Kesehatan Mental

Waktu yang Dibutuhkan untuk Sembuh dari Depresi

Tri Yuniwati Lestari, 12 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak sedikit yang bertanya: berapa lama depresi bisa sembuh? Agar tidak salah kaprah, berikut jawaban psikolog tentang waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari depresi

Waktu yang Dibutuhkan untuk Sembuh dari Depresi

Depresi adalah gangguan suasana hati serius, yang ditandai dengan kesedihan terus-menerus dan rendahnya motivasi untuk melakukan sesuatu.

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental tersebut tak bisa terus abai dengan kondisinya. Mereka harus melakukan upaya agar depresi tak terus-menerus terjadi, salah satunya dengan melakukan konsultasi kepada psikolog.

Lantas, setelah konsultasi dengan psikolog, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari depresi?

 

Berapa Lama Depresi Bisa Sembuh?

Melansir dari the recovery village, depresi dapat dialami secara berbeda pada tiap individu. Namun, rata-rata episode depresi berlangsung selama beberapa bulan; bisa kurang atau lebih dari itu.

Terkait itu, Gracia Ivonika, M.Psi., Psikolog mengatakan bahwa proses kesembuhan depresi tidak sama seperti luka.

“Jangka waktu dalam penyembuhan depresi sangat bervariasi; tergantung tingkat keparahan, kondisi dari individu, keadaan lingkungan, dan faktor-faktor lainnya,” ucap Gracia.

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Depresi Secara Alami Tanpa Obat

Melansir dari WebMd, sekitar 20–30 persen orang dengan depresi tidak sepenuhnya bebas dari gejala.

Artinya, gejala depresi bisa menetap atau terjadi berulang, sekalipun orang tersebut sudah dapat menjalani hidup dengan normal.

Kendati demikian, Gracia menegaskan bahwa hal tersebut bukan berarti seseorang tidak bisa lepas sepenuhnya dari depresi.

Karena, pada dasarnya, gejala dan episode depresi umumnya bisa dicegah bahkan dihilangkan selama diimbangi dengan perawatan yang tepat.

Tanda-Tanda Pemulihan Depresi

Melansir Verywell, terdapat beberapa tanda bahwa depresi yang dialami sudah membaik. Tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gejala Mulai Berkurang dan Membaik

Penderita depresi disarankan untuk membuat jurnal emosi yang dirasakan setiap hari. Hal ini untuk memantau gejala-gejala yang dirasakan; apakah mulai berkurang seiring waktu?

Jika ya, tandanya depresi yang Anda alami sudah mulai membaik. Namun, jika Anda kesulitan memantaunya, tak perlu ragu untuk mengonsultasikan hal tersebut kepada psikolog.

2. Peningkatan Fungsi Harian

Apakah Anda sudah kembali merasakan hari-hari yang lebih produktif? Jika ya, ini adalah sesuatu yang baik. Dengan kata lain, keluhan depresi yang Anda alami sudah membaik.

Dengan dialaminya hal tersebut, Anda juga mungkin akan merasa lebih mudah untuk bangun pagi, menjaga kebersihan diri, memperbaiki pola hidup, dan bersosialisasi dengan keluarga atau teman.

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Depresi pada Remaja yang Perlu Anda Waspadai

3. Gejala Tidak Kambuh Kembali

Tujuan penting dari pengobatan depresi adalah untuk mengurangi risiko munculnya gejala di waktu mendatang.

Jika gejala depresi tampak terkendali atau dirasakan semakin ringan dari waktu ke waktu, ini artinya Anda sudah berangsur ‘sembuh’.

Salah satu cara untuk membantu mencapai tujuan tersebut adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Pasalnya, meski depresi adalah penyakit biologis, cara Anda menjalani hidup turut mempengaruhi kadar stres yang bisa berujung pada gejala depresi.

Memang tidak mudah, namun perlu Anda ketahui sembuh dari depresi bukanlah suatu kemustahilan.

Apabila dalam prosesnya Anda menemukan kendala, tak perlu sungkan untuk mengonsultasikannya kepada psikolog melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Depresikesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait