Pernapasan

Manfaat Kiwi untuk Mengatasi Flu, Benarkah Efektif?

Zahra Aminati, 14 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada banyak cara yang dianjurkan untuk mengatasi flu. Salah satunya dengan mengonsumsi buah kiwi. Benarkah manfaat buah kiwi tersebut? Simak di sini.

Manfaat Kiwi untuk Mengatasi Flu, Benarkah Efektif?

Cuaca panas-dingin yang berganti dengan cepat bisa membuat Anda mudah terserang flu. Terlebih, saat imunitas tubuh tidak terjaga, Anda lebih rentan jatuh sakit. 

Nah, saat flu mendera, Anda mungkin memilih menunda mengonsumsi obat-obatan. Opsi pengobatan alami mungkin lebih menjadi pilihan pertama. Salah satunya adalah dengan memperbanyak makan buah kiwi.

Buah kiwi yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat, dipercaya dapat mengatasi flu lebih cepat. Tepatkah manfaat buah kiwi tersebut?

Adakah Manfaat Buah Kiwi untuk Atasi Flu?

Kiwi tak sulit dikenali. Buah dengan kulit berbulu ini memiliki daging lembut berwarna hijau. Kiwi punya rasa asam manis dan kaya nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Melansir Healthline, buah kiwi kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium. Buah ini juga mengandung banyak antioksidan plus serat yang dibutuhkan tubuh. Dengan nutrisi tersebut, kiwi memang dapat membantu tubuh melawan virus flu.

Artikel lainnya: Benarkah Buah Cranberry Bisa Atasi Flu?

“Buah kiwi kaya akan vitamin C yang bantu support daya tahan tubuh melawan virus penyebab flu,” ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Dia menambahkan, “Buah ini juga punya antioksidan yang dapat membantu mengatasi radang akibat radikal bebas yang kerap merusak sel-sel tubuh.”

Mengutip WebMD, buah kiwi mengandung sekitar 230 persen dari asupan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari. Vitamin C berperan aktif dalam menjaga sel-sel kekebalan tubuh agar tetap sehat serta membantu melawan infeksi. 

Selain untuk mencegah flu, para ilmuwan juga membuktikan vitamin C dapat mengurangi keparahan dan durasi gejala pada orang yang terkena flu biasa. 

Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi antibodi dan sel darah putih yang bisa membantu Anda melawan infeksi. 

Mengutip dari Today's Parent, vitamin E yang terdapat dalam buah kiwi juga diperlukan untuk proses imunoglobulin.

Imunoglobulin sendiri berperan sebagai “pengawal pribadi” tubuh. Mereka bisa melawan patogen penyebab penyakit yang menyerang tubuh. 

Kandungan antioksidan dalam kiwi membantu tubuh melawan radikal bebas sekaligus mengurangi stres oksidatif. Itu sebabnya, buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit.

Artikel lainnya: Benarkah Buah Sirsak Efektif untuk Mengatasi Flu?

Tidak Hanya Konsumsi Buah Kiwi

Kiwi memang punya banyak sekali nutrisi yang bisa membantu tubuh pulih lebih cepat dari infeksi flu.

Namun, dr. Astrid mengingatkan kalau makan kiwi tidak serta merta menjamin Anda sembuh dari flu. 

“Anda tetap dianjurkan untuk beristirahat dengan baik, konsumsi makanan sehat, dan juga konsultasi ke dokter untuk mengobati flu,” ujarnya. 

Bila Anda ingin mengonsumsi kiwi untuk memperkuat imun atau membantu pemulihan dari flu, caranya sederhana. 

Setelah dikupas bersih, potong kiwi hingga siap disantap. Anda bisa menambahkannya dengan buah lain di dalam semangkuk salad. Tambahkan yoghurt plain agar lebih sehat.

Layaknya buah lainnya, kiwi juga mengandung gula alami. Oleh karena itu, konsumsilah buah kiwi dalam jumlah wajar, yakni tidak lebih dari 140 gr per hari.

Dengan kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidannya, kiwi dapat membantu pemulihan dari flu. 

Bila pun Anda ingin mengonsumsinya sebagai upaya menjaga imun harian, tidak ada masalah. Buah ini sehat dan kaya nutrisi yang menguntungkan tubuh. 

Cari tahu informasi seputar khasiat buah untuk flu lainnya dengan mengakses aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

buahInfluenza

Konsultasi Dokter Terkait