Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Bahaya Makan Telur Asin Berlebih bagi Penderita Diabetes

Bahaya Makan Telur Asin Berlebih bagi Penderita Diabetes

Mengonsumsi terlalu banyak telur asin dapat mengganggu kondisi kesehatan penderita diabetes. Ketahui bahaya makan telur asin pada penderita diabetes di sini.

Telur asin tidak dapat dikonsumsi oleh sembarang orang, salah satunya bagi penderita diabetes. Kendati olahan telur ini nikmat disantap bersama aneka lauk, diabetesi (sebutan bagi pengidap diabetes) harus membatasi asupan telur asin atau bahkan menghindarinya sama sekali.

Pasalnya, menurut dr. Reza Fahlevi, Sp. A., telur asin mengandung banyak garam. Mengonsumsi terlalu banyak garam, dapat memicu komplikasi penyakit diabetes. Tidak heran, makan terlalu banyak telur asin untuk diabetes sangatlah berbahaya.  

Simak penjelasan dokter soal dampak kesehatan ketika penderita diabetes makan telur asin berlebihan.

1 dari 3 halaman

1. Hipertensi

Disampaikan dr. Reza, kandungan garam pada telur asin dapat memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi jika diabetesi mengonsumsi telur asin secara berlebihan.

“Padahal penderita diabetes sudah ada risiko hipertensi,” jelas dr. Reza. 

Perlu Anda tahu, garam mengandung natrium yang berfungsi mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Kelebihan kadar natrium dalam tubuh dapat memicu hipertensi

Artikel Lainnya: Ini Aturan Makan Telur Asin Bagi Si Penderita Hipertensi

2. Retensi Cairan

Berdasarkan All About Diabetes, mengonsumsi terlalu banyak telur asin juga dapat meningkatkan retensi cairan. Kondisi ini terjadi ketika tubuh mengalami kelebihan cairan. 

Hal ini tidak lepas dari kandungan garam di dalam telur asin. Konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan rasa haus. Akibatnya, diabetesi akan minum terlalu banyak.

Retensi cairan pada gilirannya dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Kondisi ini juga menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Dampaknya, diabetesi dengan retensi cairan berisiko mengalami kesulitan bernapas.

Tak hanya itu, retensi cairan juga mengakibatkan pembengkakan di area wajah, tangan, dan kaki.

2 dari 3 halaman

3. Lapar Berlebihan

Rasa lapar berlebih merupakan kondisi yang dapat terjadi ketika penderita diabetes makan telur asin terlalu banyak.

Peningkatan nafsu makan ini lagi-lagi dipengaruhi oleh kandungan garam di dalam telur asin. Akibatnya, diabetesi jadi makan lebih banyak dan gagal menjalani diet sehat.

Padahal diet sehat merupakan salah satu pilar utama terapi pengobatan diabetes.

4. Komplikasi Penyakit Diabetes

Bahaya konsumsi terlalu banyak telur asin untuk penderita diabetes selanjutnya adalah memicu terjadinya komplikasi penyakit. 

Hal ini ditengarai kondisi tekanan darah tinggi akibat konsumsi garam berlebih. Mengutip Webmd, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi penyakit diabetes, di antaranya:

Artikel Lainnya: Makan Telur Kebanyakan Bisa Picu Diabetes, Benarkah?

Itu dia dampak kesehatan yang ditimbulkan jika penderita diabetes makan telur asin secara berlebihan. Dokter Reza mengatakan diabetesi boleh mengonsumsi telur asin, namun dalam porsi cukup atau jangan terlalu banyak.

Hal ini dilakukan agar diabetesi tidak mengalami gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan di atas. 

Sebagai gantinya, konsumsilah telur biasa yang tidak mengandung garam. Bilamana Anda ingin menambahkan bumbu dapur tersebut, berikan garam dalam takaran secukupnya. 

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar diabetes, Anda bisa berkonsultasi ke dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

1 Komentar

  • Sup******

    Dok , sya mau tanya ..? Waktu ML sama istri ku knapa y kok kluar putih2 kental dn pernah juga ada kyak upil , itu knapa ya Dok ..