Sukses

Manfaat Laser Fotona untuk Kecantikan Kulit Wajah

Laser fotona dapat digunakan untuk mengurangi kerutan dan bopeng di wajah. Ketahui manfaat laser fotona lainnya untuk kulit di sini.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit sehat dan awet muda, beragam perawatan wajah bisa dilakukan, mulai dari chemical peeling hingga laser. Salah satu perawatan laser yang bisa menjadi pilihan adalah laser fotona. 

Laser fotona atau fotona 4D adalah prosedur perawatan kulit yang memanfaatkan teknologi panjang gelombang (wave length) untuk meremajakan kulit. 

Bila sedang mencari cara mengatasi penuaan pada wajah, laser fotona bisa menjadi pilihan. 

Dokter Muhammad Iqbal Ramadhan menjelaskan, “Laser fotona biasanya digunakan pada permukaan kulit. Laser fotona akan merangsang kolagen pada lapisan kulit.”

Artikel Lainnya: Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat beserta Solusinya

Apa saja manfaat laser fotona untuk kulit wajah cantik dan mulus? Simak di bawah ini:

1 dari 3 halaman

1. Mengurangi Keriput di Wajah

Fungsi laser fotona untuk kecantikan kulit yang pertama adalah mengurangi kerutan di wajah. 

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan semakin menurun. Kolagen merupakan jenis protein yang ada di dalam tubuh. 

Melansir Medical News Today, kolagen berperan sebagai struktur pendukung dan sel pada kulit untuk memberikan kekuatan dan elastisitas. 

Untuk membuat kulit tetap kencang dan kenyal, kolagen sangat diperlukan. Jika kulit kekurangan kolagen, akan muncul beberapa tanda penuaan di wajah seperti keriput di daerah mata, bibir, dan dahi. 

Dokter Iqbal mengatakan, “Laser fotona dapat memancing kolagen atau proses kolagenisasi, sehingga bisa dijadikan pilihan treatment untuk anti-aging.”

2. Mengatasi Bopeng di Wajah

Bopeng merupakan bekas luka pada kulit yang biasanya tidak bisa hilang dengan sendirinya. Penyebab bopeng bisa karena jerawat, infeksi kulit, atau cacar air

Bopeng atau jaringan parut termasuk masalah kulit yang banyak dialami baik wanita maupun pria. 

Untuk mengembalikan kondisi dan tekstur kulit menjadi mulus, dapat dilakukan laser pada wajah. 

“Karena laser fotona memperbaiki tekstur kulit, jadi dapat memperbaiki bopeng ataupun bekas jerawat,” jelas dr. Iqbal.

Artikel Lainnya: Benarkah Terapi Urine Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah?

2 dari 3 halaman

3. Membuat Kulit Lembap

Kolagen adalah protein yang mengandung asam amino glisin, prolin, hidroksiprolin, dan arginin. Kandungan ini dapat membantu jaringan ikat, kulit, rambut, dan kuku tetap sehat.

Asam amino berperan penting untuk menjaga lapisan kulit tetap sehat dan halus. Jika kadar kolagen di dalam tubuh cukup, kulit akan tetap lembap. 

Laser fotona pun berfungsi pada proses kolagenisasi untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Dengan treatment kecantikan ini, kulit wajah bisa tampak segar, sehat, dan awet muda. 

4. Mengecilkan Pori-Pori

Selain mengatasi kerutan di wajah, laser fotona juga dapat mengecilkan pori-pori. Dokter kulit di Schweiger Dermatology, New York, Rachel Nazarian, MD, mengatakan, “Terapi laser bisa menjadi solusi terbaik untuk atasi masalah pori-pori besar.”

Proses laser fotona dapat merangsang munculnya kolagen di kulit. “Laser fotona bisa untuk mencerahkan wajah dan mengecilkan pori-pori,” ujar dr. Iqbal. 

Dokter Iqbal mengingatkan, “Semua terapi laser memiliki efek samping. Namun, yang paling sering terjadi adalah muncul peradangan baru karena pasien kurang baik dalam merawat luka saat proses penyembuhan.”

Itulah kegunaan laser fotona untuk kulit wajah yang mungkin bisa Anda coba. Sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit sebelum melakukan terapi ini. 

Gunakan LiveChat dokter kulit untuk konsultasi lebih mudah. Dapatkan tips kecantikan lainnya di aplikasi Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar