HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Ashwagandha (Ginseng India) untuk Kulit
Diet dan Nutrisi

Manfaat Ashwagandha (Ginseng India) untuk Kulit

Zahra Aminati, 15 Mar 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ashwagandha jenis ginseng asal India yang memiliki manfaat kesehatan, salah satunya untuk kulit. Apa saja manfaat ashwagandha? Simak di sini.

Manfaat Ashwagandha (Ginseng India) untuk Kulit

Ashwagandha merupakan ginseng yang berasal dari India. Dalam pengobatan Ayurveda (pengobatan tradisional India), ashwagandha memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, ashwagandha juga diyakini memiliki manfaat untuk kulit. Apa saja manfaat ginseng India bagi kulit? Simak penjelasan berikut ini.

1. Membantu Kulit Lebih Glowing

Konsumsi ashwagandha dapat merangsang Dehydroepiandrosterone (DHEA). DHEA merupakan prekursor hormon testosteron dan estrogen yang merangsang produksi minyak alami di kulit.

Cara kerja DHEA mirip dengan senyawa hialuronat yang mampu menghidrasi kulit. Manfaat DHEA juga dapat meningkatkan produksi elastin serta kolagen untuk menjaga kulit tetap kenyal dan sehat. 

2. Menurunkan Tingkat Stres dan Mencegah Jerawat

Manfaat Ashwagandha (Ginseng India) untuk Kulit

Menurut penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Cureus, ashwagandha dapat menurunkan kadar kortisol. Kortisol merupakan hormon yang bisa memicu stres.

Pelepasan hormon kortisol dapat meningkatkan produksi kelenjar minyak di kulit. Ketika tubuh menghasilkan minyak dalam jumlah berlebih, pori-pori dapat tersumbat dan berisiko menimbulkan jerawat.

3. Mencegah Penyakit Kulit 

Masih berhubungan dengan manfaat ginseng India untuk menurunkan stres. Kondisi stres dapat mengganggu fungsi epidermis.

Epidermis adalah lapisan yang bekerja mengunci kelembapan dan melindungi kulit dari mikroba berbahaya. Ketika kadar stres berada di tingkat normal, epidermis dapat berfungsi dengan baik untuk menjaga kulit.

Sebaliknya, saat mengalami stres, epidermis tak dapat bekerja dengan baik sehingga kulit rentan mengalami iritasi. Stres juga dapat menyebabkan gejala penyakit kronis seperti eksim dan psoriasis menjadi semakin memburuk.

4. Membantu Mengatasi Peradangan di Kulit Kepala

Dilansir dari Byrdie, konsumsi ashwagandha dapat mencegah stres dan menurunkan inflamasi (peradangan) di dalam tubuh. “Dengan mengurangi peradangan, ginseng India dapat meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan, termasuk kulit kepala.

Manfaatnya bisa membantu mengatasi peradangan yang menyebabkan ketombe, psoriasis, atau gatal di kulit kepala,” ujar dr. Shari Sperling, dokter kulit di New York, Amerika Serikat. 

Artikel lainnya: Ginseng Racikan untuk Miras Oplosan, Apa Itu?

5. Merangsang Regenerasi Sel

Ashwagandha telah diketahui memiliki kemampuan untuk merangsang regenerasi sel-sel kulit. Ini berarti bahwa zat-zat aktif yang terkandung dalam ashwagandha dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan regenerasi kulit yang rusak atau terluka.

Ini dapat bermanfaat dalam mengurangi waktu penyembuhan luka, meminimalkan bekas luka, dan mengembalikan kulit menjadi lebih sehat dan kuat.

6. Meningkatkan Produksi Kolagen

Zat aktif dalam ashwagandha telah diketahui dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh kamu. Kolagen adalah protein utama yang terdapat dalam kulit dan merupakan komponen penting untuk menjaga kekencangan, elastisitas, dan kelembutan kulitmu.

Dengan meningkatkan produksi kolagen, ashwagandha dapat membantu dalam menjaga kulit tetap kencang, elastis, dan kamu terlihat lebih muda. Kendati begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjut untuk menggali manfaat ashwagandha bagi kulit.

Untuk dosis konsumsi ginseng India, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti bahwa belum ada takaran pastinya. Sebab, berbagai sumber penelitian mencantumkan dosis berbeda-beda.

“Tetapi bisa dikonsumsi maksimal 1.000 mg sehari. Akan tetapi, kebanyakan orang biasa mengonsumsi 250-500 mg per hari,” ujarnya.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi ashwagandha dalam jangka waktu panjang. Apabila ingin mengonsumsi minuman herbal, kamu wajib mengikuti takaran dosis dan cara pemakaian yang tertera di kemasan produk.

Konsumsi ashwagandha dapat menyebabkan efek samping, seperti muntah, sakit perut, atau diare. Dalam beberapa kasus, konsumsi ginseng India ini dapat menyebabkan kerusakan organ hati.

Artikel lainnya: Manfaat Ginseng untuk Kanker, Mitos atau Fakta?

Sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi herbal jenis apa pun, termasuk ashwagandha. Kamu bisa kosultasi dengan dokter menggunakan fitur tanya dokter dan buat janji dokter dengan layanan temu dokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

Kamu bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, dengan cara booking di layanan medis & lab di KlikDokter!

Yuk, #JagaSehatmu dengan mengunduh aplikasi KlikDokter di Google Play dan App Store dan gunakan juga KALStore untuk beli suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan Kamu.

Perawatan KulitherbalKecantikan

Konsultasi Dokter Terkait