Sukses

Manfaat Asam Lemak Omega 3 untuk Kesuburan

Untuk tingkatkan kesuburan, pasutri dapat mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Apa saja manfaatnya bagi kesuburan? Simak penjelasan berikut ini.

Sebagian pasangan suami istri ingin memiliki momongan atau anak. Agar subur atau cepat hamil, pasutri bisa mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega 3. 

Apa saja manfaat asam lemak omega 3 untuk kesuburan?

1 dari 3 halaman

Manfaat Asam Lemak Omega 3 untuk Kesuburan

Omega 3 adalah nutrisi yang tidak dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3,  seperti ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, atau dari suplemen. 

Dokter Atika mengatakan, “Ada penelitian yang menyebutkan omega 3 baik untuk kesuburan. Kemungkinan karena omega 3 mengurangi peradangan dalam tubuh, karena peradangan dapat mengganggu fungsi indung telur.”

Artikel Lainnya: Manfaat Stroberi untuk Kesuburan dan Kehamilan

Berikut beberapa manfaat asam lemak omega 3 untuk kesuburan:

  • Mengatur hormon reproduksi.
  • Meningkatkan aliran darah ke rahim.
  • Mengurangi peradangan di dalam tubuh. 
  • Mengurangi sensitivitas terhadap hormon prolaktin yang dapat menekan ovulasi.
  • Meningkatkan lendir di sel telur.
  • Melancarkan siklus menstruasi.

Asam lemak omega 3 sejak lama dikenal membantu meningkatkan kesuburan, terutama pada pria. Kandungan asam lemak DHA (docosahexaenoic acid) rantai panjang ditemukan di dalam sperma.

Hal ini menunjukkan bahwa molekul DHA penting untuk kelangsungan hidup, kematangan, dan karakteristik fungsional sel-sel sperma.

Selain itu, menurut penelitian tahun 2012, kadar asam lemak omega 3 yang tinggi dapat meningkatkan morfologi dan motilitas (gerak) sperma pria. 

Tak hanya itu, menurut studi dari University of Illinois di Amerika Serikat,  asam lemak omega 3 dapat membantu mematangkan sel sperma. Sel sperma yang matang akan lebih mudah masuk ke dalam sel telur dan mewujudkan pembuahan. 

Dilansir dari Fertility Hub, asam lemak omega 3 dapat membantu meningkatkan ovulasi wanita. 

Konsumsi DHA dari asam lemak omega 3 juga telah terbukti meningkatkan kadar progesteron, yakni hormon yang mengatur kondisi lapisan rahim untuk persiapan kehamilan. 

Menurut penelitian dari US National Institute of Health, mengonsumsi makanan yang kaya omega 3 dapat meningkatkan kualitas sel telur dan kondisi ovarium calon ibu usianya sudah tak lagi muda. 

Artikel Lainnya: Sederet Khasiat Semangka untuk Kesuburan Pria dan Wanita

2 dari 3 halaman

Makanan Mengandung Omega-3 yang Baik untuk Kesuburan

Anda bisa mendapatkan manfaat asam lemak omega 3 untuk kesuburan dengan mengonsumsi makanan berikut ini:

  • Ikan salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti biji rami, biji chia, dan kenari.
  • Minyak nabati, seperti minyak biji rami, minyak kedelai, dan minyak kanola.
  • Makanan yang diperkaya omega 3, seperti telur omega 3, dan yoghurt atau susu omega 3. 

Untuk dosis yang dianjurkan, dr. Atika mengatakan, “Untuk saat ini, beberapa organisasi kesehatan merekomendasikan konsumsi Omega 3 sebanyak 250-500 gr dalam sehari.”

Kendati begitu, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kandungan mengenai dosis atau takaran asam lemak omega 3 untuk program hamil. 

Cari tahu informasi seputar kesehatan dan kehamilan lainnya dengan membaca artikel dia sehat mengenai kesuburan lainnya dengan tanya dokter, melalui aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar