Sukses

Menyingkap Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit

Daun sirih konon punya kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Lantas, apa saja manfaat daun sirih untuk kulit? Cek di sini selengkapnya.

Daun sirih dikenal sebagai herbal yang memiliki ragam manfaat kesehatan. Tidak heran, jenis herbal ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Di samping itu, daun sirih juga disinyalir memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Hal tersebut diduga berkat kandungan vitamin C, beta-karoten, tiamin, niasin, riboflavin, dan kalsium yang ada di dalamnya.

Lantas, apa saja manfaat daun sirih untuk kecantikan kulit? Berikut ini beberapa di antaranya:

1 dari 3 halaman

1. Mengobati Jerawat

Daun sirih dituding dapat secara efektif mengatasi jerawat. Hal ini diduga berhubungan dengan sifat antibakteri daun sirih yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes

Artikel Lainnya: Efek Samping Air Daun Sirih untuk Area Kewanitaan

Dalam keadaan normal, bakteri tersebut sebenarnya tidak merugikan kulit. Namun, saat kelenjar keringat dan sebasea mulai mengeluarkan asam amino, urea, garam, air dan asam lemak, bakteri Propionibacterium acnes seakan memiliki kekuatan untuk merusak kulit dan memicu munculnya jerawat meradang. 

Tertarik dengan manfaat daun sirih untuk kulit yang satu ini? Anda bisa merebusnya terlebih dahulu untuk mendapatkan ekstrak fenol di dalamnya. 

Setelah masak, celupkan handuk bersih ke dalam air daun sirih. Gunakan handuk tersebut untuk menyeka wajah. 

2. Menyembuhkan Luka

“Beberapa studi menunjukkan adanya potensi daun sirih untuk mendukung proses penyembuhan luka dengan menekan stres oksidatif akibat radikal bebas,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Senada dengan itu, mengutip laman resmi Universitas Airlangga, daun sirih disebut dapat menyembuhkan luka ringan, luka gores, atau luka yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus

Guna mendapatkan manfaat tersebut, yang digunakan adalah daun sirih berwarna merah. 

Pasalnya, daun sirih jenis ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, polifenol, saponin, dan minyak atsiri. Semua senyawa tersebut diduga dapat menjadi agen antibakteri. 

Artikel Lainnya: Tak Disangka, Ini Manfaat Sirih untuk Gigi Anda

2 dari 3 halaman

3. Mengatasi Alergi atau Gatal-Gatal

Daun sirih juga disinyalir bisa mengatasi gejala alergi dan gatal di kulit. Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu menghancurkan beberapa lembar daun sirih guna mengambil ekstraknya. 

Setelah itu, campurkan ekstrak tersebut dengan sedikit bubuk atau parutan kunyit. Racikan ini bisa diaplikasikan langsung ke kulit sebagai masker, khususnya di area yang terasa gatal atau mengalami gejala alergi.

Itu dia beberapa manfaat daun sirih untuk kulit. Satu hal yang perlu digarisbawahi, manfaat tersebut mungkin akan dirasakan secara berbeda pada setiap orang. 

Pasalnya, hingga saat ini belum ada studi yang dapat memastikan dosis daun sirih untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut.

“Belum banyak studi yang meneliti efek daun sirih atau betel leaf untuk kulit,” tegas dr. Astrid.

Jika memang Anda tertarik ingin meracik guna meraih manfaat daun sirih untuk kecantikan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar