Sukses

Tips Memilih Ukuran Sepeda yang Pas Buat si Kecil

Mau membelikan sepeda untuk si kecil tapi ragu dengan ukuran yang tepat? Yuk, kita cari tahu cara mengetahui ukuran sepeda anak di sini.

Bersepeda punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain membuat anak untuk aktif bergerak, bersepeda juga baik untuk melatih motoriknya. Tak heran, banyak orangtua sudah memperkenalkan olahraga sepeda sejak dini kepada anak.

Dijelaskan dr. Reza Fahlevi, Sp.A. olahraga sepeda memiliki banyak manfaat untuk anak. Sangat baik bila orangtua sudah mulai memperkenalkan olahraga tersebut sejak anak kecil. 

“Pada dasarnya sepeda aman setelah anak sudah bisa berjalan seimbang. Jadi kurang lebih di atas usia anak 2 tahun sudah boleh mengayuh sepeda. Namun, (diperkenalkan secara) bertahap dari roda 3 menjadi roda 2,” ucap dr. Reza. 

Mengayuh sepeda roda 2 dapat membuat anak melatih konsentrasi dan belajar membangun refleks yang baik. 

Si kecil juga dapat membangun karakter mau belajar dari kegagalan. Sebab, saat terjatuh dari sepeda, mereka harus mau bangun dan mencoba kembali. 

Namun, orangtua perlu memilihkan ukuran sepeda anak yang tepat. Pasalnya, ukuran yang tidak sesuai dapat membuat anak tidak nyaman, sekaligus membuatnya enggan untuk bermain sepeda lagi. Nah, bagaimana cara mengetahui ukuran sepeda anak? 

Artikel Lainnya: Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh Sebelum Bersepeda Jarak Jauh

1 dari 3 halaman

Cara Memilih Sepeda Anak Seusia Ukuran

Sebelum membeli sepeda untuk si kecil, sebaiknya perhatikan bagan yang tertera pada label. Rata-rata setiap sepeda memiliki bagan ukuran masing-masing. Biasanya ada empat kategori utama, yaitu:

  1. Usia Anak

Anda mungkin berpikir bahwa usia 2-4 tahun terlalu kecil untuk anak mulai bersepeda roda 2. Tidak apa-apa, kebanyakan anak akan mulai mengendarai sepeda pada usia 4-6 tahun. 

Bagan ukuran sepeda anak-anak biasanya dimulai pada usia 2-4 tahun. Namun pada usia tersebut anak dianggap belum dapat mengembangkan keterampilan koordinasi tangan dan mata yang baik. 

Biasanya pada umur tersebut bagan ukuran merekomendasikan sepeda balita atau sepeda keseimbangan. Sepeda keseimbangan memungkinkan anak-anak untuk berlatih sepeda menggunakan pedal.

  1. Tinggi Anak

Ketinggian adalah komponen penting dalam memilih ukuran sepeda anak. Misalnya, tidak semua anak pada usia 3-4 tahun memiliki tinggi 90-100 cm. 

Beberapa akan lebih tinggi dari ini, sementara yang lain mungkin saja lebih pendek. Oleh karena itu, cara terbaik untuk memilih ukuran sepeda yang tepat untuk anak adalah dengan mempertimbangkan tinggi badan masing-masing.

  1. Inseam Anak (Tinggi Kaki)

Mirip dengan tinggi badan, Anda harus mempertimbangkan tinggi inseam si kecil. Inseam merupakan ukuran pangkal paha hingga ke pergelangan kaki. 

Rata-rata anak usia 3 dan 4 tahun akan memiliki inseam antara 35 - 42 cm, tapi tidak semua sama. 

Jadi sebaiknya ukur tinggi inseam anak dan ambil ukuran tinggi sepeda yang sesuai. Atau pilihlah sepeda yang memiliki ukuran tinggi yang dapat diatur sendiri. Hal ini dapat memudahkan dan juga dapat disesuaikan dengan tinggi anak saat tumbuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Olahraga Sepeda Statis bagi Kesehatan

  1. Ukuran Roda

Diameter roda memengaruhi banyak komponen lain di sepeda. Ukuran ban sepeda anak antara lain 12", 14", 16", 20", atau 24".

Secara umum, anak-anak yang baru mulai mengendarai sepeda disarankan menggunakan ukuran roda 10” atau 12”. Anak-anak ini biasanya berusia antara 3-5 tahun. 

Di sisi lain, anak yang lebih tua hingga remaja atau sekitar 14 tahun, dapat mengendarai sepeda ukuran 24.

2 dari 3 halaman

Panduan Keselamatan Bersepeda untuk Anak

Meski bersepeda punya beragam manfaat bagi kesehatan anak, orangtua wajib melakukan panduan keselamatan. 

Selain memberikan ukuran yang sesuai, berikut panduan keselamatan bagi anak yang mulai main sepeda:

  • Bila anak adalah pemula, disarankan untuk menggunakan sepeda dengan roda penstabil sebagai pengaman.
  • Pastikan si kecil menggunakan helm serta pelindung tangan dan kaki saat bersepeda.
  • Lakukan servis sepeda secara berkala untuk memastikan semua bagiannya berfungsi optimal.
  • Pastikan anak bersepeda di tempat yang aman dan jauh dari jalan raya atau area yang ramai dilewati kendaraan bermotor.
  • Pastikan orangtua selalu mengawasi anak saat bersepeda.

Bersepeda adalah aktivitas olahraga yang seru dan menyenangkan bagi anak. Anda bisa memulainya dengan memberikan ukuran sepeda anak yang pas dan sesuai. Hal tersebut meningkatkan kenyamanan, kepercayaan diri, serta keselamatan anak.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang standar sepeda anak yang direkomendasikan, konsultasikan dengan dokter melalui layanan LiveChat.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar