Sukses

Cara Mengatasi Sakit Gigi dengan Minyak Lavender

Minyak lavender memiliki manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya untuk mengurangi sakit gigi.

Minyak lavender merupakan minyak esensial yang berasal dari tanaman lavender. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa manfaat minyak lavender bagi tubuh sangat beragam.

Minyak esensial terkenal dengan aromanya yang bisa membuat tubuh seseorang menjadi lebih rileks. Selain itu, jika dilakukan dengan prosedur yang benar, minyak esensial dapat menghilangkan beberapa penyakit dan mencegah kemunculannya.

Nah, minyak lavender merupakan salah satu dari sekian banyak minyak esensial yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan, khususnya kesehatan gigi dan mulut. Bahkan dikatakan bahwa lavender berguna untuk mengatasi sakit gigi.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat Lavender untuk Gigi

Minyak lavender—seperti sebagian besar minyak esensial lainnya—memiliki kandungan antibakteri. Antibakteri yang dimiliki minyak lavender ini dapat mencegah adanya infeksi bakteri pada rongga mulut. Karena itu, minyak esensial yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi Anda.

Selain itu, minyak lavender dapat membunuh bakteri yang merugikan di dalam mulut. Maka tidak mengherankan jika minyak lavender bisa mengatasi sakit gigi.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Esensial untuk Kesehatan Gigi

Minyak lavender juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Pada luka terbuka, ada beberapa tahap yang terjadi sebelum luka tersebut menutup sempurna. Minyak lavender akan merangsang pada setiap proses tersebut.

Tidak hanya itu, aroma minyak lavender juga bermanfaat untuk meredakan sakit gigi. Berdasarkan penelitian yang termuat dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, menghirup aroma minyak lavender dapat membantu mengurangi rasa sakit sekaligus stres. Penelitian yang dilakukan tersebut melibatkan sebanyak 30 peserta.

Aroma dari lavender memang sudah tidak perlu diragukan lagi, sampai-sampai banyak digunakan pada beberapa produk. Ada berbagai produk yang memilih salah satu varian wewangiannya aroma lavender. Hal tersebut karena aroma lavender mampu membuat tenang bagi yang menghirupnya.

Minyak lavender tidak hanya baik untuk sakit gigi Anda. Menurut penelitian, minyak lavender juga bisa membantu merangsang pertumbuhan gigi.

Artikel Lainnya: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Berkumur Minyak Kelapa

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Minyak Lavender untuk Gigi

Manfaat lavender untuk kesehatan gigi ternyata sudah tidak diragukan lagi. Salah satu yang tidak bisa dilewatkan adalah khasiatnya pada pertumbuhan gigi anak.

Cara penggunaan minyak lavender pada rongga mulut tidak jauh berbeda dari beberapa minyak esensial lainnya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan minyak lavender untuk merangsang pertumbuhan gigi si Kecil:

  • Siapkan minyak lavender dan minyak virgin coconut oil.
  • Campurkan 1 tetes lavender oil dengan 1 sendok makan virgin coconut oil.l
  • Oleskan pada gusi anak yang akan tumbuh.

Sebenarnya, cara menggunakan minyak lavender untuk mengatasi sakit gigi cukup beragam. Ada yang dengan cara diekstrak, diolah secara manual, dan juga dalam bentuk sediaan atau campuran suatu produk.

Saat ini, sudah banyak juga produk yang menjadikan ekstrak lavender sebagai salah satu varian aromanya. Anda bisa menggunakan produk dengan ekstrak lavender untuk penggunaan yang lebih mudah.

Kini, Anda sudah tahu bahwa minyak lavender bisa menjadi alternatif pilihan untuk mengatasi sakit gigi. Selain itu, minyak lavender juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi anak.

Jika Anda masih ragu mengenai penggunaan minyak lavender untuk sakit gigi, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi. Gunakan fitur Live Chat di KlikDokter untuk berdiskusi langsung dengan dokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar