Sukses

Manfaat Saffron untuk Ibu Hamil

Saffron merupakan rempah asal Timur Tengah yang berkhasiat, termasuk untuk mengatasi masalah kesehatan saat hamil. Apa saja manfaat saffron untuk ibu hamil?

Saffron merupakan rempah dari tanaman Crocus sativus. Tumbuhan ini sering dijadikan sebagai pewarna makanan, campuran teh, atau susu.

Rempah yang berwarna merah dan harganya cukup mahal ini dipercaya bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk mengatasi beberapa kondisi yang terjadi saat hamil. 

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Ibu hamil boleh dan aman untuk mengonsumsi saffron. Namun, tetap konsultasi dahulu dengan dokter kandungannya, mengingat tiap kehamilan ibu bisa berbeda kondisinya.”

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

Berikut penjelasan lebih lengkap tentang manfaat safron untuk ibu hamil. 

1 dari 3 halaman

1. Mengurangi Mood Swing saat Hamil

Kehamilan bisa memicu perubahan hormon di dalam tubuh. Perubahan hormonal ini dapat memengaruhi perasaan dan suasana hati ibu hamil. Beberapa wanita juga dapat menjadi emosional ketika hamil. 

Untuk meminimalkan gejolak emosi tersebut, Anda bisa mengonsumsi saffron. Dokter Devia mengatakan, “Saffron punya efek antidepresan yang bisa membantu mengurangi mood swing saat hamil.” 

Efek antidepresan tersebut dapat bekerja menyeimbangkan neurotransmitter di otak yang memengaruhi suasana hati dan emosi.

Mengonsumsi saffron juga dapat menghasilkan produksi hormon serotonin yang meningkatkan mood dan mengurangi kadar hormon kortisol penyebab stres.

2. Mengatur Tekanan Darah

Detak jantung wanita bisa meningkat sebanyak 25 persen saat hamil. Dampaknya, ibu hamil dapat mengalami peningkatan tekanan darah. 

Ibu bisa mengembalikan tekanan darah ke angka normal dengan mengonsumsi safron. 

Sebab kandungan potasium dan crocetin di dalam saffron dapat membantu menyehatkan jantung serta menurunkan tekanan darah.

3. Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan Bumil

Saat hamil, ibu dapat mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Dokter Devia mengatakan, 

“Untuk mengatasi itu, bisa konsumsi saffron. Sedari dulu, safron telah digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, sembelit, dan ini bisa dimanfaatkan untuk ibu hamil.” 

4. Meredakan Kram dan Nyeri

Wanita hamil sering mengalami kram di bagian pinggul dan perut.  Hal itu disebabkan oleh tulang dan otot yang meregang untuk pertumbuhan bayi di dalam rahim. 

Saffron memiliki kemampuan untuk menghilangkan nyeri secara alami. Karena kemampuan tersebut, saffron dapat membantu melemaskan otot-otot dan mencegah kram serta sakit perut.

5. Melindungi Bumil dari Penyakit Kardiovaskular

Saat hamil, beberapa wanita cenderung ingin mengonsumsi makanan berlemak. 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 

Ketika kolesterol meningkat, risiko untuk terkena penyakit kardiovaskulas pun semakin besar. 

Guna mencegah penyakit kardiovaskular, ibu hamil dapat mengonsumsi saffron. Rempah asal Timur Tengah ini mengandung antioksidan, crocetin, dan potasium yang mampu membantu mengurangi kadar trigliserida serta kolesterol dalam tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Tempe untuk Ibu Hamil, Jadi Sumber Protein!

2 dari 3 halaman

6. Membantu Meredakan Penyakit Pernapasan

Melansir dari Parenting First Cry, saffron memiliki sifat antiinflamasi yang membantu melebarkan saluran udara di hidung. 

Saffron juga dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan di paru-paru. 

7. Membantu Mengatasi Rambut Rontok

Hormon yang naik dan turun selama kehamilan dapat mengakibatkan kerontokan rambut. 

Menurut dr. Devia, kandungan antioksidan yang ada di dalam rempah safron dipercaya mampu mengurangi rambut rontok

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat hamil tua dengan perut yang membesar, bumil akan kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman. Jika salah posisi tidur, ibu bisa mengalami kram, nyeri, dan pegal-pegal. 

Oleh karena itu, bumil bisa konsumsi susu yang dicampur dengan saffron. Sifat sedatif dari rempah tersebut dapat membuat tubuh jadi rileks dan membantu meningkatkan kualitas tidur bumil. 

Itu dia delapan manfaat saffron untuk ibu hamil. Ibu bisa mengonsumsi safron dengan cara diseduh menjadi teh atau ditambahkan ke dalam susu. 

Sebelum mengonsumsi saffron, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan Anda. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter melalui fitur LiveChat. 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar