Sukses

Manfaat Mengonsumsi Jambu Biji Saat Hamil

Jambu biji salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Apa saja manfaatnya bagi kehamilan? Cari tahu di sini.

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi, salah satunya buah jambu biji. 

Dokter Arina Heidyana mengatakan, “Jambu biji merupakan buah yang aman untuk dikonsumsi bumil. Buah ini berkhasiat melancarkan pencernaan serta menurunkan tekanan darah yang baik bagi kesehatan ibu hamil.”

“Kandungan nutrisi di dalamnya beragam, seperti vitamin C, serat, fosfor, zat besi, asam folat, kalsium, dan kandungan airnya juga cukup tinggi,” tambahnya.  Untuk tahu manfaat mengonsumsi buah jambu biji saat hamil, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini. 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C di dalam jambu biji berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil. Vitamin C juga dapat membantu perkembangan kolagen untuk membentuk tendon, tulang, dan kulit janin. 

Dilansir dari What To Expect ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 85 mg per hari. 

Artikel Lainnya: Faedah Jambu Biji untuk Kesehatan Balita

1 dari 3 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi jambu biji dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat. 

Dikutip dari MomJunction, jambu biji mengandung zat alkaline yang dapat mencegah masalah pencernaan seperti mulas dan mual. 

Konsumsi jambu biji yang kaya akan serat juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari sembelit atau susah buang air besar.

3. Menjaga Tekanan Darah

Kondisi tekanan darah tinggi saat hamil disebut sebagai hipertensi gestasional. Kandungan kalium di dalam jambu biji dapat membantu menjaga tekanan darah ibu hamil tetap stabil.

Kalium juga dapat mencegah terjadinya lonjakan tekanan darah yang menyebabkan hipertensi gestasional. 

4. Mencegah Anemia 

Ibu hamil rentan mengalami anemia karena tubuhnya membutuhkan pasokan darah lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan. 

Oleh karena itu, ibu bisa mengonsumsi buah jambu biji saat hamil. Jambu biji mengandung zat besi, yaitu komponen penting untuk membentuk sel darah merah. 

Mengonsumsi buah jambu biji yang mengandung zat besi dapat menurunkan risiko ibu hamil terkena anemia. 

Anemia merupakan kondisi yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan perdarahan saat persalinan dan berat badan bayi lahir rendah. 

Artikel Lainnya: Jambu Merah vs Jambu Klutuk, Mana yang Lebih Sehat?

2 dari 3 halaman

5. Membantu Perkembangan Saraf Janin

Jambu biji mengandung asam folat dan vitamin B9 yang membantu perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi. 

Asam folat merupakan vitamin yang penting untuk ibu hamil. Asam folat dapat mencegah kondisi cacat tabung saraf pada janin seperti spina bifida. 

6. Mengatasi Mual di Pagi Hari

Saat usia kehamilan trimester pertama, ibu hamil dapat mengalami morning sickness. Kandungan vitamin C di dalam jambu biji baik untuk mengendalikan mual dan muntah di pagi hari. 

7. Mengontrol Kolesterol dalam Darah

Saat hamil, kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat. Dilansir dari Healthline, Carolyn Gundell, ahli gizi dari Connecticut di Amerika Serikat, mengatakan bahwa kadar kolesterol dapat naik sebanyak 25 hingga 50 persen selama trimester kedua dan ketiga kehamilan.

Artikel Lainnya: Jus Jambu Biji Ampuh Atasi Demam Berdarah?

“Kolesterol diperlukan untuk produksi dan fungsi hormon steroid seperti estrogen dan progesteron. Hormon seks ini sangat penting untuk mewujudkan kehamilan yang sehat,” jelasnya. 

“Kolesterol juga berperan dalam perkembangan otak, anggota tubuh, sel tubuh janin, serta ASI yang sehat,” kata Gundell.

Dokter Arina mengatakan bahwa ibu hamil bisa mengonsumi buah jambu biji secara langsung atau dihaluskan menggunakan blender.  

Diwartakan dari WebMD, konsumsi jambu biji yang ideal adalah sebanyak 4-5 potong buah per harinya. Sebab jambu biji termasuk buah yang memiliki banyak kandungan gula. 

Konsumsi jambu biji secara berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan atau risiko diabetes di kemudian har

Cari tahu informasi kesehatan atau kehamilan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar