Sukses

Menu Makanan untuk Diet DEBM yang Perlu Dikonsumsi

Sedang menjalani diet DEBM? Ini makanan yang harus masuk daftar menu sehari-hari Anda.

Pernah dengar diet DEBM? Diet DEBM merupakan kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet ini pertama kali dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono, pria yang berhasil menurunkan lebih dari 20 kilogram berat badannya dengan diet ini.

Prinsip dari diet DEBM adalah rendah karbohidrat, tinggi protein dan lemak. Berdasarkan prinsip tersebut, contoh-contoh menu pantangan dari diet DEBM meliputi nasi, sereal, pasta, pemanis, dan asupan tinggi gula lainnya.

Adapun jenis-jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat menjalani diet DEBM, di antaranya:

1. Telur

Kandungan gizi telur pastinya sudah tidak diragukan lagi. Telur merupakan salah satu menu makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat diet DEBM, karena sesuai dengan ketentuan diet ini, yaitu makanan tinggi protein.

Diet DEBM tidak melarang pengolahan makanan dengan minyak. Akan tetapi, jika Anda ingin menggorengnya, pastikan jumlah minyak yang digunakan tidak berlebih, ya.

Artikel Lainnya: Kenali Cara Diet DEBM, Efektif Turunkan Berat Badan?

1 dari 5 halaman

2. Daging Sapi

Daging sapi menjadi menu makanan yang dianjurkan dalam diet DEBM. Seperti yang Anda tahu, daging yang satu ini merupakan sumber protein yang baik.

Walau demikian, tetap perhatikan jumlah konsumsinya, ya. Meski memiliki kadar protein tinggi, daging sapi juga mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

3. Daging Unggas

Daging unggas seperti ayam atau bebek juga bisa menjadi menu makanan dalam diet DEBM. Selain sumber protein yang tinggi, daging unggas juga mengandung zat besi, zink, dan berbagai vitamin.

Anda bisa mengonsumsi secara bergantian antara daging unggas dan sapi, supaya tidak bosan ketika sedang menjalani diet DEBM.

2 dari 5 halaman

4. Ikan

Ikan berlemak tinggi seperti tuna atau salmon merupakan menu yang tepat untuk diet DEBM.

Hal ini karena keduanya memiliki kadar omega-3 yang tinggi. Berbeda dengan daging sapi, lemak omega-3 merupakan lemak baik dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

5. Sayuran Hijau

Sayur hijau juga wajib dalam menu makanan diet DEBM. Sebab, sayuran hijau memiliki kadar pati yang rendah sehingga sejalan dengan prinsip diet DEBM, yaitu rendah karbohidrat.

Artikel Lainnya: Hati-hati, Ini Risiko Kesehatan di Balik Diet Rendah Karbohidrat

Selain itu, sayuran mengandung serat tinggi sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Semakin gelap warna sayurannya, semakin tinggi kadar serat di dalamnya.

3 dari 5 halaman

6. Buah Tinggi Lemak

Salah satu contoh buah tinggi lemak yang sehat adalah alpukat. Seperti ikan salmon, buah alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh. Karena itulah, buah ini bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk diet DEBM.

Namun, perhatikan cara penyajiannya, ya. Jika dikonsumsi dengan kental manis atau gula tambahan, malah tidak akan sejalan dengan prinsip diet DEBM.

7. Susu dan Produknya

Selain dilengkapi dengan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan protein, susu juga mengandung karbohidrat dalam jumlah tertentu. Hal ini membuatnya baik menjadi sumber energi.

Namun, perhatikan jumlah konsumsinya dan hindari mengonsumsi produk susu dengan perisa atau pemanis buatan.

4 dari 5 halaman

8. Sayuran Lainnya

Jika bosan atau tidak suka dengan sayuran hijau, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran lainnya dengan kadar pati yang rendah. Contohnya adalah wortel, jagung muda, terong, labu, atau tomat. Anda bisa mengombinasikan atau berganti-ganti menu setiap hari.

Nah, sudah tahu kan makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk diet DEBM? Penting untuk diingat bahwa diet DEBM tidak melarang konsumsi karbohidrat, melainkan hanya membatasinya. Kombinasikan juga dengan kebiasaan sehat lainnya, seperti olahraga rutin dan istirahat cukup agar manfaat yang didapatkan maksimal.

Baca informasi menarik lainnya seputar diet sehat di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pakarnya lewat fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar