Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Manfaat Asam Lipoat untuk Menurunkan Gula Darah Diabetes

Manfaat Asam Lipoat untuk Menurunkan Gula Darah Diabetes

Asam lipoat disebut-sebut bermanfaat untuk membantu meringankan kondisi diabetes. Ketahui manfaat asam lipoat untuk diabetes lewat ulasan berikut ini.

Menjalani pola makan sehat merupakan salah satu cara menurunkan gula darah yang paling efektif bagi penderita diabetes. Salah satu asupan yang dianjurkan untuk diabetesi (sebutan bagi penderita diabetes) adalah makanan yang mengandung asam alfa lipoat.

Berdasarkan University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, asam lipoat dapat membantu tubuh mengubah glukosa (gula darah) menjadi energi serta menurunkan kadar gula darah.

Meski begitu, bisakah konsumsi asam lipoat menjadi alternatif pengobatan diabetes? Simak jawabannya lewat ulasan ini.

 

1 dari 3 halaman

Apa itu Asam Lipoat?

Asam alfa lipoat merupakan antioksidan alami yang diproduksi di dalam tubuh manusia. Senyawa ini ditemukan di setiap sel tubuh.

Fungsi asam lipoat dalam tubuh adalah mengubah glukosa menjadi energi. Senyawa yang punya sifat antioksidan kuat ini juga berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Artikel Lainnya: Menelusuri Potensi Manfaat Sambiloto untuk Mengobati Diabetes

Diwartakan dari Mount Sinai, salah satu keunggulan asam lipoat adalah dapat larut di dalam air maupun lemak.

Asam lipoat berbeda dengan antioksidan lain seperti vitamin C yang hanya larut di dalam air ataupun vitamin E yang larut di jaringan lemak.

Selain ditemukan di sel tubuh, asam lipoat juga terkandung di dalam produk makanan hewani seperti daging merah dan jeroan.

Asam alfa lipoat juga terkandung di dalam produk nabati, seperti ragi, bayam, brokoli, tomat, kentang, dan kubis brussel.

2 dari 3 halaman

Manfaat Asam Lipoat untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Karena memiliki kemampuan dalam menurunkan gula darah, para peneliti berusaha mengkaji manfaat asam lipoat untuk penderita diabetes. Berikut temuannya:

1. Menurunkan Gula Darah

Disampaikan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, asam alfa lipoat disinyalir dapat mengurangi resistensi insulin yang dialami oleh penderita diabetes. Resistensi insulin adalah kondisi ketika tubuh tidak mampu memproduksi dan memanfaatkan insulin dengan baik.

Insulin merupakan hormon yang berfungsi membantu sel tubuh mengubah gula darah menjadi energi. Ketika resistensi insulin berkurang, hal ini berdampak pada gula darah penderita diabetes.

“Asam lipoat dapat mengurangi resistensi insulin sehingga gula dalam tubuh bisa dimetabolisme lebih baik,” jelas dr. Astrid.

Mengutip Healthline, sebuah studi yang dilakukan pada orang dewasa pengidap sindrom metabolik mengungkapkan, asam lipoat dapat mengurangi resistensi insulin, menurunkan gula darah puasa serta HbA1c (gula darah rata-rata dalam 2-3 bulan terakhir).

Para peneliti meyakini bahwa fungsi asam lipoat dalam menurunkan gula darah berasal dari kemampuannya dalam melenyapkan penumpukan lemak di sel otot. Penumpukan lemak dapat menyebabkan resistensi insulin.

Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Timun untuk Turunkan Gula Darah Diabetes?

2. Mengurangi Komplikasi Diabetes

Sifat antioksidan kuat asam lipoat juga disebut dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asam alfa lipoat dapat meredakan gejala dan menurunkan risiko retinopati diabetik (kerusakan mata akibat diabetes).

Riset lainnya menemukan antioksidan asam lipoat membantu mengatasi gejala neuropati perifer diabetik.

Gejala neuropati perifer diabetik yang dapat diredakan, seperti nyeri, rasa terbakar, gatal, kesemutan, dan mati rasa di lengan dan kaki yang mengalami kerusakan saraf akibat diabetes.

Kendati asam lipoat terbukti sanggup membantu mengontrol gula darah, senyawa ini belum bisa dijadikan rekomendasi pengobatan lengkap untuk diabetes.

Apabila ingin menggunakan asam lipoat untuk menurunkan gula darah, cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Untuk tahu informasi seputar gula darah dan diabetes, Anda bisa membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui fitur Live Chat.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar