HomeGaya hidupSeksGejala dan Cara Mengatasi Gangguan Orgasme pada Wanita
Seks

Gejala dan Cara Mengatasi Gangguan Orgasme pada Wanita

Tamara Anastasia, 02 Sep 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Orgasme pada wanita bisa terganggu dalam beberapa kondisi. Ketahui gejala dan cara mengatasi gangguan orgasme di sini.

Gejala dan Cara Mengatasi Gangguan Orgasme pada Wanita

Disfungsi atau gangguan orgasme merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan mencapai orgasme. Rangsangan seksual yang lebih banyak kadang dibutuhkan untuk orgasme, terutama bagi wanita.

Melansir Healthline, studi menunjukkan disfungsi orgasme bisa memengaruhi sekitar 11-41 persen wanita di dunia. 

Penyebab gangguan orgasme bisa beragam. Beberapa contohnya antara lain faktor fisik dan psikologis, usia, kondisi medis, penggunaan obat, dan sebagainya.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, stres menjadi salah satu penyebab umum disfungsi orgasme. Stres bisa meliputi rasa cemas berlebihan, depresi, kurang percaya diri, dan adanya ketakutan akibat masalah seksual di masa lampau. 

Gejala dan Diagnosis Disfungsi Orgasme

Gejala utama gangguan orgasme adalah ketidakmampuan mencapai klimaks. Contohnya, ketika seseorang merasa mengalami orgasme yang tidak memuaskan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai klimaks. 

Jika mengalami gejala ini, berkonsultasi ke dokter diperlukan untuk diagnosis lebih lanjut. 

Dokter akan melakukan wawancara medis dan memeriksa kondisi fisik. Jika menemukan penyakit, maka kondisi itulah yang akan diatasi terlebih dahulu, terutama bila menyangkut disfungsi seksual. 

Kalau ada masalah lainnya yang berhubungan dengan psikis, dokter dapat memberi rujukan ke psikolog atau psikiater. Sebaiknya jangan malu untuk mengutarakan keluhan agar penyebab dan penanganan dapat diketahui. 

Cara Mengatasi Gangguan Orgasme

Masalah pada kepuasan seksual sebaiknya tidak diabaikan. Pasalnya, hal ini bisa berdampak pada kesehatan mental

Gangguan orgasme dapat diatasi dengan memastikan penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi disfungsi orgasme: 

1. Ciptakan Suasana Baru 

Dokter Theresia menyarankan, “Ciptakanlah suasana baru dengan pasangan. Anda bisa mencari tempat berhubungan seks yang tidak biasa, misalnya di ruang tamu, dapur, dan sebagainya.”

“Ubah juga dekorasi kamar dan gunakan parfum baru. Anda juga bisa pakai lingerie agar merasa lebih seksi dan sebagainya,” ujarnya.

Artikel lainnya: Wanita Orgasme Berkali-kali, Apakah Normal?

2. Lakukan Foreplay Sebelum Berhubungan Seks

Lakukan foreplay terlebih dahulu agar rangsangan yang diterima lebih terasa maksimal. Alat bantu seperti mainan seks atau teknik foreplay yang berbeda bisa dicoba. 

Jangan ragu untuk menggunakan imajinasi selama berhubungan seks agar orgasme lebih mudah dicapai. 

3. Saling Terbuka 

Terbukalah satu sama lain. Ungkapkan hal yang disukai maupun yang tidak saat berhubungan seks. Begitu juga sebaliknya, minta pasangan untuk terbuka mengenai selera berhubungan seks. 

Jika komunikasi lancar, maka kepuasan seksual bisa didapatkan dengan mudah. 

4. Atasi Stres

Menurut dr. Theresia, wanita yang mengalami stres harus mengalihkan perhatiannya pada hal-hal positif. Misalnya, memanjakan diri sendiri, melakukan me time, dan sebagainya, bisa menjadi opsi.

Ketika berhubungan seks, perasaan akan menjadi lebih bahagia bila kadar stres terkendali.

5. Jaga Kemesraan dengan Pasangan

Konflik yang belum terselesaikan dengan pasangan bisa membuat orgasme sulit dicapai saat bercinta. Kesehatan hubungan asmara juga akan terganggu. 

Karenanya, tuntaskan masalah dengan pasangan agar tidak ada lagi perasaan takut, cemas, dan kesal ketika berhubungan intim. 

6. Terapi Hormon Estrogen

Dalam beberapa kondisi, terapi hormon estrogen bisa dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual atau aliran darah ke organ intim agar lebih sensitif. Terapi ini bisa meliputi konsumsi obat dan pemakaian gel pada alat kelamin.

Itu dia beberapa cara mengatasi gangguan orgasme yang bisa dilakukan. Bila ingin bertanya lebih lanjut seputar hubungan seks dan asmara, konsultasi lebih mudah lewat Live Chat bersama dokter dan psikolog.

(FR/JKT)

OrgasmeWanitaSeks

Konsultasi Dokter Terkait