Kesehatan Anak

Komplikasi Tumor Otak Medulloblastoma pada Anak

Tri Yuniwati Lestari, 06 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Medulloblastoma adalah salah satu jenis tumor otak yang sering ditemukan pada anak-anak. Selain berbahaya medulloblastoma juga dapat sebabkan komplikasi.

Komplikasi Tumor Otak Medulloblastoma pada Anak

Medulloblastoma adalah tumor ganas pada otak yang sering dialami anak-anak usia tiga hingga delapan tahun. Tumor ini berkembang di bagian otak kecil, tepat di bagian belakang otak.

Otak kecil berperan mengontrol keseimbangan dan koordinasi tubuh. Hingga kini, penyebab medulloblastoma belum diketahui pasti.

Orangtua juga perlu tahu bahwa tumor otak medulloblastoma dapat menyebabkan komplikasi.Apa saja komplikasi medulloblastoma? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Tumor Menyebar ke Organ Lain

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini meduloblastoma bisa menyebabkan komplikasi apabila sudah masuk stadium 3 dan 4.

Komplikasi yang dapat terjadi dari tumor otak adalah metastasis atau penyebaran tumor ke organ tubuh lainnya.

“Tumor otak medulloblastoma dapat menyebar atau bermetastasis di dalam otak dan sumsum tulang belakang. Dalam kasus yang jarang terjadi, tumor juga dapat menyebar ke paru-paru atau bagian tubuh lainnya,” ucap dr. Dyah Novita.

2. Sindrom Fossa Posterior (Cerebellar Mutism)

Komplikasi medulloblastoma adalah sindrom fossa posterior. Kondisi ini merupakan bentuk kerusakan otak jangka sementara akibat pembedahan atau pengangkatan tumor.

Sindrom fossa posterior dapat berkembang setelah 1 sampai 4 hari setelah operasi. Komplikasi ini juga dapat muncul setelah setelah anak menunjukkan kemampuan berbicara yang normal dan membaik.

Beberapa gejala sindrom ini ditandai dengan gangguan berbahasa, emosi, gerakan dan, masalah neurologis lainnya. Gejala ini bisa berlangsung selama berminggu-minggu atau bertahun-tahun.

Kendati sering digambarkan sebagai komplikasi sementara, penelitian terbaru mencatat bahwa sindrom fossa posterior dapat bertahan dalam waktu lama, bahkan menjadi permanen.

3. Tumor Kembali Muncul

Dalam beberapa kasus, tumor medulloblastoma dapat kembali muncul setelah pengobatan atau operasi.

Untuk mencegah dan mendiagnosis tumor yang kembali muncul, dokter butuh melakukan pemeriksaan MRI.

4. Komplikasi Pascaoperasi Medulloblastoma

Beberapa anak dapat mengalami komplikasi pascaoperasi atau pengobatan medulloblastoma.

Artikel Lainnya: Waspada, Sakit Mata Bisa Jadi Gejala Tumor Otak

Dilansir dari International Society for Pediatric Neurosurgery, berikut adalah komplikasi yang dapat muncul setelah operasi pengangkatan tumor medulloblastoma:

  • Hematoma (kumpulan darah di luar pembuluh darah) dapat muncul di bagian fossa posterior. Kondisi ini harus cepat ditangani oleh dokter karena bisa berakibat fatal.
  • Hidrosefalus dapat terjadi akibat pembengkakan serebelum atau sisa tumor otak.
  • Infeksi atau meningitis.
  • Cedera vaskular akibat operasi dapat mengakibatkan pembengkakan atau stroke.
  • Cedera saraf kranial dapat muncul selama pengangkatan tumor. Cedera ini dapat menyebabkan kondisi seperti gangguan pendengaran atau kelumpuhan pita suara.
  • Cedera batang otak dapat menyebabkan kelumpuhan saraf kranial atau hemiparesis.
  • Cedera otak kecil yang menyebabkan ataksia, dismetria, atau nistagmus (gangguan penglihatan).
  • Mual atau muntah refrakter akibat area postrema otak yang mengalami iritasi.

Untuk mengetahui komplikasi atau risiko pascaoperasi tumor otak medulloblastoma, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter.

Apabila ingin tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

AnakOperasi TumorTumor otakTumor

Konsultasi Dokter Terkait