Sukses

Mengenal Perbedaan Primer dan Pelembap Kulit

Untuk memiliki kulit yang sehat, penggunaan primer dan pelembap adalah hal yang tak boleh dilewatkan. Namun, tahukah Anda perbedaan primer dan pelembap? Cek di sini.

Anda yang rutin menggunakan skincare pasti sudah tidak asing dengan primer dan pelembap. Keduanya dianggap tak bisa dilepaskan dari rutinitas makeup sehari-hari untuk memiliki kulit yang sehat dan terawat.

Lantas, jika ditanya fungsi primer dan pelembap, tahukah Anda apa saja perbedaannya? Agar tidak salah kaprah, simak penjelasan dokter mengenai perbedaan primer dan pelembap berikut ini.

Artikel Lainnya: Jangan Salah Pilih Produk, Kenali Jenis Kulit Anda

1 dari 3 halaman

Mengenal Perbedaan Primer dan Pelembap

Peredaan primer dan pelembap kulit dapat dilihat dari beberapa kriteria ini:

  1. Jenis Produk

Menurut dr. Devia Irine Putri, primer dan pelembap adalah jenis produk yang berbeda.

Primer merupakan produk kecantikan dengan fungsi utama memberikan tampilan makeup yang lebih halus, flawless, dan tahan lama. 

Sementara itu, pelembap atau moisturizer adalah produk perawatan kulit yang biasanya tersedia dalam bentuk gel, krim, atau losion. Jenis skincare ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan memberikan hidrasi yang baik bagi kulit. 

  1. Kandungan

Perbedaan primer dan pelembap juga bisa dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya. 

Sebagian besar produk skincare primer memiliki kandungan hyaluronic acid, yang baik untuk menjaga kelembapan kulit. Selain itu, primer juga umumnya mengandung dimethicone untuk memberikan efek kulit halus di wajah. 

Bagaimana dengan pelembap? Jenis skincare ini mengandung emolien, humektan, oklusif, dan bahan-bahan aktif lain, yang baik untuk mengatasi masalah kulit tertentu. 

  1. Fungsi

Primer dan pelembap jelas memiliki fungsi yang berbeda. Berdasarkan dr. Devia, primer adalah jenis skincare yang membantu mempersiapkan kulit agar bisa menerima makeup.

Di samping itu, primer juga dapat berfungsi untuk mengatur riasan wajah agar tahan lama. Jenis skincare yang satu ini bisa menyamarkan noda bekas jerawat, kerutan, serta garis-garis halus di wajah.  

“Sementara itu, pelembap atau moisturizer berfungsi untuk menjaga hidrasi kulit agar tidak kering,” jelas dr. Devia.

Pelembap juga dapat membantu mencegah kekusaman kulit berkat kandungan yang ada di dalamnya. 

Artikel Lainnya: Penyebab Kulit Menjadi Sangat Elastis atau Hiperelastis

2 dari 3 halaman

Mana Lebih Baik, Primer atau Pelembap?

“Tidak ada yang lebih baik, karena primer dan pelembap memiliki fungsi yang berbeda. Keduanya pun sebenarnya saling melengkapi,” tegas dr. Devia.

Faktanya, pelembap atau moisturizer dapat digunakan terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan primer. Hal ini bertujuan untuk membuat lapisan pelindung kulit, agar kelembapannya tetap terjaga. 

“Setelah moisturizer, barulah menggunakan primer. Jadi, primer sebaiknya baru digunakan saat Anda hendak mengaplikasikan makeup,” tutur dr. Devia.

Jika terbalik, primer digunakan sebelum pelembap, hal tersebut malah dapat menimbulkan sensasi kering dan kusam pada kulit. Alhasil, riasan wajah Anda pun tidak akan tampak maksimal.

Kini Anda sudah tahu apa saja perbedaan perbedaan primer dan moisturizer alias pelembap, bukan? Keduanya dapat saling melengkapi, untuk menciptakan hasil makeup yang sesuai dengan harapan.

Masih penasaran dengan penggunaan primer dan pelembap? Ingin tahu lebih lanjut fakta tentang kulit? Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar