Kesehatan Anak

Mau Pakai Jasa Katering MPASI, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Tri Yuniwati Lestari, 27 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Mungkin ibu tak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan MPASI si kecil. Jika ibu berniat menggunakan jasa katering MPASI, perhatikan beberapa hal ini.

Mau Pakai Jasa Katering MPASI, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak kemudahan yang ditawarkan. Kalau dulu ibu harus bangun lebih awal untuk menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI), kini ada pilihan yang lebih praktis.

Sudah terdapat jasa katering MPASI yang niscaya memudahkan hidup para bunda. Katering makanan bayi ini ditawarkan baik secara online maupun konvensional. Menu yang disajikan pun beragam dengan harga yang bersaing.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Katering MPASI

Nah, jika saat ini Anda sedang mempertimbangkan katering untuk MPASI si kecil, perhatikan dulu saran dari dokter berikut.

1. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, saat memilih katering MPASI, ibu perlu pintar-pintar dalam memilih mana yang terbaik.

Jangan tergiur dengan harga yang murah. Pastikan MPASI yang dibuat mengandung makanan yang bernutrisi.

“Pertama saat memilih katering, ibu perlu pastikan kandungan yang ada dalam MPASI. Jangan karena harganya murah tapi ternyata kandungan nutrisinya kurang atau dibuatnya asal-asalan,” ucap dr. Dyah Novita.

Artikel Lainnya: Apakah MPASI Boleh Dipanaskan Kembali? Ini Jawabannya!

2. Pastikan untuk Memberitahu Katering tentang Alergi Anak

Jika ibu ingin memesan pada katering untuk bayi, pastikan untuk memberitahu mengenai alergi makanan si kecil.

Dengan begitu, pembuat katering bisa memastikan untuk tidak menambahkan makanan pencetus alergi.

Jika anak alergi susu, misalnya, beritahu penyedia layanan agar tidak menambahkan produk susu beserta turunannya dalam pesanan Anda.

Jika Anda masih belum mengetahui alergi apa si kecil, pastikan melalui tes alergi di fasilitas kesehatan.

3. Pastikan MPASI Tidak Mengandung Bumbu Penyedap

Melansir laman resmi WHO, pastikan MPASI dari sayuran dan buah tidak dimasak terlalu lama karena dapat menyebabkan hilangnya vitamin penting. Kemudian, pastikan juga untuk tidak memberikan bumbu penyedap tambahan. 

“Ibu perlu memastikan MPASI tidak diberikan gula atau garam tambahan. Jika ingin menambah rasa manis sebaiknya pakai madu, lalu bisa gunakan bawang untuk menambah rasa gurih pada MPASI,” ucap dr. Dyah Novita.

4. Cek Kebersihan Tempat Pembuatan MPASI

Dijelaskan dr. Dyah Novita, pentimbangan penting dalam memilih katering MPASI adalah kebersihan makanan, penyedia layanan, serta peralatan yang digunakan.

Misalnya, pastikan saat membuat makanan bayi, penyedia layanan menggunakan sarung tangan lalu MPASI dimasak di tempat yang bersih.

Kemudian, melansir WebMd, jika Anda membeli katering MPASI dalam jumlah banyak, simpanlah di lemari es atau freezer dalam wadah tertutup. Hangatkan kembali saat waktunya makan dan biarkan dingin.

Artikel Lainnya: Tips Memberikan MPASI untuk Bayi Diare

5. Pastikan Menggunakan Bahan-bahan Alami

Meskipun Anda tidak membuat MPASI sendiri, pastikan makanan yang anak makan punya nutrisi lengkap dan seimbang.

Jika memesan katering untuk MPASI bayi, pastikan untuk yang mengandung bahan-bahan alami.

Seperti sayuran, buah-buahan, telur, daging dan bahan-bahan alami lainnya. Jangan menggunakan bahan-bahan organik yang sudah diolah dalam bentuk kalengan. Nutrisi di dalam makanan kalengan biasanya sudah banyak berkurang.

6. Lihat Ulasan Sebelumnya

Jika Anda memesan katering di online, pastikan untuk membaca ulasan sebelumnya. Dari situ Anda bisa menilai apakah penyedia layanan katering tepercaya atau tidak.

Namun, jika membeli katering MPASI secara langsung, Anda bisa memastikan dengan melihat kebersihannya.

Jangan sungkan untuk bertanya langsung dengan sang pemilik mengenai proses pembuatan MPASI dan bahan-bahannya.

Cari tahu informasi dan testimoni dari orang-orang yang sudah berlangganan dengan penyedia katering tersebut.

Memesan katering MPASI bukan berarti tidak sehat. Hanya saja Anda perlu berhati-hati dengan mempertimbangkan hal-hal di atas. Ingat, kecukupan nutrisi dari makanan sangat mendukung tumbuh kembang bayi Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar MPASI atau masalah kesehatan anak lainnya, konsultasikan dengan dokter melalui fitur Tanya Dokter.

(HNS/AYU)

Kesehatan BayiMPASIBayi

Konsultasi Dokter Terkait