Mata

Berbagai Kondisi yang Menyebabkan Kelopak Mata Bengkak

Zahra Aminati, 31 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Beberapa penyakit kulit dapat menyebabkan kelopak mata bengkak atau bisa disebut blefaritis. Apa saja penyakit kulit tersebut? Simak di sini.

Berbagai Kondisi yang Menyebabkan Kelopak Mata Bengkak

Kelopak mata yang bengkak dan mengalami iritasi sering dihubungkan dengan kondisi bintitan. Padahal, bintitan tak selalu menjadi penyebab kelopak mata bengkak

Menurut dr. Arina Heidyana, ada beberapa penyakit kulit yang bisa sebabkan kelopak mata mengalami pembengkakan (blefaritis).

“Penyakit-penyakit tersebut, seperti rosacea, psoriasis, dan lainnya bisa muncul di mata sehingga menyebabkan mata bengkak, sakit, juga gatal,” ujarnya. 

Dokter Arina menambahkan, “Penyakit-penyakit itu muncul dan menjadi blefaritis kalau higienitas penderitanya kurang baik sehingga memicu bakteri tumbuh dan timbul infeksi di situ.”

Berikut adalah beberapa kondisi yang menjadi penyebab kelopak mata bengkak:

1. Rosacea

Rosacea merupakan penyakit kulit yang dapat menyebabkan wajah memerah. 

Biasanya, rosacea memiliki tampilan seperti jerawat di bagian hidung, pipi, dagu, atau dahi. 

Terkadang, kondisi ini juga dapat memengaruhi mata dan disebut sebagai rosacea okular. Rosacea okular bisa memicu blefaritis dan ditandai dengan mata merah, kulit sekitar mata terasa terbakar, atau mata berair. 

Beberapa penderita rosacea oskular ada yang mengalami gejala kemerahan dan bengkak di bagian kelopak mata.

2. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah penyakit yang mengakibatkan kulit jadi kemerahan dan bersisik. Kondisi ini juga dapat menyebabkan peradangan dan bengkak di sekitar alis dan kelopak mata. 

Penyebab dari dermatitis seboroik belum diketahui. Namun faktor, seperti stres, genetik, infeksi, cuaca dingin, dan alergi diduga dapat menjadi pemicunya. 

3. Infeksi Kutu di Bulu Mata

Kutu tidak hanya terdapat di rambut atau kulit kepala. Kutu juga bisa bersarang di bulu mata dan kondisi ini disebut dengan phthiriasis palpebrarum

Menurut sebuah studi tahun 2009, kutu di bulu mata dapat berasal dari rambut kutu kemaluan.

Kutu dapat berpindah ketika tangan menyentuh bagian kelamin. Lalu tanpa mencuci tangan, tangan seseorang langsung menyentuh area mata. Alhasil, kutu di tangan dapat berpindah dan menempel di kelopak mata atau akar bulu mata. 

Selain bengkak, kutu dapat menyebabkan mata merah, gatal, bulu mata menempel satu sama lain, dan muncul bintik-bintik cokelat atau hitam di dasar bulu mata.

Artikel Lainnya: Awas Infeksi Mata Gara-Gara Eyeliner!

4. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi peradangan yang menyebabkan kulit mengalami kemerahan dan bersisik.  

Biasanya gejala psoriasis muncul di sekitar siku, lutut, kulit kepala, serta punggung bagian bawah. 

Namun, psoriasis juga bisa menyerang bagian kelopak mata sehingga terlihat seperti bengkak. 

5. Reaksi Alergi

Alergi umumnya dapat menjadi penyebab kelopak mata bengkak. Alergi di kulit kelopak mata bisa dipicu oleh skincare, makeup, cairan lensa kontak, atau zat pada obat tetes mata tertentu. 

Itu dia beberapa penyakit yang menjadi penyebab kelopak mata bengkak. Segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan pengobatan kelopak mata bengkak. 

Untuk tahu informasi kesehatan lainnya, Anda dapat membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/AYU)

Mata bengkakAlergi

Konsultasi Dokter Terkait