Pernapasan

Benarkah Buah Sirsak Efektif untuk Mengatasi Flu?

Zahra Aminati, 09 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sedang sakit flu dan ingin lekas makan obat? Tunggu dulu! Tak ada salahnya Anda coba cara alami dengan makan buah sirsak untuk flu. Seberapa efektif?

Benarkah Buah Sirsak Efektif untuk Mengatasi Flu?

Hampir setiap orang rasanya pernah sakit flu setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Beberapa gejala khasnya antara lain demam, batuk, hidung berair, badan terasa pegal, hingga sakit tenggorokan.

Saat deretan keluhan ini muncul, rasanya Anda ingin langsung menenggak obat flu. Namun, tidak ada salahnya Anda terlebih dahulu mencoba cara alami dengan mengonsumsi sirsak.

Buah berdaging putih ini disebut-sebut bisa membantu penyembuhan dan pemulihan Anda dari infeksi virus influenza. Bagaimana kebenarannya?

Manfaat Buah Sirsak untuk Flu, Efektifkah?

Sirsak yang memiliki nama ilmiah Annona muricata berasal dari daerah hangat dan tropis di Amerika. Buah tersebut punya banyak nama, seperti paw-paw, graviola, hingga nangka belanda. 

Soal kandungan nutrisi, jangan ditanya. Buah dengan rasa masam dan manis ini rendah kalori tapi kaya gizi. Beberapa kandungannya antara lain protein, karbohidrat, serat, vitamin C, kalium, magnesium, tiamin, niasin rifoflavin, folat, dan juga zat besi.

Artikel lainnya: Benarkah Menaruh Bawang Bombai di Kaus Kaki Dapat Sembuhkan Flu?

Kandungan vitamin C di dalam sirsak bahkan bisa memenuhi 34 persen dari rata-rata kebutuhan harian. 

Apakah dengan sederet nutrisi ini, mengonsumsi buah sirsak untuk flu efektif?

Dijelaskan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, “Sirsak mengandung vitamin C yang bisa bantu perkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Termasuk juga mempercepat proses penyembuhan dari penyakit akibat virus, seperti flu.”

Selain untuk imunitas, dilansir dari WebMD, vitamin C adalah antioksidan alami yang berperan dalam melawan kerusakan akibat efek radikal bebas serta membantu penyerapan zat besi.

Mengonsumsi sirsak dalam jumlah yang wajar dapat membantu Anda sembuh lebih cepat. Namun demikian, hindari makan buah ini dalam dosis besar.

Penelitian yang dimuat di PubMed menjelaskan, konsumsi biji atau teh sirsak dalam jumlah banyak dapat menyebabkan neurotoksisitas, yakni kondisi keracunan otak serta sistem saraf. 

Artikel lainnya: Ampuhkah Bawang Putih Atasi Flu?

Efek lainnya, berlebihan mengonsumsi buah dan teh buah sirsak dapat menyebabkan gangguan gerakan yang mirip penyakit Parkinson atau dapat memperburuk gejala Parkinson. Selain itu, sirsak juga tidak aman jika dikonsumsi selama hamil. 

Cara Konsumsi Sirsak yang Tepat

Anda jadi tertarik mengonsumsi sirsak untuk flu? Boleh saja, kok. Yang terpenting, pilih buah sirsak yang sudah matang. Buah yang belum matang cenderung keras dan terasa sangat asam.

Dokter Astrid menyarankan untuk langsung memakannya dalam bentuk segar, ketimbang diminum dalam bentuk sirup.

“Lebih baik dimakan langsung saja. Anda bisa memotong langsung daging buangnya dari kulitnya. Kalau sudah menjadi sirup, sirsak akan tinggi gula. Jadi, konsumsilah sirsak segar, langsung dimakan atau dijus juga bisa,” ujar dr. Astrid lagi. 

Jadi, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sirsak memang bisa membantu pemulihan tubuh saat flu. Namun, buah sirsak saja tidak cukup. Anda juga harus mengimbanginya dengan asupan nutrisi sehat lainnya, cukup istirahat, dan minum air putih sesuai kebutuhan. 

Jika gejala flu Anda memburuk, jangan tunda untuk berkonsultasi kepada dokter. Pada kondisi tersebut, boleh jadi Anda membutuhkan bantuan obat-obatan dokter.

Anda masih punya pertanyaan seputar flu dan cara alami mengatasinya? Tanyakan langsung kepada dokter kami melalui fitur LiveChat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

buahInfluenza

Konsultasi Dokter Terkait