Sukses

Benarkah Pepaya Ampuh untuk Mengatasi Flu?

Flu dapat diredakan dengan mengonsumsi pepaya. Lantas, kandungan apa yang terdapat di pepaya sehingga dapat mengatasi flu? Berikut ulasan selengkapnya.

Flu merupakan masalah kesehatan yang kerap menjadi momok bila musim hujan tiba. Meski tak menutup kemungkinan flu juga bisa menyerang di luar musim hujan. 

Gejala flu secara umum tergolong ringan dan bisa sembuh dengan cepat. Yang jelas, ada cara mencegah dan menangani flu bisa agar tidak mengganggu aktivitas. Apakah salah satu caranyanya dengan makan buah pepaya? Kita simak ulasannya di sini.

1 dari 3 halaman

Efektifkah Manfaat Pepaya Mengatasi Flu?

Flu atau influenza terjadi karena infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejalanya antara lain demam, hidung berair, bersin-bersin, sakit kepala, lemas, batuk, hingga tenggorokan gatal.

Selain melalui obat-obatan medis, banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan keluhan flu. Salah satunya dengan mengonsumsi pepaya.

Buah dengan nama ilmiah Carica Papaya tersebut memang punya banyak kandungan bermanfaat, seperti antioksidan, asam folat, vitamin A, vitamin C, serta vitamin E, tembaga, magnesium, kalium, dan asam pantotenat.

Artikel lainnya: Benarkah Buah Sirsak Efektif untuk Mengatasi Flu?

Melansir laman WebMD, vitamin C di dalam pepaya dapat membantu dan meningkatkan daya tahan tubuh saat sedang sakit. Sementara itu, beta karoten merupakan antioksidan yang baik untuk proses penyembuhan dari flu. Hal senada diutarakan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti. 

“Pepaya mengandung banyak vitamin C dan betakaroten. Vitamin C akan membantu untuk support daya tahan tubuh, sedangkan beta karoten merupakan antioksidan yang baik.”

Selain itu, buah pepaya merupakan sumber vitamin A yang amat baik. Nutrisi lain yang dikandungnya juga tak kalah juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Tapi, dr. Astrid Wulan juga mengingatkan untuk tidak mengonsumsi pepaya secara berlebihan karena bisa menyebabkan BAB lebih cair dan sering.

"Bila dikonsumsi dalam jumlah pas, buah ini bisa bantu lancarkan BAB karena kaya akan serat dan air," ujar dr. Astrid.

2 dari 3 halaman

Tak Cukup Pepaya untuk Atasi Flu

Yang perlu dicatat, mengonsumsi pepaya saja tidak lantas menjamin Anda bakal sembuh dari influenza. Anda tetap disarankan untuk beristirahat cukup, minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi makanan sehat.

Artikel lainnya: Atasi Flu dengan Buah Elderberry, Benarkah Efektif?

Bila gejala flu terus berlanjut dan semakin berat, Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter demi mendapatkan rekomendasi obat yang sesuai.

Jangan lupa, berikan waktu pemulihan bagi tubuh hingga benar-benar sembuh. Sembari menunggu waktu tersebut, hindari beberapa makanan yang dapat menghambat pemulihan Anda. 

Beberapa makanan dan minuman tersebut antara lain minuman berkafein dan beralkohol, asupan tinggi minyak, biji-bijian yang sulit dicerna, serta makanan atau minuman manis.

Pepaya memang bisa membantu memulihkan tubuh dari flu. Namun, jika Anda mengalami flu berat hingga mengganggu aktivitas dan bersulit istirahat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan menangani infeksi flu yang diderita. 

Cari tahu informasi seputar buah untuk flu lainnya dengan membaca artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 Jam. Download sekarang!

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar