Kulit

Kesalahan Memakai Hijab yang Jadi Penyebab Jerawat

Zahra Aminati, 29 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Contoh masalah kulit wanita berhijab adalah jerawat, serta produksi minyak dan keringat berlebih. Ketahui penyebab jerawat pada pemakai hijab di sini.

Kesalahan Memakai Hijab yang Jadi Penyebab Jerawat

Tak hanya memberikan tampilan stylish dan unik, hijab dapat melindungi rambut dan kulit kepala dari radikal bebas dan sinar matahari langsung.

Namun, sayangnya banyak wanita kurang menjaga kebersihan wajah dan hijab yang dikenakan. Akibatnya jerawat di wajah muncul.

Dokter Arina Heidyana mengatakan, “Penggunaan hijab yang tidak benar bisa saja menjadi penyebab jerawat.  Misalnya, hijab atau dalaman hijab yang kotor karena jarang dicuci, kain hijab atau dalamannya yang tidak bagus [bahannya], dan lain-lain.”

Berikut ini beberapa kesalahan memakai hijab yang bisa menjadi penyebab jerawat, beserta cara mencegahnya:

Penyebab 1: Inner (Ciput) Hijab Jarang Diganti

Banyak wanita yang menggunakan inner atau dalaman hijab agar hijab yang digunakan lebih presisi (tidak melenceng) dan nyaman.

Penggunaan inner hijab dapat menutupi bagian dahi. Area yang tertutupi tersebut bisa ditimbuli jerawat.

Ini karena dahi biasanya penuh keringat atau minyak, serta kosmetik. Terlebih bila inner hijab kotor, jerawat bisa berisiko muncul.

Artikel Lainnya: Penyebab Wajah Kusam dan Berjerawat beserta Solusinya

Jika inner hijab digunakan berulang kali, lembap, dan tidak rutin dicuci, hal ini akan menimbulkan bakteri dan kotoran. Akibatnya terjadi penyumbatan pada kulit bagian dahi.

Inner hijab yang kotor membuat pori-pori tersumbat akibat keringat atau sisa makeup yang menempel, dan akhirnya timbullah jerawat,” jelas dr. Arina.

Pencegahan: Penting untuk selalu mengganti inner hijab. Gunakan inner hijab satu kali dalam sehari dan jangan digunakan berulang.

Bersihkan sisa makeup secara menyeluruh. Pilih juga bahan inner hijab yang adem dan dapat menyerap keringat dengan baik, seperti katun atau kaus.

Penyebab 2: Makeup Terlalu Tebal

Menurut Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), penggunaan makeup yang terlalu tebal pada bagian wajah yang tertutup hijab akan berdampak buruk.

Kulit yang tertutup hijab akan terkena kain hijab dan makeup dalam waktu lama. Inilah yang memicu munculnya jerawat.

- Pencegahan: Gunakan saja makeup yang ringan, apalagi jika banyak terpapar cuaca terik. Pilih juga makeup yang berjenis non-komedogenik.

Yang tak kalah penting, tetap rutin membersihkan wajah agar tidak ada sisa-sisa makeup di bagian kulit yang tertutup hijab.

Artikel Lainnya: Acne Shaming dan Dampaknya pada Kesehatan Mental

Penyebab 3: Minyak pada Rambut

Masalah utama lainnya dari penggunaan hijab adalah rambut berminyak dan lepek. Hal ini karena rambut kesulitan mendapatkan sirkulasi udara, yang akhirnya membuat kulit kepala mudah berkeringat. Kuman dan bakteri pun akan lebih mudah menetap.

Rambut kotor dan berminyak yang mengenai kulit wajah dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

- Pencegahan: Jaga dan rawat rambut agar tetap kering dan bersih. Usahakan untuk keramas secara teratur dan keringkan, terutama sebelum menggunakan hijab. Bila perlu, bawa cadangan hijab atau inner-nya agar bisa berganti kalau sudah berkeringat.

Penyebab 4: Salah Memilih Jenis Kain Hijab

Tidak semua jenis kain cocok dengan kulit Anda. Selain itu, bahan yang kaku atau terlalu tebal akan sangat membuat tidak nyaman saat berkeringat. Bila bahan hijab tidak cocok dengan kondisi kulit, risiko iritasi bisa saja terjadi.

- Pencegahan: Selalu pilih bahan yang nyaman dan lembut di kulit, misalnya katun atau silk. Bahan-bahan ini tidak terlalu tebal dan halus. Kulit yang tertutup hijab akan tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Itulah beberapa penyebab jerawat pada wanita berhijab dan tips mencegahnya. Jangan sampai pemakaian hijab mengganggu kesehatan kulit Anda, ya!

Chat dokter kulit untuk konsultasi lebih mudah seputar jerawat dan cara mengatasinya. Download aplikasi Klikdokter untuk tahu beragam tips kulit dan kecantikan lainnya.

(FR/AYU)

Kecantikan KulitHijabJerawat

Konsultasi Dokter Terkait