Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Efek Samping Terlalu Banyak Makan Bawang Putih Saat Hamil

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Bawang Putih Saat Hamil

Ibu hamil boleh mengonsumsi bawang putih dalam jumlah cukup. Bila berlebihan konsumsi bawang putih, ibu hamil bisa mengalami efek samping ini.

Mengonsumsi bawang putih saat hamil dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh, mengurangi risiko infeksi, dan mencegah kerontokan rambut.

Meski bermanfaat, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi bawang putih terlalu banyak. Mengonsumsi terlalu banyak bawang putih saat hamil dapat menyebabkan beberapa efek samping serius.

1 dari 2 halaman

Efek Samping Konsumsi Bawang Putih Terlalu Banyak bagi Ibu Hamil

Menurut dr. Devia Irine Putri, ada efek samping dapat yang muncul ketika ibu hamil  mengonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak.

“Terlalu banyak mengonsumsi bawang putih saat hamil dapat menyebabkan heartburn atau keluhan asam lambung, napas bau, diare, dan meningkatkan perdarahan,” ujar dr. Devia Irine.

Artikel Lainnya: Manfaat Memakan Bawang Merah saat Hamil

Dilansir dari Parenting First Cry, berikut beberapa efek samping yang dapat terjadi bila ibu hamil mengonsumsi bawang putih dalam jumlah berlebihan:

  • Bawang putih merupakan bahan alami yang memiliki efek mengencerkan darah. Jika mengonsumsi bawang putih dalam jumlah berlebihan, ibu hamil dapat mengalami perdarahan. Perdarahan dapat terjadi selama persalinan, baik secara operasi caesar maupun normal.
  • Makan bawang putih dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Ketika tekanan darah turun ke tingkat yang berbahaya, hal itu dapat menyebabkan ibu hamil syok dan mungkin pingsan.
  • Bawang putih dapat bereaksi negatif dengan obat antikoagulan tertentu, seperti insulin, siklosporin, coumadin, dan saquinavir.
  • Mengonsusi bawang putih berlebihan dapat meningkatkan pelepasan insulin dan menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Bawang putih dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap yodium dan menyebabkan hipotiroidisme.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Ibu hamil bisa mengonsumsi bawang putih sebanyak 2-4 butir bawang putih, 600-1.200 mg garlic extract, atau 0,03-0,12 ml garlic esential oil.”

Namun, dr. Devia menyarankan ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter jika    memang mau konsumsi bawang putih tersendiri (di luar bahan makanan).

Artikel Lainnya: Manfaat Bawang Bombay untuk Ibu Hamil

Tidak disarankan untuk mengonsumsi bawang putih mentah. Sebab rasa dan bau bawang putih mentah cukup menyengat. Hal itu dapat membuat beberapa wanita hamil merasa mual dan berakhir muntah.

Ibu bisa mendapatkan manfaat bawang putih dengan memasaknya terlebih dahulu. Tak hanya itu, jika rasa bawang putih di makanan terlalu kuat, ibu bisa menggunakan ekstrak bawang putih atau mengonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih.

Itu dia beberapa efek samping bawang putih untuk ibu hamil yang perlu diketahui.

Cari tahu manfaat rempah-rempah lainnya yang baik untuk ibu hamil, hanya dengan akses di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar