Kanker

Jenis-Jenis Kanker Pankreas yang Perlu Anda Tahu

Tamara Anastasia, 12 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata kanker pankreas memiliki beberapa tipe yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja? Ketahui 5 jenis kanker pankreas di sini.

Jenis-Jenis Kanker Pankreas yang Perlu Anda Tahu

Kanker pankreas merupakan jenis kanker yang berasal dari organ pankreas, letaknya ada di perut bagian bawah. Secara garis besar, kanker pankreas terbagi menjadi dua klasifikasi yakni tumor endokrin dan eksokrin.

Dalam kelompok tumor eksokrin dan endokrin, ada beberapa jenis kanker pankreas yang dapat terjadi.

Pasien kanker pankreas biasanya akan disarankan melakukan tes genetik untuk mengetahui jenis yang diidapnya. Menurut dr. Theresia Rina Yunita, salah satu cara mengetahui jenis kanker pankreas adalah biopsi.

“Prosedur ini dilakukan dengan mengambil contoh jaringan tumor, kemudian diperiksa di bawah mikroskop oleh bagian patologi anatomi. Jika sudah, barulah jenis kanker pankreas bisa diketahui, dan dokter bisa menentukan pengobatan yang sesuai jenis kanker tersebut,” jelasnya.

Menurut Pancreatic Cancer Action Network, Amerika Serikat, berikut ini beberapa jenis kanker pankreas yang bisa muncul di dalam tubuh:

1. Adenokarsinoma

Jenis kanker pankreas yang paling umum adalah adenokarsinoma. Sekitar 9 dari 10 orang dengan kanker pankreas mengalami jenis ini.

Adenokarsinoma merupakan tumor eksokrin. Kondisi ini dimulai di sel-sel pelapis saluran pankreas yang membuat enzim untuk pencernaan.

Adenokarsinoma juga bisa menjangkiti beberapa area di saluran pankreas, sehingga menyebabkan penyumbatan.

2. Tumor Sel Asinar

Tumor sel asinar adalah bentuk kanker pankreas yang sangat langka. Beberapa tumor jenis ini dapat menyebabkan pankreas membuat terlalu banyak lipase (enzim yang mencerna lemak). Tingkat lipase pankreas dapat diukur di dalam darah.

3. Intraductal Papillary-Mucinous Neoplasma (IPMN)

Intraductal papillary-mucinous neoplasma (IPMN) adalah tumor yang tumbuh dari saluran pankreas utama atau dari cabang samping saluran.

Kondisi IPMN mungkin jinak (bukan kanker) saat didiagnosis. Tapi, jenis ini tetap memiliki peluang menjadi kanker. Risikonya berubah menjadi kanker akan tinggi bila IPMN dimulai di saluran pankreas utama.

Artikel lainnya: Apakah Kanker Akibat Keturunan Bisa Dicegah?

4. Mucinous Cystic Neoplasm dengan Adenokarsinoma Invasif

Kanker ini ditandai dengan kista berisi cairan kental dan hanya terdapat pada satu sisi pankreas, biasanya di bagian ekor pankreas. Jenis ini umumnya terjadi pada wanita.

5. Pancreatic Neuroendocrine Tumor (PNET)

Kondisi PNET berasal dari pertumbuhan abnormal sel endokrin di pankreas yang disebut islet cell. Fungsi islet cell yaitu membuat hormon untuk mengontrol kadar gula darah.

Tumor endokrin pankreas memiliki gejala yang berbeda. Tumor ini juga menghasilkan efek dan respons pengobatan yang berbeda dari tumor eksokrin pankreas pada umumnya.

Adapun beberapa jenis PNET antara lain:

  • Gastrinoma
  • Glucagonoma
  • Insulinoma
  • Somatostatinoma
  • VIPoma (vasoactive intestinal peptide)

Deteksi jenis kanker pankreas penting untuk dilakukan guna mengetahui terapi pengobatan yang tepat.

Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar jenis kanker, konsultasi lebih mudah lewat Live Chat dokter.

(FR/JKT)

TumorKankerKanker Pankreas

Konsultasi Dokter Terkait