresan lain, dokter dapat memberikan esketamine kepada mereka.

Obat ini memberi harapan bahwa pasien depresi bisa merasakan perasaan yang lebih baik dengan perawatan yang tepat.

3 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Kerja Esketamine untuk Depresi?

Salah satu keuntungan menggunakan esketamine spray nasal adalah obat ini bekerja dengan cepat.

Pasien mungkin merasakan gejala depresinya berkurang hanya dalam waktu beberapa jam dan efeknya berlangsung selama beberapa hari.

Sementara itu, obat antidepresan biasa membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat menunjukkan efeknya.

Hal itu, menurut dr. Astrid, terjadi karena cara kerja obat esketamine berbeda dengan obat depresi lainnya.

"Cara kerja esketamine mirip dengan cara kerja ketamin, yaitu meningkatkan jumlah senyawa dalam tubuh yang memengaruhi mood dan komunikasi antar sel otak. Pada obat esketamine, yang ditingkatkan adalah kadar glutamat," ucap dr. Astrid.

Artikel Lainnya: Penyebab Depresi Pascaoperasi dan Cara Mengatasinya

4 dari 5 halaman

Efek Samping dari Esketamine Nasal Spray

Obat esketamine dianggap aman bila digunakan dalam waktu pendek. Namun sampai saat ini, dokter belum memahami apakah obat ini aman dan efektif jika digunakan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Pasalnya, obat esketamine nasal spray dapat memengaruhi neurokimia utama di otak. Apabila digunakan dalam jangka waktu lama, mungkin dapat terjadi efek samping yang merugikan.

Selain itu, obat ini juga dapat membuat kecanduan, orang dapat menyalahgunakannya atau menggunakan obat ini secara berlebihan.

Dokter juga mengatakan obat ini tidak selalu bekerja dengan baik pada orang yang resisten terhadap pengobatan depresi.

Itulah tadi penjelasan mengenai obat depresi esketamine nasal spray. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar pengobatan depresi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikiater melalui fitur LiveChat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar