Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit
Diet dan Nutrisi

Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit

Zahra Aminati, 30 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hibiscus merupakan bunga dengan berbagai jenis yang baik untuk kulit. Apa saja manfaat bunga hibiscus untuk kecantikan kulit? Ketahui di sini.

Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit

Ketika mendengar bunga hibiscus, banyak orang yang hanya mengacu pada kembang sepatu. Padahal, hibiscus memiliki berbagai jenis dengan ragam keunggulan yang berbeda pula.

Beberapa jenis bunga hibiscus memiliki ragam khasiat untuk kecantikan kulit. Apa saja manfaat hibiscus untuk kulit? Simak di bawah ini:

1. Bantu Pembentukan Kolagen Alami di Dalam Tubuh

Menurut penelitian yang dipublikasikan National Center for Biotechnology Information, AS, kandungan vitamin C di dalam Hibiscus sabdariffa (rosela) membantu tubuh membuat kolagen secara alami.

Vitamin C (dikenal sebagai asam askorbat) di dalam Hibiscus sabdariffa diperlukan untuk sintesis kolagen.

Beberapa enzim tertentu bergantung pada vitamin C untuk menghubungkan molekul kolagen. Nutrisi ini juga dapat mendukung gen kolagen.

Vitamin C bermanfaat untuk produksi kolagen, baik dikonsumsi langsung maupun topikal (oles).

Anda bisa mendapatkan vitamin C dari Hibiscus sabdariffa dengan cara meminum tehnya atau mengoleskan produk dengan ekstraknya.

2. Memperlambat Kerusakan Kolagen

Hibiscus sabdariffa dapat membantu mengurangi kerusakan kolagen. Rosela kaya akan antioksidan yang disebut myricetin. Senyawa ini menekan kolagenase, atau enzim yang dapat mengurangi penurunan kolagen.

Kolagenase akan meningkat secara alami seiring bertambahnya usia. Akibatnya kulit kehilangan kekencangan dan strukturnya.

Myricetin di dalam Hibiscus sabdariffa berpotensi menghambat pengurangan kolagen dan menjaga kulit tetap kencang.

3. Meredakan Peradangan

Hibiscus merah dikenal dengan kadar antioksidannya yang kaya, termasuk vitamin C, antosianin, dan beta-karoten.

Dengan antioksidan dan sifat antiinflamasi, bunga hibiscus merah dapat mengurangi stres oksidatif yang berkontribusi pada penuaan kulit. Selain itu, peradangan kulit juga bisa mereda.

Dokter Arina Heidyana menjelaskan, “Hibiscus secara umum itu memang dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tinggi ini yang bisa berperan sebagai antiinflamasi dalam tubuh. Kandungan polifenol di dalamnya juga dapat meredakan peradangan.”

Peradangan merupakan salah satu respons tubuh terhadap kerusakan pada kulit akibat radikal bebas. Antioksidan bekerja untuk menetralkan radikal bebas serta melindungi sel dan jaringan kulit.

Minum teh hibiscus merah yang kaya antioksidan dapat menjadi tameng untuk melawan radikal bebas dan peradangan.

4. Mengeksfoliasi Kulit

Jenis Hibiscus syriacus juga bermanfaat untuk kulit. Bunga ini dikenal pula dengan nama bunga sharon dan mugunghwa.

Hibiscus syriacus merupakan sumber alami AHA (alpha hydroxy acid). Kandungan ini terkenal manfaatnya untuk eksfoliasi kulit.

Bunga mugunghwa juga mengandung asam malat dan asam sitrat. Keduanya membantu dalam proses eksfoliasi lembut dan mencerahkan kulit.

Saat dioleskan, AHA akan mengelupas sel-sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel kulit baru.

Dengan metode eksfoliasi kulit yang lembut, AHA akan mengurangi hiperpigmentasi, meningkatkan kecerahan kulit, dan membuat kulit tampak lebih halus.

Artikel Lainnya: Manfaat Calendula untuk kesehatan kulit Anda

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Cara penyembuhan luka yang tepat merupakan komponen penting untuk kulit yang sehat. Hal ini akan mencegah infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan jaringan parut.

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan, Hibiscus syriacus dapat mendukung penyembuhan luka. Pada studi laboratorium, para peneliti menemukan ada efek topikal dari Hibiscus syriacus untuk luka.

Ekstrak bunga sharon meningkatkan produksi fibronektin, yaitu protein yang dapat membantu menutup tepi kulit. Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Di dalam tanaman hibiscus ada kandungan tanin yang bantu proses penyembuhan luka.”

Kandungan-kandungan di atas dapat membantu proses penyembuhan luka, termasuk hidrasi dan regenerasi kulit.

6. Melembapkan Kulit

Semakin rutin Anda meminum teh Hibiscus sabdariffa, kulit akan semakin lembap dan terhidrasi.

Kelembapan merupakan salah satu kunci dalam mempertahankan elastisitas kulit. Kulit yang kurang hidrasi akan cenderung kering dan kendur.

Itulah manfaat hibiscus untuk kecantikan kulit. Bunga ini bisa menjadi tambahan dalam perawatan kulit harian. Konsultasi ke dokter untuk konsumsi teh hibiscus ataupun pemakaian skincare hibiscus.

Gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi lebih mudah.

(FR/AYU)

Teh HerbalKecantikan KulitSkincare

Konsultasi Dokter Terkait