Kesehatan Umum

5 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

dr. Karin Wiradarma, 11 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Terdapat beberapa buah yang konon dapat memperparah gejala batuk. Benarkah dugaan tersebut? Berikut ini penjelasan mengenai buah yang tidak boleh dimakan saat batuk.

5 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Batuk

Sesekali batuk adalah hal normal dan wajar. Namun, bagaimana jika batuk terjadi terus-menerus, gatal, dan mengganggu? Selain dapat mengganggu aktivitas, batuk yang terus-menerus bisa melelahkan dan mengganggu tidur. 

Ada beberapa obat yang dapat kamu konsumsi untuk meredakan batuk. Di samping itu, menghindari makanan tertentu saat batuk juga bisa mengurangi keluhan yang sedang kamu alami. Di antara jenis makanan yang dimaksud, buah adalah salah satunya.

Buah memang menyehatkan. Bahkan, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah setiap hari. Namun, ada beberapa jenis buah yang tidak boleh dimakan saat batuk

Diduga, beberapa jenis buah tersebut bikin batuk karena mengandung zat histamin. Histamin adalah senyawa yang diproduksi tubuh untuk merespons pemicu alergi (alergen). 

Kadar histamin yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu respons alergi dan memperberat gejala batuk, gatal-gatal, mata berair, dan bersin. Selain itu, buah yang mengandung asam sitrat juga bisa menyebabkan batuk.

Lalu, buah apa saja yang tidak boleh dimakan saat batuk? Berikut beberapa di antaranya:

1. Pisang

Penelitian yang diterbitkan oleh Annals of Dermatology berhipotesis bahwa pisang termasuk salah satu buah yang dihindari saat batuk, karena dapat memicu tubuh memproduksi histamin. 

Meski demikian, temuan tersebut masih perlu dikonfirmasi oleh penelitian lanjutan. 

Artikel lainnya: Perhatikan Gejala Virus Corona Bukan Batuk Berdahak, tapi Batuk Kering

2. Alpukat

Ternyata, alpukat juga merupakan buah yang tidak boleh dimakan saat batuk.

Penelitian yang diterbitkan oleh Multidisciplinary Digital Publishing Institute  (MDPI) menyatakan bahwa dalam satu kilogram alpukat terkandung 23 mg histamin di dalamnya. 

Karena memiliki kandungan histamin yang cukup tinggi, maka buah alpukat diduga bisa bikin batuk.  

3. Jeruk

Jeruk yang termasuk ke dalam keluarga buah citrus mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan refluks (aliran balik) asam lambung

Kondisi tersebut dapat memperparah gejala batuk akibat paparan asam lambung pada tenggorokan. 

Walau demikian, ada pula penelitian yang mengatakan bahwa jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan batuk.

Artikel lainnya: Batuk Berdahak di Pagi Hari, Kenali Kemungkinan Penyebabnya

4. Stroberi

Salah satu buah yang dilarang saat batuk adalah stroberi. Mengapa si merah kecil yang menyegarkan ini masuk dalam daftar? 

Menurut penelitian oleh The Netherlands Journal of Medicine, stroberi termasuk buah yang tidak boleh dimakan saat batuk, karena dapat memicu produksi histamin dalam tubuh. 

5. Nanas

Ilustrasi Buah Nanas

Sama seperti pisang, alpukat, dan stroberi, nanas juga dapat meningkatkan produksi histamin dan memicu batuk. 

Namun demikian, ada pula penelitian yang menyatakan bahwa nanas mengandung bromelain yang dapat mengencerkan dahak.

Itu dia beberapa buah yang diduga dapat memperparah gejala batuk, mulai dari pisang hingga nanas.

Hingga kini, penelitian-penelitian yang telah dilakukan belum benar-benar konklusif untuk memastikan buah apa saja yang tidak boleh dimakan saat batuk. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. 

Namun, sebagai langkah antisipasi lebih lanjut, kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jika ingin mengonsumsi buah-buahan tertentu saat batuk. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko perburukan gejala batuk kamu. 

Berkonsultasi dengan dokter dapat kamu lakukan dengan mudah melalui layanan Tanya Dokter atau di aplikasi KlikDokter.

[RS]

BatukNutrisi

Konsultasi Dokter Terkait