Sukses

Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan, Mitos atau Fakta?

Kayu manis konon bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Apakah hal itu fakta, atau hanya mitos? Berikut ini penjelasan dokter tentang kayu manis untuk kesuburan.

Saat pasangan suami istri berencana memiliki momongan, salah satu faktor yang mesti diperhatikan adalah kesuburan. 

Dalam hal ini, tak sedikit pasangan yang mengandalkan cara-cara alami untuk meningkatkan kesuburan, salah satunya dengan memanfaatkan kayu manis.

Menurut kabar yang beredar, kayu manis memiliki serangkaian kandungan nutrisi yang bisa bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan apabila dikonsumsi secara rutin.

Lantas, apa kata medis terkait manfaat kayu manis untuk kesuburan? Apakah hal tersebut fakta, atau mitos semata?

1 dari 3 halaman

Mengungkap Manfaat Kayu Manis untuk Kesuburan

Dilansir dari Parenting Firstcry, kayu manis memiliki kandungan yang dapat meningkatkan aliran darah ke panggul. 

Senyawa dalam herbal tersebut juga disebut mampu meningkatkan jumlah sperma, sehingga turut membantu kesuburan pria.

Artikel Lainnya: Manfaat Stroberi untuk Kesuburan dan Kehamilan

Tak berhenti di situ, kayu manis juga disebut dapat membantu mengatasi siklus haid yang tidak teratur dan PCOS. 

Dengan demikian, kemampuan sel telur wanita untuk menyambut sperma pria agar terjadi pembuahan bisa semakin tinggi.

“Kayu manis mengandung beberapa zat aktif yang bersifat antiradang dan antioksidan. Selain itu, herbal ini juga mengandung komponen lain yang dapat membunuh bakteri maupun jamur,” ucap dr. Reza Fahlevi, Sp.A.

“Karena dapat menyehatkan tubuh, kayu manis bisa dianggap meningkatkan kesuburan meski tak secara langsung,” tegasnya.

Senada dengan itu, sebuah penelitian yang tercatat di WebMD mengatakan bahwa kayu manis dapat membantu mengatasi siklus haid tidak teratur pada wanita yang memiliki gangguan kesuburan secara umum. 

Sebuah studi kecil oleh Columbia University Medical Center, New York City, menemukan bahwa wanita dengan PCOS yang mengonsumsi kayu manis secara rutin setiap hari mengalami hampir 2 kali siklus haid selama periode 6 bulan. 

Sayangnya, peneliti belum mengetahui pasti alasan kayu manis dalam mengatur siklus haid pada wanita dengan PCOS. Para peneliti hanya menemukan, kayu manis mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproses glukosa dan insulin. 

“Manfaat kayu manis untuk kesuburan sebenarnya masih dalam proses penelitian. Jadi, belum bisa dianggap sahih dan dijadikan sebagai acuan,” ucap dr. Reza.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Delima untuk Kesuburan Pria

2 dari 3 halaman

Cara Konsumsi Kayu Manis untuk Kesuburan

Meski manfaat kayu manis untuk kesuburan masih belum dapat dipastikan, tak ada salahnya jika Anda ingin memanfaatkan herbal yang satu ini. Namun, sebelum itu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Jika pada akhirnya dokter menyarankan untuk mengonsumsi kayu manis, Anda dapat menambahkan herbal tersebut dalam sajian sehari-hari. 

Anda pun bisa membuat menu sarapan dengan menaburkan sedikit bubuk kayu manis di atasnya. 

Pastikan untuk memperhatikan porsi dengan saksama agar tidak berlebihan. Pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan, sekalipun itu adalah bahan alami yang menyehatkan.

Punya pertanyaan seputar manfaat kayu manis untuk kesuburan? Ingin tahu mengenai fakta medis tentang kehamilan dan lain sebagainya? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter via LiveChat 24 jam atau aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar