Kulit

Ini Kandungan Lotion untuk Melembapkan Kulit

Zahra Aminati, 26 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Lotion merupakan skincare yang dapat menjaga kelembapan di kulit. Berikut ini merupakan kandungan atau zat dalam lotion yang mampu membuat kulit lebih sehat!

Ini Kandungan Lotion untuk Melembapkan Kulit

Salah satu tahapan skincare yang tak boleh dilewatkan adalah memakai losion. Lotion berfungsi mengunci kelembapan dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Ketika kelembapannya terjaga, kulit jadi tetap sehat, lembut, dan kenyal. 

Tidak seperti krim, lotion mengandung sedikit minyak dan memiliki lebih banyak kandungan air. 

Agar kelembapan kulit bisa didapat secara maksimal, Anda bisa memilih lotion dengan kandungan zat berikut ini. 

1. Seramida 

Seramida atau ceramide adalah molekul lipid yang ditemukan di membran sel kulit. Molekul ini dipercaya dapat membantu mencegah hilangnya kelembapan di kulit.

Dikutip dari Everyday Health, seramida alami atau sintetis (buatan) dapat membantu menjaga dan mengembalikan fungsi skin barrier (pelindung) kulit. Ketika skin barrier berfungsi optimal, kelembapan di kulit akan tetap terjaga. 

2. Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial dikenal juga sebagai lemak sehat. Asam lemak esensial merupakan bahan bakar kulit untuk menjalani proses biologis tertentu. 

Asam lemak esensial dapat melembapkan dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak esensial sendiri sehingga harus diperoleh dari skincare atau konsumsi makanan tertentu.

Beberapa bahan alami yang mengandung asam lemak esensial adalah minyak zaitun, alpukat, minyak almon, dan shea butter. 

Anda bisa menggunakan lotion yang mengandung bahan-bahan tersebut untuk mendapatkan manfaat asam lemak esensial dan kelembapan di kulit. 

3. Gliserin, glikol, dan poliol

Kandungan lotion, seperti gliserin, glikol, dan poliol bersifat humektan. Artinya, ketiga bahan tersebut dapat menarik dan mengikat kelembapan ekstra di kulit. 

Bila didiamkan di tempat terbuka, gliserin dapat menyerap air dari udara hingga sekitar 20 persen. Sementara itu, zat gliserin dapat menyerap air di udara hingga sekitar 80 persen. 

Kemampuan zat-zat tersebut dalam menyerap air baik untuk mencegah kondisi kering dan gatal di kulit.

Artikel Lainnya: Perlukah Pakai SPF Lotion saat Musim Hujan?

4. Asam Hialuronat

Kandungan zat yang satu ini dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai produk skincare, termasuk lotion pelembap. Molekul asam hialuronat dapat menyerap sekitar 1.000 kali berat air. 

Ketika kulit terhidrasi, zat kolagen dan elastin di dalam tubuh dapat bekerja baik. Alhasil, tekstur kulit Anda bisa menjadi lebih kenyal dan wajah terlihat awet muda. 

5. Natrium PCA (Pyroglutamic Acid)

Natrium PCA adalah salah satu jenis humektan yang ditemukan secara alami di dalam protein kulit manusia. 

Natrium atau sodium PCA dapat mengikat air ke dalam sel dan memiliki sifat menyerap air.

Lotion yang mengandung natrium PCA dapat membuat kulit terhidrasi dalam waktu lebih lama. 

Dokter Arina Heidyana menambahkan, “Kandungan-kandungan di atas memang sering ditemukan dalam lotion. Semua kandungan tersebut berfungsi untuk melembabkan, melindungi kulit dari polusi, dan mempertahankan kadar air di kulit.”

Cari tahu  informasi seputar kesehatan kulit lainnya dengan membaca artikel hanya di aplikasi Klikdokter.

(OVI/AYU) 

kulitSkincare lotion

Konsultasi Dokter Terkait