Sukses

Inilah Manfaat Mistletoe untuk Kulit dan Rambut

Mistletoe sering dipakai sebagai dekorasi saat Natal tiba. Tapi, tahukah Anda kalau tanaman ini baik untuk kulit? Apa manfaat mistletoe untuk kulit?

Saat musim Natal tiba, mistletoe berhias kerap ditemukan di depan pintu rumah. Namun, lebih dari sekadar atribut dekorasi, mistletoe telah dikenal sebagai tanaman penyembuh berbagai penyakit selama lebih dari 2.000 tahun. 

Daun, batang, dan buahnya biasanya dipanen untuk dijadikan ekstrak atau teh herbal. Secara umum, mengonsumsi mistletoe dapat meningkatkan kesehatan jantung, meredakan stres dan kecemasan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Utamanya dalam melawan pilek dan berbagai masalah pernapasan.

Lalu, bagaimana manfaatnya untuk kulit? Berikut beberapa ulasannya.

1 dari 3 halaman

1. Sebagai Toner Anti-penuaan

Mistletoe dapat menyembuhkan kulit yang rusak dan meregenerasi sel-sel kulit baru. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, mistletoe memiliki kandungan aktif yang baik untuk tubuh.

Dia menjelaskan, kandungan aktif dari mistletoe di antaranya lectin, viscotoxin, flavonoid, asam fenolat, sterol, lignan, dan terpenoid. 

“Ekstrak mistletoe dan kandungan lectin disinyalir memiliki efek protektif dari stres oksidatif akibat radikal bebas. Nah, radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya tanda penuaan di kulit,” jelas dr. Astrid.

Artikel Lainnya: Mengenal Manfaat Detoks Rambut dan Kulit Kepala

Untuk menggunakan mistletoe sebagai toner, Anda bisa merebus setengah cangkir daun mistletoe kering yang sudah dicuci ke dalam ¼ air. Setelah disaring, Anda bisa menambahkan 1 sdm gel lidah buaya segar.

Toner pun siap digunakan. Anda bisa menggunakannya setelah mencuci wajah. 

2. Sebagai Krim Penyembuh

Selain menjadi sebagai toner, mistletoe dapat menjadi krim penyembuh bagi kulit dengan pori-pori tersumbat. Sifat antiinflamasi dari kandungan antioksidan dalam mistletoe dapat mengatasi peradangan. 

Campurkan 1 ons daun teh mistletoe, 2 ons minyak kelapa, 1 sdt teh beeswax, dan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda. Campurkan bahan-bahan tersebut bersama-sama dan simpan di dalam toples dengan ditutup rapat. 

Campuran krim ini bisa digunakan untuk mengobati kulit yang kering saat liburan mendatang.

2 dari 3 halaman

3. Menambah Kelembutan Kulit

Siapa yang tidak mau kulitnya halus dan lembut? Mistletoe bisa jadi pilihannya! Menurut ahli kimia kosmetik dari Amerika Serikat, Perry Romanowski, Anda bisa menggunakannya untuk membantu meningkatkan kelembutan dan elastisitas kulit Anda.

“Selama itu dalam formula tanpa bilas, seperti krim tubuh, mistletoe dapat meningkatkan kelembutan kulit,” ujar Romanowski.

4. Sebagai Perawatan Rambut

Mistletoe dapat memperkuat folikel rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Hal ini sekaligus akan memberikan kelembapan pada kulit kepala. 

Untuk dapat menggunakan mistletoe sebagai perawatan rambut, Anda bisa membeli ekstrak mistletoe dan tambahkan ke dalam kondisioner. 

Anda dapat membuat teh mistletoe dan air tersebut digunakan sebagai bilasan rambut saat keramas.

Artikel Lainnya: Manfaat Mengagumkan Lada Hitam untuk Kulit dan Rambut

Penggunaan mistletoe untuk kulit tidak perlu dimakan. Jika tertelan, kandungan beracun seperti phoratoxin, lectin, dan tyramine di dalamnya dapat menyebabkan penglihatan kabur, diare, mual, sakit perut, muntah, lemas, dan mengantuk.

Sebaiknya, konsumsi herbal ini saat sudah dijadikan ekstrak teh. Namun ingat juga, konsumsi teh mistletoe tidak dianjurkan lebih dari 10 gr per hari. Bila tidak, risiko kesehatan di atas bisa terjadi.

Itulah manfaat mistletoe untuk kulit yang perlu diketahui. Jika muncul reaksi alergi usai pemakaian, segera hentikan. Konsultasikan kepada dokter untuk mengatasi keluhan alergi yang mengganggu.

Ayo, cari tahu manfaat sehat herbal lainnya dengan membaca artikel melalui aplikasi Klikdokter. Yuk, dicoba!

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar