Sukses

Manfaat Kaktus untuk Kulit yang Jarang Diketahui

Tahukah Anda, kaktus menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja manfaat kaktus untuk kecantikan? Cari tahu di sini.

Biasanya kaktus hanya dijadikan dekorasi rumah karena bentuknya yang unik dan perawatannya yang cukup mudah. Tapi, tahukah Anda kalau kaktus juga punya manfaat baik untuk kecantikan kulit?

Dokter Atika menjelaskan, “Kandungan utama dari ekstrak kaktus yang sangat baik untuk kesehatan yaitu asam askorbat, vitamin E, karotenoid, glutation (GSH), flavonoid, asam fenolat.”

Simak di bawah ini beragam manfaat kaktus untuk kulit yang mungkin belum Anda tahu: 

1. Melembapkan Kulit

Walaupun tanaman ini kering, nyatanya kaktus memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit. 

Menurut dermatologis berbasis di New York, Amerika Serikat, Adarsh Vijay Mudgil, MD, kaktus kaya akan antioksidan dan vitamin yang bisa larut di dalam lemak, seperti vitamin E. 

Kandungan tersebut bisa melembapkan kulit kering dan mengikat kadar air pada kulit. Vitamin E di dalam kaktus juga baik untuk bantu memberikan nutrisi bagi kulit wajah agar terlihat lebih sehat. 

Artikel Lainnya: Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan Kulit Anda

1 dari 3 halaman

2. Antiinflamas

Peradangan dapat merusak kesehatan kulit wajah. Kondisi ini perlu segera ditangani karena bisa menyebabkan kerusakan berlanjut pada kulit.

Karena kaya antioksidan dan asam lemak, kaktus memiliki efek antiinflamasi dan menenangkan bagi kulit. 

Manfaat kaktus untuk wajah lainnya adalah mengurangi kelebihan minyak di pori-pori. Fungsi ini berasal dari asam linoleat kaktus.

3. Anti-Aging

Kandungan antioksidan kuat yang disebut betalain di dalam kaktus baik untuk melindungi kulit dari radikal bebas. 

Radikal bebas dapat merusak kulit dan menyebabkan keriput. Kandungan betalain juga terdapat di dalam acai, bit, dan goji berry

Selain itu, kandungan flavonoid dan beberapa zat protein di dalam kaktus membantu merangsang pertumbuhan sel baru. Hal ini dapat mendukung penyerapan nutrisi di lapisan epidermis kulit.

4. Mengembalikan Elastisitas Kulit

Khasiat kaktus untuk kecantikan selanjutnya adalah mengembalikan elastisitas kulit. 

Kandungan asam lemak, asam linoleat, dan asam oleat dapat mengisi kembali kandungan lipid yang hilang di dalam kulit. Kulit akan kembali elastis dan lembap.

5. Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Komponen vitamin K di dalam kaktus dapat membantu mencerahkan area hiperpigmentasi (seperti bintik hitam) dan lingkaran hitam di bawah mata.

Penelitian kecil dilakukan pada 11 wanita sehat yang menggunakan eye pad mengandung vitamin K dan kafein dari minyak emu. Hasilnya, lingkaran hitam di bawah mata dan kerutan berkurang. 

Namun, studi tersebut masih harus diteliti lebih jauh, apakah efek positifnya berasal dari vitamin K atau kafein.

Artikel Lainnya: Manfaat Kiwi untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

2 dari 3 halaman

6. Mencegah Perburukan Kanker Kulit

“Salah satu manfaat ekstrak kaktus yang terkonfirmasi jurnal [medis] adalah mencegah perburukan kanker kulit. Namun, untuk manfaat lainnya, sayangnya belum dibuktikan oleh penelitian yang valid,” jelas dr. Atika.

Beberapa manfaat kaktus untuk kulit wajah di atas hanya bisa diperoleh dari ekstrak kaktus. “Sejauh ini, untuk memperoleh ekstrak kaktus hanya lewat pemrosesan di laboratorium mesin sentrifugasi,” terang dr. Atika. 

“Tidak menutup kemungkinan ke depannya akan terungkap lebih banyak manfaat kaktus, mengingat kandungan-kandungan antioksidannya yang sangat kaya,” tambahnya.

Itulah sejumlah manfaat kaktus untuk kecantikan kulit. Hanya saja, khasiat tersebut masih harus diteliti lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. 

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar kulit dan kecantikan, Anda bisa konsultasi lebih mudah lewat LiveChat dokter kulit.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar