Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ingin Tingkatkan Stamina? Coba Kombinasi Taurin dan Kafein!

Ingin Tingkatkan Stamina? Coba Kombinasi Taurin dan Kafein!

Konsumsi Taurin dan Kafein dipercaya akan menghasilkan stamina yang baik. Ketahui lebih lanjut fungsi taurin dan kafein untuk stamina di sini.

Bagi Anda penggemar olahraga, pasti tidak asing dengan taurin dan kafein di dalam minuman energi.

Sama seperti kafein, taurin juga bisa membantu meningkatkan stamina dan menambah performa. Hanya saja, belum semua orang mengenal apa itu taurin.

Kafein dikenal sebagai senyawa stimulan alami yang umumnya memberikan efek meningkatkan fokus atau kewaspadaan seseorang.

Sementara taurin adalah asam amino sulfonik yang ditemukan secara alami pada tubuh. Taurin bisa ditemukan pada otak, jantung, dan otot Anda.

1 dari 3 halaman

Manfaat Taurin dan Kafein untuk Tingkatkan Stamina

Taurin dan kafein memiliki manfaat yang berbeda dalam menjaga stamina tubuh. Fungsi taurin memiliki peran yaitu mengatur keseimbangan elektrolit di dalam sel tubuh, menjaga kadar kalsium di dalam sel, dan menjadi salah satu komponen dalam membentuk cairan empedu.

Artikel lainnya : Taurin Baik untuk Metabolisme, Apakah Bermanfaat bagi Pasien COVID-19?

Selain itu, taurin juga menjaga fungsi sistem saraf dan mata, serta berperan dalam menunjang sistem imun tubuh.

Kafein bekerja di dalam sistem saraf dan memberikan efek meningkatkan energi, serta membakar lemak lebih banyak.

Beberapa studi pun menunjukkan, kafein bisa membantu meningkatkan daya tahan dan kekuatan otot.

Baik taurin maupun kafein, keduanya sama-sama memiliki kandungan antioksidan. Salah satu fungsinya untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel tubuh.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Konsumsinya?

Taurin bisa diperoleh lewat suplemen tambahan, minuman energi, serta sumber makanan seperti daging, ikan, dan produk susu.

Namun, kombinasi taurin dan kafein yang umum ditemukan pada minuman energi menunjukkan adanya efek gabungan antara peningkatan performa dan fokus secara keseluruhan.

Perlu diingat untuk batasi konsumsi kafein tidak lebih dari 400 mg setiap harinya. Untuk taurin, sebaiknya dikonsumsi dalam rentang 500-2.000 mg per hari.

Artikel lainnya : Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Kafein bagi Kesehatan Tubuh Anda

Pastikan Anda membaca label kemasan minuman energi dan suplemen untuk mengetahui kadar taurin dan kafein. Manfaatnya akan lebih terasa bila mematuhi aturan konsumsi.

Cukupi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi seimbang. Konsumsi cairan yang cukup agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan tubuh terhindar dari dehidrasi.

Baca Juga: Benarkah Kafein Mampu Mengatasi Sakit Kepala?

Memiliki stamina prima bisa membantu Anda menjalani hari-hari dengan produktif. Untuk itu, jangan lupa menerapkan gaya hidup sehat!

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar konsumsi taurin dan kafein, serta stamina tubuh, gunakan LiveChat dengan dokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar