Sukses

Manfaat Buah Apel untuk Mencegah Kanker

Buah apel memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk mencegah kanker. Apa saja manfaat apel untuk kanker? Kita simak di sini.

Pernahkah Anda mendengar ungkapan “an apple a day keeps the doctor away”? pepatah tersebut punya makna yang cukup jelas, yakni satu apel per hari menjauhkan Anda dari dokter, yang artinya kesehatan Anda tetap terjaga.

Bahkan, disebut-sebut, konsumsi apel sangat baik untuk mencegah kanker. Benarkah manfaat apel untuk kanker tersebut? Simak di bawah sini. 

1 dari 3 halaman

Benarkah Apel untuk Mencegah Kanker?

Sebenarnya, tidak ada satu makanan pun yang sepenuhnya mampu melindungi seseorang dari kanker. Istilah “makanan pencegah kanker” mengacu pada asupan yang dapat menurunkan risiko kanker jika seseorang rutin mengonsumsinya, termasuk apel. 

Artikel lainnya: Manfaat Konsumsi Apel, Bisa Usir Penyakit Ini

Buah apel dipercaya mampu menurunkan risiko kanker karena beragam nutrisi di dalamnya.

Menurut dr. Devia Irine Putri, “Apel adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Kandungan ini dipercaya dapat menangkal radikal bebas, membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah perkembangan kanker.”

Pernyataan ini sejalan dengan pendapat para ahli di University of Perugia, Italia. Mereka berkesimpulan, orang yang makan satu apel sekali sehari lebih kecil kemungkinannya terkena tumor paru-paru, usus, mulut, saluran pencernaan, atau payudara. 

Hal ini jika dibandingkan dengan orang-orang yang jarang makan apel atau buah populer lainnya.

Kesimpulan tersebut didapat setelah para ahli meninjau lebih dari 40 penelitian sebelumnya. Mereka menemukan manfaat terbesar apel terlihat pada kanker perut dan kerongkongan. Beberapa data menunjukkan kalau konsumsi buah apel rutin hampir mengurangi separuh risiko tumor.

Tingkat tumor paru-paru di kalangan pecinta apel sekitar 25 persen lebih rendah, sementara kasus kanker payudara berkurang seperlima. Adakah alasan khusus di balik hal ini?

Artikel lainnya: Manfaat Makan Buah Apel Untuk Atasi Sembelit

Melansir National Foundation for Cancer Research, apel adalah buah dengan kandungan serat tinggi. Apel juga punya senyawa polifenol yang baik untuk mikroba di dalam usus. Mikroba-mikroba itu berperan mengurangi risiko kanker. 

Vitamin C dalam apel juga bertindak sebagai antioksidan untuk mendukung fungsi daya tahan tubuh serta melawan pertumbuhan sel kanker.

Selain mencegah kanker, apel juga dapat mendukung pemulihan tubuh dari kanker. Kandungan potasium yang terdapat dalam apel dapat berpengaruh positif terhadap keseimbangan cairan dalam tubuh seseorang.

Mineral tersebut dapat membantu mencegah retensi cairan, yang merupakan efek samping umum dari kemoterapi.

Selain itu, melansir WebMD, di dalam apel terdapat satu jenis antioksidan yang disebut procyanidins. Antioksidan ini dapat memicu serangkaian sinyal sel yang mengakibatkan kematian sel kanker.

Melalui percobaan di laboratorium, tikus yang sudah terpapar zat penyebab kanker usus besar diberikan makan campuran air dan procyanidins dari apel.

Hasilnya sungguh menakjubkan. Jumlah lesi prakanker di usus besar tikus yang mendapat makanan dicampur air dan procyanidins selama 6 minggu berkurang setengahnya. Hal ini jika dibandingkan dengan tikus yang mengonsumsi makanan biasa.

“Temuan ini menunjukkan, memakan apel, termasuk kulitnya, mungkin menawarkan beberapa manfaat pencegahan kanker,” ujar Francis Raul, PhD, direktur penelitian Institut Nasional Prancis untuk Penelitian Kesehatan dan Medis di Strasbourg, Prancis.

Artikel lainnya: Apel Merah dan Apel Hijau, Mana yang Lebih Baik?

2 dari 3 halaman

Barengi dengan Pola Hidup Sehat

Beberapa penelitian memang telah membuktikan potensi apel untuk mencegah dan mengatasi kanker. Namun, seperti ditegaskan dr. Devia, makan apel bukan satu-satunya kunci terhindar dari kanker.

“Tidak hanya makan buah apel saja untuk mencegah kanker, tetapi harus diimbangi dengan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit,” tuturnya.

Pola hidup sehat itu antara lain mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, cukup istirahat, mengelolah stres dengan baik, rutin berolahraga, menghindari rokok, serta membatasi konsumsi alkohol.

“Kalau ingin rutin konsumsi apel, Anda bisa makan 1-2 buah dengan dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya,” ujar dr. Devia.

Kebiasaan kecil seperti makan apel setiap hari dapat menghindarkan Anda dari penyakit kanker di kemudian hari. Makanya, yuk mulai kebiasaan sehat ini. Kombinasikan apel dengan variasi asupan sehat lain agar nutrisi yang diperoleh semakin lengkap. 

Dapatkan informasi seputar buah untuk mencegah kanker lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter di sini.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar