Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Masturbasi Selama Hamil

Ibu hamil boleh melakukan aktivitas seksual seperti masturbasi. Masturbasi juga dapat menghadirkan manfaat tersendiri, lho. Apa saja, ya?

Sebagian ibu hamil enggan melakukan aktivitas seksual, termasuk masturbasi. Masih banyak yang menganggap bahwa masturbasi dapat membahayakan janin di dalam kandungan. 

Padahal, masturbasi aman dilakukan bila kehamilan ibu sehat dan tidak berisiko menyebabkan komplikasi. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat bumil saat masturbasi. Berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Menurunkan Stres saat Hamil

Perubahan tubuh saat hamil dapat memicu stres pada ibu hamil. Stres bisa menyebabkan masalah seperti hipertensi kehamilan, bayi lahir prematur, atau bayi lahir dengan berat badan rendah

Untuk membantu mengatasi stres, ibu bisa mencoba masturbasi bersama pasangan. 

Manfaat masturbasi saat hamil sama seperti berhubungan seks, yakni mengeluarkan hormon dopamin. 

Dopamin adalah zat kimia yang keluar saat orgasme. Zat ini berhubungan erat dengan perasaan senang. Ketika hormon dopamin dan perasaan senang muncul, suasana hati atau mood bumil dapat menjadi lebih baik

Artikel Lainnya: Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Hormon Testosteron Pria

1 dari 2 halaman

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ibu hamil dapat mengalami insomnia. Gangguan tidur tersebut bisa disebabkan oleh perubahan tubuh yang tidak nyaman saat hamil atau karena perasaan cemas menjelang persalinan. 

Apabila melakukan masturbasi dan merasakan orgasme, kualitas tidur ibu hamil kemungkinan dapat membaik. 

Sebab saat orgasme, tubuh melepaskan hormon prolaktin dan oksitosin yang membuat ibu nyaman. Ketika tubuh relaks, perasaan mengantuk bisa muncul dan ibu bisa terlelap dengan cepat.

3. Mengurangi Rasa Sakit Terkait Kehamilan

Ketika masturbasi dan orgasme, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang memiliki sifat penghilang rasa sakit. Endorfin berinteraksi dengan reseptor opiat di otak yang mengubah persepsi tentang rasa sakit. 

Alhasil, pelepasan hormon endorfin ini dapat meredakan rasa sakit dan ketidaknyaman di tubuh ibu hamil. 

Kendati bermanfaat, dr. Dyah Novita Anggraini tidak mendukung ibu hamil melakukan masturbasi. “Melakukan masturbasi pada saat hamil terkadang bisa memicu kontraksi dan rentan terjadi infeksi di saluran genitalia,” ujarnya. 

Masturbasi juga berbahaya bagi alat kelamin bagian dalam, terlebih jika ibu memiliki kuku yang panjang dan tidak bersih. 

Jika ada luka di bagian dalam vagina, bakteri mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan infeksi serius saat kehamilan.

Artikel Lainnya: Ternyata, Represi Seksual Bisa Ganggu Psikologis, Lho!

Dokter Dyah Novita pun menganjurkan ibu hamil untuk berhubungan seksual dengan suami. Berhubungan seksual saat hamil juga dapat menghadirkan manfaat yang sama seperti masturbasi.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat masturbasi saat hamil. Sebelum melakukan aktivitas seksual apa pun, ibu dapat berkonsultasi kepada dokter kandungan. 

Dokter dapat memeriksa kondisi kehamilan dan merekomendasikan aktivitas seksual apa yang aman untuk dilakukan. 

Cari tahu informasi seputar kehamilan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar