Gigi Mulut

Benarkah Stres Bisa Sebabkan Gigi Copot? Ini Faktanya

drg. Dondi Gumilang C.Ht, 01 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada berbagai penyebab gigi copot, salah satunya stres. Simak penjelasan berikut!

Benarkah Stres Bisa Sebabkan Gigi Copot? Ini Faktanya

Penyakit pada manusia banyak sekali, mulai dari jenis hingga penyebabnya. Sebagian penyakit tersebut dipengaruhi oleh imun yang dimiliki oleh tubuh.

Sistem imun tubuh ternyata dipengaruhi oleh tingkat stres masing-masing individu. Seseorang yang memiliki tingkat stres yang tinggi berisiko mengalami berbagai macam penyakit, termasuk masalah gigi dan mulut.

Walaupun tidak berkaitan secara langsung, stres juga memberikan dampak yang besar bagi kesehatan gigi dan mulut. Bahkan dikatakan bahwa stres bisa menjadi salah satu penyebab gigi copot.

Benarkah stres bisa menyebabkan gigi copot? Simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana Stres Menyebabkan Gigi Copot?

Seseorang yang stres tidak akan langsung mengalami gigi copot. Dibutuhkan proses yang cukup panjang.

Nah, jika seseorang tidak menyadarinya, proses tersebut akan membuat kondisi semakin lama semakin parah. Hal ini tentu berbahaya sehingga bisa menyebabkan gigi copot.

Artikel Lainnya: Ini Dia Penyebab Gigi Mudah Lepas

Kondisi yang sering terjadi pada orang yang sedang memiliki tingkat stres tinggi adalah adanya bruxism. Bruxism merupakan kebiasaan seseorang menggemeretakkan gigi ke atas dan bawah.

Umumnya bruxism terjadi saat seseorang tertidur sehingga kebiasaan ini tidak disadari oleh pasien. Oleh karena itu, bruxism dianggap sebagai salah satu gangguan tidur.

Gerakan yang terjadi saat seseorang mengalami bruxism membuat adanya tekanan pada ujung akar. Kondisi ini dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan pendukung gigi.

Kebiasaan menggemeretakkan gigi tersebut bisa disebabkan oleh macam-macam faktor, seperti menyikat gigi terlalu keras, menjalani kebiasaan tidak sehat (misalnya merokok dan minum minuman keras), dan tingkat stres yang tinggi. Inilah alasan stres berhubungan dengan bruxism.

Artikel Lainnya: Makan dengan Gigi Palsu, Ini Tipsnya Agar Tetap Nyaman

Nah, jika ingin menghindari bruxism, Anda bisa menyingkirkan beberapa kebiasaan berikut dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kebiasaan merokok dan konsumsi minuman keras.
  • Menggigit benda keras.
  • Stres yang berlebihan.
  • Menyikat gigi terlalu keras, dan sebagainya.

Hal lain yang berpengaruh terhadap gigi yang copot adalah pola hidup. Seseorang yang memiliki tingkat stres tinggi biasanya meluapkan emosinya dengan merokok atau konsumsi minuman keras. Kedua hal tersebut tidak baik karena akan menimbulkan adanya penyakit pada jaringan periodontal.

Seperti diketahui, pelekatan gigi terhadap tulang rahang sangat dipengaruhi oleh jaringan lunak pendukung gigi atau jaringan periodontal. Jika jaringan periodontal mengalami kerusakan yang parah dan tidak segera dilakukan perawatan, hal tidak diinginkan yang dapat terjadi, misalnya gigi tersebut akan mudah copot.

Termasuk Efek yang Langka

Proses perubahan dari gigi yang sehat menjadi mudah copot ketika seseorang memiliki tingkat stres yang tinggi tidaklah singkat. Kedua penyebab yang tertulis di atas, yakni bruxism dan pola hidup, membutuhkan waktu yang lama dan terjadi secara terus-menerus untuk dapat mengakibatkan gigi copot.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Gigi Harus Dicabut

Kondisi tersebut dapat diperparah jika kesehatan rongga mulut Anda juga tidak terjaga. Jadi, selain mengelola stres, perhatikan pula kesehatan gigi dan mulut Anda.

Pencegahan dilakukan dengan terlebih dahulu berusaha menyelesaikan apa penyebab dari stres itu sendiri. Setelah itu, jalanilah gaya hidup yang sehat.

Tidak cukup sampai di situ, hal lain yang juga penting dilakukan adalah pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Ini dilakukan untuk mengetahui secara cepat jika ada masalah pada kesehatan gigi dan mulut.

Nah, kini Anda sudah tahu hubungan antara stres terhadap kondisi gigi yang copot. Meski tidak secara langsung menyebabkan gigi copot, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi psikologis Anda. Karena selain memengaruhi kesehatan gigi dan mulut, stres juga berbahaya atau berdampak pada kesehatan Anda secara umum.

Baca informasi menarik lainnya seputar kesehatan di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter mengenai masalah gigi dan mulut ataupun masalah kesehatan lainnya melalui layanan Live Chat 24 jam.

[WA]

Gigigigi copot

Konsultasi Dokter Terkait