Kesehatan Umum

Lebih Cepat, Ini Cara Mudah Membersihkan Kloset

KlikDokter, 15 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kloset menjadi tempat yang paling kotor? Ini cara membersihkannya!

Lebih Cepat, Ini Cara Mudah Membersihkan Kloset

Kamar mandi dan kloset adalah area paling penting di dalam rumah. Area kamar mandi umumnya sangat lembap dan menjadi tempat berkumpulnya mikroorganisme atau kuman penyebab penyakit.

Mikroorganisme tersebut dapat bertahan cukup lama di permukaan kamar mandi. Menurut penelitian yang dipublikasi oleh American Society for Microbiology, bakteri dan virus yang ditemukan dari hasil pembilasan kloset dapat bertahan lama di udara.

Bakteri tersebut bisa menetap di permukaan seluruh kamar mandi. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa kuman Shigella yang ada di lantai kamar mandi dan kloset dapat bertahan selama 17 hari. Kuman tersebut dapat bertahan di dudukan kloset yang terbuat dari kayu.

Masih dilansir dari jurnal American Society for Microbiology, bakteri Salmonella ditemukan bertahan di area kran selama 11 hari. Bakteri Coliform juga ditemukan berada di bawah botol perlengkapan yang ada di dalam kamar mandi. 

Oleh karena itu, mari ketahui cara membersihkan kloset yang ampuh lewat ulasan ini.

Kenapa Kloset Harus Dibersihkan?

Kuman yang bertahan lama di kloset atau permukaan kamar mandi mampu menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, area kamar mandi dan kloset harus dibersihkan secara rutin.

Artikel Lainnya: Terinfeksi Penyakit Menular Seksual dari Dudukan Kloset, Mungkinkah?

Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat mengintai apabila menggunakan kloset dan kamar mandi yang kotor:

1. Virus Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan disebabkan oleh virus jenis rotavirus. Rotavirus mudah menular karena dapat bertahan di permukaan benda selama satu minggu.

Gejala yang ditimbulkan dari infeksi virus ini adalah diare, mual, muntah, dan risiko terjadi dehidrasi. Jika tidak segera ditangani, dehidrasi bisa membahayakan nyawa.

2. Infeksi Bakteri

Bakteri yang ada di dalam kamar mandi juga dapat menginfeksi saluran pencernaan. Beberapa jenis bakteri yang bersembunyi di dalam kamar mandi, antara lain E-coli, Streptococcus, dan Salmonella.

Apabila terkontaminasi bakteri tersebut, Anda dapat mengalami diare, peradangan usus, dan demam tifoid. Semua penyakit di atas dapat menyebabkan penderita menjadi lemas dan tidak dapat melakukan aktivitas harian.

3. Cacingan

Melansir dari European Journal of Inflammation, infeksi parasit telur cacing dapat menular dari satu orang ke yang lainnya. Apabila terdapat telur cacing pada kloset yang kotor, Anda sekeluarga atau pengguna kamar mandi lainnya bisa terkena infeksi cacing.

Artikel Lainnya: Lebih Sehat Mana, Kloset Jongkok atau Duduk?

Cara Membersihkan Kloset dengan Mudah dan Cepat

Anda bisa menggunakan VIXAL sebagai cara cepat membersihkan kamar dan kloset di rumah.

Anda bisa memilih VIXAL Pembersih Toilet Anti Kerak. Cairannya memiliki tekstur kental yang 100X LEBIH TANGGUH membersihkan kerak membandel dan noda kekuningan di permukaan toilet. Bahkan sampai ke bagian dalam lubang toilet yang terendam air.

Tak hanya itu, pembersih toilet ini juga efektif membunuh kuman penyebab penyakit. Sehingga membuat toilet anda bersih, harum,segar dan bebas kuman!

Jangan lupa untuk membersihkan dudukan kloset secara rutin karena di area ini terdapat banyak kuman. Bersihkan secara rutin setiap hari agar permukaan kloset tidak berlendir.

Tolok ukur kamar mandi yang bersih adalah tidak berbau, tidak licin, tidak ada kerak, dan tidak ada noda kuning di seluruh permukaan toilet.

Untuk tahu informasi lainnya, terutama tips dan cara cepat membersihkan kloset dan area rumah lainnya, Anda bisa membaca  artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

KebersihanAdvertorialvirus

Konsultasi Dokter Terkait