Sukses

Benarkah Minum Teh Hijau Bikin Haid Datang Lebih Cepat?

Ada anggapan konsumsi teh hijau bisa mempercepat haid. Apakah benar demikian? Simak kata dokter soal teh hijau mempercepat haid lewat ulasan berikut!

Teh hijau merupakan jenis minuman herbal yang telah digunakan sejak lama sebagai pengobatan alami di Jepang dan Cina. Jenis minuman ini mengandung senyawa antioksidan dan antiradang sehingga diduga dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Di balik manfaatnya tersebut, ada anggapan bahwa mengonsumsi teh hijau terlalu sering dapat memicu haid datang lebih cepat.

Benarkah minum teh hijau bisa mempercepat haid? Yuk, cari tahu fakta selengkapnya agar Anda tidak salah kaprah.

Artikel Lainnya: Pria Perlu Paham Siklus Haid Pasangan, Ini Alasannya

 

1 dari 3 halaman

Benarkah Teh Hijau Mempercepat Haid?

Melansir Livestrong, teh hijau terbukti dapat mempengaruhi kadar hormon wanita. Penelitian pun telah mengaitkan jenis teh tersebut dengan kondisi yang terjadi saat haid.

Studi oleh British Journal of Nutrition pada tahun 2016 menemukan, wanita yang mengonsumsi teh hijau dalam jumlah tinggi memiliki kadar hormon spesifik 17 beta-estradiol lebih rendah.

Studi lain yang terbit dalam Food and Chemical Toxicology juga menyatakan, ekstrak teh hijau bernama katekin dapat menghambat aromatase, enzim yang berperan dalam produksi estrogen.

Kedua studi tersebut berhipotesis, teh hijau dapat mempercepat permulaan haid. Namun, hingga saat ini para peneliti masih belum yakin bagaimana mekanismenya. 

Menurut dr Muhammad Iqbal Ramadhan, konsumsi teh hijau tidak bisa mempercepat siklus haid. Teh hijau hanya sebatas berkhasiat melancarkan siklus haid yang terhambat.

“Siklus haid atau menstruasi yang terganggu biasanya terjadi akibat peningkatan hormon stres. Nah, teh hijau ini mengandung senyawa antioksidan polifenol yang dapat menurunkan hormon stres sehingga melancarkan siklus haid yang terhambat,” jelas dr. Iqbal.

Kesimpulannya, anggapan bahwa teh hijau bisa mempercepat datangnya haid tidak tepat. Konsumsi jenis herbal tersebut, secara rutin dan dalam jumlah yang tepat, hanya sebatas dapat melancarkan haid yang terhambat akibat tingginya hormon stres.

Di samping itu, kata dr. Iqbal, konsumsi teh hijau alias green tea juga dapat meringankan keluhan kram saat haid. Hal ini berkat kandungan zat antiradang yang ada di dalam herbal tersebut.

Artikel Lainnya: Ngidam Makanan Manis saat Haid, Apa Penyebabnya?

2 dari 3 halaman

Hal Lain yang Perlu Dilakukan untuk Memperlancar Haid

Selain mengonsumsi teh hijau, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi terlambat datang bulan akibat gangguan hormon.

Anda perlu beristirahat cukup sekitar 6–8 jam setiap harinya. Kemudian, Anda juga mesti menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang.

“Pada dasarnya, haid dipengaruhi oleh kestabilan hormonal. Jadi, jika asupan gizi terus terjaga dan terpenuhi, kadar hormon juga akan tetap stabil,” tutur dr. Iqbal

Beberapa cara alami lain juga dapat membantu menjaga siklus haid tetap teratur. Cari tahu selengkapnya lewat artikel berikut ini (Siklus Haid Tidak Teratur, Ini Cara Alami untuk Mengatasinya).

Punya pertanyaan tentang kondisi kesehatan? Ingin tahu fakta medis lain seputar haid? Konsultasikan secara langsung kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar