HomeInfo SehatGigi MulutMenyikat Lidah dengan Sikat Gigi, Benarkah Berbahaya?
Gigi Mulut

Menyikat Lidah dengan Sikat Gigi, Benarkah Berbahaya?

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 17 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menjaga kebersihan lidah sama pentingnya dengan kesehatan gigi dan mulut. Namun, membersihkan lidah secara asal-asalan dengan menggunakan sikat gigi ternyata berbahaya, lho.

Menyikat Lidah dengan Sikat Gigi, Benarkah Berbahaya?

Selain gigi dan gusi, kesehatan rongga mulut juga mencakup kebersihan lidah. Lidah yang tidak terjaga kebersihannya dapat menyebabkan masalah, seperti bau mulut.

Lidah merupakan satu-satunya indra pengecap yang dimiliki manusia. Kesehatan lidah yang tidak terpelihara dengan baik dapat mengganggu aktivitas, terutama pada saat makan.

Ada berbagai macam cara untuk menjaga kebersihan lidah, baik dengan bantuan alat maupun tanpa alat.  Salah satu cara yang kerap kali dilakukan adalah menyikat lidah dengan sikat gigi.

Namun ternyata, cara membersihkan lidah yang satu ini dianggap berbahaya, lho. Benarkah demikian? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dampak Membersihkan Lidah dengan Sikat Gigi

Meski dapat menjadi alternatif untuk membersihkan lidah, penggunaan sikat gigi ternyata cukup berbahaya. Beberapa dampak buruk membersihkan lidah menggunakan sikat gigi, di antaranya:

1. Iritasi

Permukaan lidah tidak sama dengan gusi dan bagian jaringan lunak lainnya di rongga mulut. Lidah memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Ini karena fungsi lidah sebagai indera pengecap.

Artikel Lainnya: Lidah Mencerminkan Kondisi Kesehatan Anda

Permukaan lidah juga sangat mudah terluka, terutama terhadap benda-benda di luar rongga mulut. Oleh sebab itu, jangan asal-asalan untuk membersihkannya.

Sikat gigi memiliki jenis bulu sikat yang bermacam-macam. Jadi, ketika Anda menyikat lidah dengan menggunakan sikat gigi, pastikan untuk menggunakan bulu sikat yang halus.

Tekanan yang diberikan juga tidak boleh terlalu keras. Gesekan yang terjadi pada kepala sikat terhadap lidah jika tidak dilakukan secara perlahan dan halus akan meningkatkan risiko terjadinya perlukaan atau iritasi pada lidah.

2. Mual

Seperti yang sudah disampaikan di atas, lidah memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Peletakan kepala sikat yang terlalu ke belakang akan merangsang sensor yang ada pada lidah. Anda pun akan merasa mual.

Jadi, ketika Anda ingin menyikat lidah dengan sikat gigi, kepala sikat tidak perlu diarahkan terlalu belakang. Cukup bulu sikatnya saja yang bergerak ke arah belakang lidah.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Penting untuk Membersihkan Lidah

Cara menyikat lidah dengan sikat gigi juga harus memperhatikan gerakannya. Saat menyikat, pastikan Anda melakukannya secara searah, dari pangkal ke ujung lidah.

Selain itu, ingat pula ketika membersihkan dari pangkal, Anda tidak perlu terlalu menyikat terlalu belakang karena justru akan membuat mual. Perlu Anda letahui rasa mual hingga mau muntah tidak baik untuk kesehatan.

3. Penumpukan Bakteri

Sikat gigi seharusnya diganti setiap tiga bulan sekali. Ini karena sikat bisa menjadi tempat yang strategis bagi bakteri dan kuman lainnya untuk berkembang biak. Sikat gigi yang tidak disimpan dengan benar juga akan meningkatkan risiko tersebut.

Apabila Anda menyikat lidah dengan menggunakan sikat gigi yang sudah lama tidak diganti, maka ini sangat berbahaya. Bakteri ataupun kuman yang melekat pada lidah justru akan menambah koloni bakteri yang ada pada permukaan lidah sehingga bau mulut akan lebih mudah terjadi.

Bukannya mengurangi bakteri di lidah, Anda malah menambah bakteri ke permukaan lidah sehingga dapat meningkatkan risiko kemungkinan adanya komplikasi lain.

Artikel Lainnya: Dear Moms, Ini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Terpaksa Pakai Sikat Gigi, Ini Cara Bersihkan Lidah yang Benar

Cara membersihkan lidah yang baik adalah dengan menggunakan tongue scraper. Alat ini memang didesain untuk membersihkan permukaan lidah.

Sayangnya, tidak semua tempat perbelanjaan yang menjual sikat gigi juga menjual tongue scraper. Jadi, alternatif mudah dalam membersihkan lidah, yaitu dengan sikat gigi yang dimiliki.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika Anda akan menyikat lidah dengan sikat gigi, antara lain:

  • Pastikan usia sikat gigi yang digunakan tidak lebih dari tiga bulan dalam pemakaian.
  • Pilih sikat gigi dengan ujung bulu sikat lembut. Pastikan sikat gigi yang Anda pilih tidak keras.
  • Sikatlah lidah dengan berhati-hati. Cara untuk membersihkannya, yaitu dengan gerakan satu arah dari pangkal ke ujung lidah. Kepala lidah tidak perlu dimasukkan terlalu ke belakang, cukup sebatas daerah yang mampu dijangkau dengan mudah. Berikan tekanan yang halus.
  • Ketika sudah tiga bulan pemakaian, atau sikat gigi atau ujung bulu sikat sudah tidak baik lagi, Anda harus mengganti sikat gigi dengan yang baru.

Demikian beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika Anda sering menyikat lidah menggunakan sikat gigi. Pastikan Anda tidak menganggap sepele kebersihan lidah Anda, ya.

Baca artikel menarik lainnya seputar dunia kesehatan di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui fitur Live Chat 24 jam.

[WA]

Sikat Gigi

Konsultasi Dokter Terkait