Sukses

Apa Penyebab Jerawat Muncul Setelah Berolahraga?

Pernahkah Anda menyadari kemunculan jerawat setelah olahraga? Apa penyebab jerawat muncul setelah berolahraga tersebut? Simak di sini.

Olahraga secara teratur tidak hanya membentuk otot, tapi juga bisa membuat kulit lebih sehat dan cerah.

Hanya saja, pada kasus tertentu, kerap kali ada kemunculan jerawat setelah olahraga. Aktivitas fisik seperti berolahraga memang akan memicu pengeluaran keringat, minyak, dan bakteri dari dalam tubuh. Tanpa sadar, jerawat akan muncul setelah berolahraga.

Jika memang olahraga adalah penyebab jerawat, Anda tidak perlu berhenti melakukan aktivitas menyehatkan tersebut. Lebih baik, kenali penyebabnya supaya bisa menghindari jerawat muncul setelah olahraga. Berikut ulasannya.

 

1 dari 3 halaman

1. Memakai Makeup Saat Berolahraga

Bagi beberapa orang, makeup menjadi “nyawa” saat beraktivitas. Beraktivitas tanpa makeup dirasa seperti ada yang kurang, termasuk saat berolahraga. Padahal, memoles makeup saat olahraga dapat meningkatkan pertumbuhan jerawat, lho!

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, “Salah satu penyebab jerawat itu kan pori-pori yang tersumbat. Menggunakan riasan sebelum olahraga bisa bikin pori-pori tersumbat dan kulit sulit ‘bernapas’. Terlebih, jika setelah olahraga tidak membersihkan wajah dengan saksama.”

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mencegah Diare Setelah Berolahraga

“Penggunaan sunscreen juga bisa menimbulkan jerawat jika tidak dibersihkan dengan baik atau bahannya komedogenik,” ujar dr. Astrid.

Jadi, pastikan Anda membersihkan wajah sebelum berolahraga dengan menggunakan face cleanser. Pakai pelembap setelahnya untuk mencegah kulit kering.

Pilih produk sunscreen berbahan non-komedogenik dengan formula bebas minyak, tahan air, dan memiliki kandungan SPF 30 atau lebih.

2. Handuk dan Pakaian digunakan Berulang

Seperti yang sudah dijelaskan, berolahraga membuat tubuh mengeluarkan keringat, minyak, serta bakteri. Jika setelah banyak berkeringat Anda masih menggunakan pakaian yang sama, jerawat di punggung rentan timbul. 

Selain pakaian, gunakan juga handuk yang bersih atau baru dicuci sebelum berolahraga.

Menggunakan handuk yang kotor atau dipakai berulang kali rentan menumpuk bakteri dan jamur sehingga memicu kemunculan jerawat.

Gunakan handuk dengan cara menepuk-nepuk ke kulit. Jangan digosok ke kulit karena dapat mengiritasi kulit. Pilih juga handuk berbahan lembut dan menyerap air. 

Kenakan pakaian olahraga yang menyerap keringat. Saat mencuci, bilas dengan baik pakaian olahraga dan tunggu hingga kering sempurna.

2 dari 3 halaman

3. Tidak Menjaga Kebersihan Peralatan Olahraga

Peralatan olahraga yang kotor menjadi sarang bagi bakteri dan penyakit. “Kalau peralatan olahraga kotor lalu dipegang, lalu tangan menyentuh wajah, bisa bikin jerawat setelah olahraga,” ujar dr. Astrid.

Makanya, sangat penting untuk menjaga kebersihan peralatan olahraga Anda. Sebelum dan sesudah berolahraga, pastikan untuk mengelap dan membersihkan alat-alat olahraga.

Hal ini penting untuk mencegah bakteri di peralatan olahraga menempel di tubuh.  Saat menggunakan fasilitas olahraga di gym, penting untuk membawa desinfektan. Bersihkan alat sebelum digunakan.

Peralatan yang sering menempel di kulit, seperti pelindung lengan dan helm, juga harus rutin dibersikan. Jangan mau untuk bertukar alat pelindung dengan orang lain. Sebab, dapat meningkatkan penyebaran bakteri ke kulit Anda.

Satu lagi yang tak kalah penting, selalu cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Bila tidak memungkinkan, gunakan hand sanitizer.

Artikel Lainnya: Tips Meredakan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

4. Tidak Langsung Mandi Setelah Berolahraga

Mandi setelah berolahraga itu hukumnya wajib. Sebab, bakteri, minyak, dan keringat yang keluar bisa jadi penyebab jerawat setelah olahraga.

Jika menunda mandi setelah berolahraga, tanpa sadar mungkin tangan atau baju yang kotor menyentuh kulit. Jadi, cara untuk mencegah timbulnya jerawat karena olahraga adalah lekas mandi.

Pastikan tubuh sudah sepenuhnya kering sebelum menggunakan pakaian agar tidak terjadi kelembapan berlebihan di kulit. 

Itulah beberapa penyebab jerawat muncul setelah olahraga yang perlu diketahui. Penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuh sebelum dan setelah berolahraga agar tidak muncul masalah kesehatan yang tidak diinginkan. 

Cari tahu informasi seputar tips kesehatan kulit saat berolahraga lainnya hanya dengan aplikasi Klikdokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar