Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kegiatan untuk Melatih Kesehatan Otak agar Tetap Terasah

Kegiatan untuk Melatih Kesehatan Otak agar Tetap Terasah

Otak juga bisa lelah dan pikiran terasa jenuh. Untuk menjaga kesehatan otak dan mengurangi rasa penat, ini pilihan aktivitas hiburan untuk otak.

Seiring bertambahnya usia dan beberapa faktor lain, kesehatan otak dapat mengalami gangguan, misalnya dalam hal daya ingat dan kemampuan fokus. Bentuk hiburan untuk otak diperlukan demi menjaga pikiran tetap segar dan fungsi otak terasah.

Agar otak tetap sehat dan fokus serta pikiran tidak penat, berikut ini beberapa latihan untuk otak yang bisa dilakukan:  

1 dari 4 halaman

1. Bermain Kosa Kata

Dokter Devia Irine Putri menjelaskan, bermain atau memperbanyak kosa kata dapat merangsang otak menjadi lebih tajam. Penelitian menunjukkan, bermain kosa kata dapat mempertajam kerja otak, terutama di area pemrosesan visual dan pendengaran. 

Artikel lainnya: Manfaat Gemar Membaca untuk Kesehatan Otak Anda

“Saat baca buku, bermain game, menonton film, atau di mana ada kata-kata yang kurang dimengerti atau tidak familiar, maka bisa dicatat dan dicari artinya. Dengan rutin melakukan hal itu, maka otak terstimulasi terutama di bagian visual dan auditory,” jelas dr. Devia. 

Untuk bermain kosa kata dan melatih otak, Anda dapat melakukan cara ini:

  • Ambil satu buku yang belum pernah Anda baca, kemudian tulis di buku catatan setiap kata yang tidak diketahui artinya.
  • Carilah definisi dari kata tersebut.
  • Gunakan kata tersebut dalam keseharian Anda.  

2. Bermain Puzzle

Saat menyusun ribuan keping puzzle, artinya Anda sedang berlatih memperkuat fungsi otak.

Pasalnya, ketika bermain puzzle, tanpa disadari Anda harus mencari potongan gambar dan mencocokkannya satu dengan yang lain. Ini bisa menjadi cara melatih otak yang bagus.

Artikel lainnya: Ini Kebiasan Penyebab Kerusakan Otak yang Jarang Disadari

2 dari 4 halaman

3. Gunakan Semua Indra

Melansir Healthline, penelitian tahun 2015 menunjukkan penggunaan semua indra untuk bekerja dapat membantu memperkuat fungsi otak. Cobalah melakukan aktivitas yang secara bersamaan melibatkan kelima indra. 

Contohnya, Anda bisa memanggang kue atau datang ke restoran baru. Ketika Anda mencicipi makanan di restoran, maka indra penciuman dan pengecapan akan bekerja. Kemampuan sentuhan, penglihatan, dan pendengaran juga dapat terangsang dari furnitur atau suasana resto.

4. Mempelajari Keterampilan Baru

Mendalami keterampilan baru dapat membantu memperkuat koneksi di otak. Penelitian tahun 2014 menunjukkan, mempelajari keterampilan baru dapat membantu meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa yang lebih tua.

Cobalah cari hal baru sesuai minat Anda,  misalnya, melakukan olahraga berkuda, memasak resep baru, atau ikut kelas menari.  

5. Ajarkan Keterampilan Baru kepada Orang Lain

Jika suka mengajar, manfaatkan minat ini untuk melatih otak. Setelah mempelajari keterampilan baru, segera praktikkan. Setelah cukup mahir, ajarkan pengetahuan baru itu kepada orang lain. Mengajarkan orang lain dapat melatih Anda untuk menjelaskan suatu konsep. 

Artikel lainnya: Aneka Jenis Rempah yang Baik untuk Kesehatan Otak

3 dari 4 halaman

6. Mendengarkan atau Bermain Alat Musik

Menurut studi tahun 2017, mendengarkan lagu-lagu bahagia lebih meningkatkan pemikiran kreatif dan kekuatan otak, dibandingkan hanya berdiam diri. Selain itu, mengasah otak juga bisa dilakukan dengan belajar alat musik.

7. Mempelajari Bahasa Baru

Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukkan, orang yang dapat menggunakan lebih dari satu bahasa memiliki memori lebih baik dan tingkat kreativitas lebih tinggi. 

Kabar baiknya, tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar bahasa baru. Anda dapat meningkatkan daya ingat dengan mempelajari bahasa asing lainnya.

Itulah beberapa bentuk latihan yang bisa Anda lakukan demi mendukung kesehatan otak. Bila dilakukan dengan benar dan konsisten, otak akan terlatih melakukan berbagai fungsi. Kegiatan sehari-hari akan lebih lancar.

Jika memiliki pertanyaan seputar kesehatan otak, gunakan layanan Live Chat dokter di Klikdokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar