Diet dan Nutrisi

Ragam Manfaat French Rose untuk Skincare Routine

Zahra Aminati, 15 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

French rose merupakan jenis bunga yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk skincare routine. Apa saja manfaat french rose untuk kulit? Simak di sini.

Ragam Manfaat French Rose untuk Skincare Routine

Selain sebagai simbol kasih sayang, French rose juga menjadi bunga yang populer untuk perawatan kulit. Aromanya pun lembut dan kerap dijadikan bahan dasar parfum.

Mawar berwarna merah muda ini ternyata punya kandungan antioksidan tinggi dan baik untuk menjadi bagian dari skincare routine. Berikut ini beberapa manfaat French rose untuk kecantikan:

1. Antiinflamasi atau Antiradang

Menurut studi yang dipublikasikan National Institutes of Health, AS, mawar terkenal dengan kandungannya yang baik untuk menjadi antiinflamasi bagi kulit.

Dokter Dyah Novita Anggraini menjelaskan, “Efek antiinflamasi pada French rose karena ada ekstrak etanol dari kelopaknya.”

Kandungan polifenol dan flavonoid yang terkandung pada bunga French rose pun bisa meredakan peradangan di kulit, misalnya akibat eksim dan rosacea.

2. Anti-Aging

Kandungan French rose juga baik untuk menjadi agen anti-aging. Manfaat ini dapat memberikan penampilan wajah yang kencang, terawat, dan awet muda.

Stres lingkungan dapat menyebabkan oksidasi sel dan tanda-tanda penuaan. Kelopak bunga French rose dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

3. Pelembap Alami

French rose dapat bertindak sebagai emolien yang luar biasa untuk melembapkan dan melindungi kulit dari hilangnya kelembapan. Manfaat bunga mawar ini juga mencegah radikal bebas dan racun masuk ke kulit.

“Kandungan antioksidan di dalam bunga mawar dapat membuat kulit lembap,” ujar dr. Dyah Novita.

Jika kehilangan kelembapan misalnya akibat sabun, kulit akan mulai memproduksi minyak berlebihan. French rose berperan untuk menyeimbangkan hidrasi kulit dan mencegah produksi minyak berlebih.

4. Mencegah Jerawat

Mawar memiliki beberapa kualitas yang ideal untuk memerangi jerawat. Jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri di dalam kulit. Sifat antibakteri mawar secara efektif mengurangi bakteri. Khasiat ini bahkan tetap aman untuk kulit sensitif.

Tingkat antioksidan dan asam lemak dari mawar juga dapat membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit.

Lalu, kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan mencegah pembentukan hiperpigmentasi baru.

Artikel Lainnya: Idol Korea Suka Pakai Skin Care Mengandung Mugwort, Ini Manfaatnya

5. Antiseptik

Penting untuk memilih produk yang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri agar kulit tetap bersih. Kandungan polifenol dan flavonoid dari French rose sangat baik untuk menjadi antiseptik.

Mawar juga baik untuk menyeimbangkan pH kulit. Karena adanya polusi, racun lingkungan, dan paparan sinar matahari, keseimbangan pH kulit bisa terganggu.

6. Aroma Mawar Dapat Mengurangi Stres

Aroma mawar jenis apa pun sangat baik untuk memperbaiki suasana hati. Wangi mawar dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan.

Jadi, produk perawatan mengandung mawar tidak hanya untuk kesehatan kulit, tetapi juga kesehatan mental. Kandungan French rose bisa menjadi salah satu pilihan skincare malam yang tepat.

Tak hanya untuk produk kecantikan, French rose juga bisa langsung dikonsumsi dalam bentuk teh. “Konsumsi French rose dalam bentuk teh 1 kali sehari. Umumnya, French rose tidak ada efek samping jika konsumsinya tidak berlebihan,” jelas dr. Dyah Novita.

Itulah manfaat French rose untuk kulit. Bila ingin tanya lebih lanjut seputar manfaat bunga mawar untuk kecantikan, konsultasi lewat LiveChat dokter kulit.

(FR/AYU)

Skincare

Konsultasi Dokter Terkait