Diet dan Nutrisi

Manfaat Konsumsi Kacang Kenari untuk Kecantikan Kulit

Zahra Aminati, 18 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kacang kenari kaya antioksidan dan bagus untuk kulit. Simak beragam manfaat kenari untuk kecantikan kulit berikut ini.

Manfaat Konsumsi Kacang Kenari untuk Kecantikan Kulit

Untuk mendapatkan kulit sehat, asupan dari dalam tubuh juga penting. Makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh pada kulit. Salah satu makanan yang baik untuk kecantikan kulit adalah kacang kenari.

Di dalam kenari, terdapat lemak, protein, dan serat yang bagus untuk menunjang kesehatan kulit. Mari simak kandungan nutrisi kacang kenari dan manfaatnya untuk kulit.

Nutrisi Kacang Kenari

Berdasarkan data United States Department of Agriculture, 1 cangkir kenari organik seberat 30 gr mengandung:

  • Energi: 200 kalori
  • Karbohidrat: 3,89 gr
  • Gula: 1 gr
  • Serat: 2 gr
  • Protein: 5 gr
  • Lemak: 20 gr
  • Kalsium: 20 mg
  • Zat besi: 0,72 mg

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Kurma Untuk Kecantikan Kulit

Kacang kenari juga merupakan sumber tembaga, magnesium, fosfor, dan vitamin B6. Ada pula kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dengan asam lemak Omega-3. 

Meski terkenal sebagai makanan berkalori dan lemak tinggi, kenari padat nutrisi yang baik untuk kulit dan organ lainnya seperti jantung. 

Kombinasi protein, serat, dan lemak sehat di dalam kenari membantu meningkatkan rasa kenyang. Oleh karena itu, kacang ini sangat baik dijadikan camilan dibanding keripik, kerupuk, atau makanan kaya karbohidrat sederhana lainnya. 

Manfaat Kenari untuk Kulit

Berikut ini sejumlah khasiat kacang kenari untuk kulit:

1. Mencegah Tanda-Tanda Awal Penuaan

Dokter Sara Elise Wijono, MRes, menjelaskan, “Benar kenari mengandung antioksidan yang banyak. Antioksidan secara umum memang bagus untuk anti-aging.” 

Antioksidan kenari berasal dari vitamin E, melatonin, dan zat polifenol. Polifenol dan vitamin E sangat baik untuk mencegah tanda-tanda awal penuaan.

Kandungan vitamin B6 di dalam kenari juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin B6 sangat berperan dalam membentuk asam amino untuk kulit. 

2. Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Antioksidan di dalam kenari juga berperan baik dalam mencegah lingkaran hitam di bawah mata. Oleskan minyak kenari secara teratur untuk mengatasi kantung mata dan mata panda. 

Kulit mata yang kendur dapat kembali mengencang. Warna kulit pun akan lebih bercahaya berkat kenari. Konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengoleskan minyak kenari di sekitar mata.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Wajah

3. Kulit Cerah dan Bercahaya

Dengan kandungan vitamin, antioksidan, serat, dan mineral, makan kacang kenari bisa membantu kulit jadi lebih cerah bercahaya. 

Untuk treatment topikal, bisa campurkan kenari dengan oat dan madu kemudian jadikan masker di wajah. Bukan hanya kulit mati yang terangkat, tetapi kulit sehat, segar, dan bercahaya juga didapat. 

Untuk takaran konsumsi kenari harian, dr. Sara menyarankan tidak lebih dari 7 buah. “Satu porsi biasanya takaran sekitar 7 buah. Kenari tinggi kalori, jika berlebihan akan ada kemungkinan dapat menaikkan berat badan,” jelasnya. 

Itulah manfaat kenari untuk kulit. Mungkin manfaat tersebut tidak langsung dirasakan. Namun, dengan konsumsi dalam batas wajar serta diimbangi pola hidup sehat dan perawatan lainnya, kulit bisa lebih sehat secara optimal. 

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar kecantikan kulit, konsultasi lebih mudah lewat fitur Tanya Dokter online di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Kecantikan KulitMakanan Sehatkesehatan kulit

Konsultasi Dokter Terkait