Sukses

Manfaat Istimewa Brokoli untuk Kulit Anda

Siapa tak kenal brokoli? Sayuran berbentuk khas ini nyatanya juga baik untuk kulit Anda. Apa saja manfaat brokoli untuk kulit? Simak di sini.

Pencinta sayuran hijau, tentu sudah tidak asing lagi dengan brokoli. Di samping rasanya yang khas, brokoli juga kaya gizi dan manfaat. Salah satunya untuk kesehatan kulit Anda.

Dari segi nutrisi, brokoli banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi ini termasuk zinc, vitamin A, dan Vitamin C.

Dengan deretan nutrisi tersebut, bersiaplah dengan manfaat brokoli untuk kulit berikut.

1. Brokoli Baik untuk Perawatan Kulit

Perawatan kulit tidak hanya soal wajah yang cerah, tapi juga tentang ketahanan kulit. Brokoli bisa membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Sayuran hijau ini adalah sumber antioksidan vitamin C yang kaya.

Ditambah tembaga, zinc, vitamin K, asam folat, dan asam amino, brokoli adalah asupan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus daya tahan tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kurma Untuk Kecantikan Kulit

1 dari 3 halaman

2. Sebagai Agen Anti-penuaan

Kandungan vitamin C bersama antioksidan lain di dalam brokoli membuatnya baik untuk mencegah penuaan dini.

Menurut dr. Arina Heidyana, memang benar brokoli disarankan untuk mengatasi anti-aging.

“Brokoli kaya akan ragam antioksidan, serat, folat, dan lutein yang memang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C-nya juga baik untuk kulit, terutama dalam memproduksi kolagen,” jelasnya.

Kolagen berperan dalam menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Masalah kulit seperti garis-garis halus, kerutan, serta jerawat dan pigmentasi akan dapat diatasi jika makan brokoli secara teratur.

3. Sebagai Anti-kanker Kulit 

Khasiat brokoli untuk kecantikan kulit berikutnya adalah mencegah kanker kulit. Pada kuntum brokoli, ada senyawa khusus yang disebut dengan sulforaphane.

Tak main-main, sulforaphane disebut-sebut bisa menjadi anti-kanker, termasuk pada beberapa jenis kanker kulit.

4. Perlindungan dari Sinar UV 

Sulforaphane dalam brokoli juga menjadi agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari. 

Kandungan ini bekerja dengan dua cara, yaitu menetralkan radikal bebas berbahaya serta mengaktifkan sistem perlindungan lain di dalam tubuh. 

Dilansir dari Healthline, pada tes laboratorium, sulforaphane dapat mengurangi jumlah sel kulit yang terbunuh oleh sinar UV sebanyak 29 persen. Perlindungan yang dihasilkan pun bisa bertahan hingga 48 jam.

2 dari 3 halaman

5. Mencegah Peradangan pada Kulit

Pemilik kulit sensitif akan lebih rentan terhadap peradangan. Misalnya, akibat paparan sinar matahari, reaksi alergi, serta infeksi kulit. Kabar baiknya, brokoli dapat mengatasi peradangan pada kulit, utamanya yang bertipe sensitif. 

“Kandungan sulforaphane dalam brokoli dapat bantu melawan peradangan dengan cara mengurangi kadar sitokin yang muncul saat peradangan,” ujar dr. Dyah Novita Anggraini.

Selain itu, asam lemak omega-3 dan sifat antiinflamasi dalam brokoli akan membantu mengurangi alergi dan ruam pada kulit. 

Artikel Lainnya: Manfaat Perawatan Kulit dengan Kacang Almon

Walaupun brokoli memiliki ragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, memasaknya dengan benar adalah hal yang penting.

Hindari memasak brokoli terlalu matang. Selain akan terlalu lunak dan lembek, brokoli juga akan kehilangan nutrisi sehatnya.

Brokoli bisa dimakan secara langsung setelah dipotong-potong dan dicuci hingga bersih. Jika ingin dimasak, kukus, tumis, atau rebus sayuran hijau ini selama 2-3 menit. 

Tak ingin dimasak, tapi mau diaplikasikan langsung? Bisa, lho! Untuk membuat masker brokoli, campurkan 4 kuntum brokoli dengan 1 sdt madu dan 2 sdm teh hijau. Blender ketiganya agar halus dan tercampur rata.

Setelah itu, oleskan langsung di wajah yang sudah dibersihkan, biarkan selama setidaknya 15 menit. Terakhir, jangan lupa untuk membilasnya dengan menggunakan air dingin. 

Anda tertarik mendapatkan manfaat brokoli untuk kulit? Boleh saja! Selain sehat untuk kulit, manfaatnya juga besar dirasakan tubuh secara keseluruhan. Konsumsi secara rutin bersama asupan sehat lainnya.

Cari tahu informasi seputar manfaat sehat sayuran lainnya dengan mengunduh aplikasi Klikdokter

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar