Sukses

Mengenal Jenis-Jenis Kanker Tulang

Kanker tulang memiliki beberapa jenis dan penyebab yang berbeda. Apa saja jenis-jenis kanker tulang tersebut? Ketahui informasi selengkapnya di ulasan berikut ini.

Kanker merupakan kondisi keganasan yang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk tulang. 

Kanker tulang dapat dialami oleh siapa saja, baik usia muda atau tua. Tak hanya itu, kanker tulang memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Berikut jenis kanker tulang yang perlu Anda ketahui. 

1. Osteosarkoma

Dilansir dari American Cancer Society, osteosarkoma merupakan kanker tulang primer yang paling umum terjadi. Kanker ini dapat terjadi di awal pembentukan sel tulang. 

Biasanya kanker tulang jenis ini dialami oleh orang usia 10 hingga 30 tahun. Akan tetapi, sekitar 1 dari 10 kasus kanker osteosarkoma dapat dialami orang yang berusia lebih dari 60 tahun. 

Osteosarkoma lebih sering dialami pria dibandingkan wanita. Kanker ini dapat berkembang di sekitar tulang lengan, kaki, atau panggul. 

Artikel Lainnya: Mengenal Prosedur Limb Salvage untuk Mengatasi Kanker Tulang

1 dari 3 halaman

2. Sarkoma Ewing

Sarkoma ewing merupakan jenis kanker tulang urutan ketiga yang paling umum dialami anak-anak dan remaja. Sarkoma ewing jarang terjadi pada orang dewasa yang berusia lebih dari 30 tahun. 

Sarkoma ewing biasanya berkembang di tulang, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kanker ini juga dapat muncul di jaringan atau organ tubuh lain. 

Kanker ini biasanya muncul di tulang pinggul, tulang di dinding dada (tulang rusuk atau tulang belikat), tulang belakang, dan tulang panjang kaki. 

3. Kondrosarkoma

Kondrosarkoma merupakan kanker langka yang terjadi di sel tulang rawan dalam tulang. Kanker ini merupakan jenis kanker yang biasanya terjadi pada orang dewasa yang berusia 30 hingga 60 tahun. 

Kondrosarkoma dapat tumbuh di dalam atau di permukaan tulang. Biasanya kondrosarkoma terdapat di tulang panggul, tulang kaki, dan tulang lengan. 

Kanker ini juga bisa menyerang area trakea, laring, tulang belikat, tulang dinding dada, tulang rusuk, atau tulang tengkorak. 

4. Chordoma

Diwartakan dari Cancer Research UK, chordoma merupakan jenis kanker tulang yang sangat langka dan berkembang lambat. 

Chordoma berasal dari kumpulan sel di jaringan tulang belakang saat janin masih berkembang di dalam rahim. Setelah itu, sel tersebut berubah menjadi cakram di tulang belakang. 

Artikel Lainnya: Olahraga Bisa Membantu Mengatasi Kanker Tulang

Sebagian besar sel ini akan menghilang ketika seseorang lahir. Namun, terkadang, sebagian kecil dari sel ini akan menetap hingga dewasa dan menjadi kanker. 

Kanker yang terjadi di tulang belakang ini biasanya dialami oleh orang berusia 40 hingga 60 tahun. Perkembangan kanker ini cukup lambat tetapi sulit diobati karena umumnya berdekatan dengan saraf, pembuluh arteri, dan otak. 

2 dari 3 halaman

5. Fibrosarkoma

Melansir dari Sarcomahelp.org, fibrosarkoma merupakan kanker ganas yang berasal dari sel mesenkim. Mesenkim merupakan sel yang membentuk tulang rawan anak-anak. 

Sel kanker ini dapat muncul di sekitar tulang rawan bagian kaki, rahang, atau lengan. 

Menurut dr. Devia Irine Putri, untuk mengetahui atau mendiagnosis jenis kanker tulang, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh dokter.

“Selain dari wawancara medis dan pemeriksaan fisik, biasanya akan didukung dengan pemeriksaan lain, seperti tes pencitraan, rontgen, CT scan, MRI dan juga melakukan biopsi,” jelas dr. Devia. 

Itu dia penjelasan seputar jenis-jenis kanker tulang, untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar