Relationship

Apakah Benar Pria Lebih Tertarik pada Wanita yang Pintar?

Zahra Aminati, 29 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain karena faktor fisik, studi mengungkap kalau pria juga menyukai wanita cerdas. Sudah tepatkah hal tersebut? Begini penjelasannya.

Apakah Benar Pria Lebih Tertarik pada Wanita yang Pintar?

Dari mata jatuh ke hati. Mungkin itu mayoritas yang terjadi pada pria saat melihat wanita. Akan tetapi, sebagian orang lain meyakini kalau ketertarikan tersebut bukan semata karena fisik.

Pria disebut tertarik pada wanita karena faktor non-fisik, seperti kecerdasan. Benarkah pria suka wanita yang cerdas? Berikut ulasannya untuk Anda.

Benarkah Pria Lebih Tertarik pada Wanita Cerdas?

Topik dampak kecerdasan pada ketertarikan pria terhadap wanita pernah diteliti oleh psikolog Lora E. Park bersama tim.

Menurut studi itu, ketertarikan interpersonal dapat dilihat melalui ukuran “jarak psikologis”, yakni seberapa dekat pria dengan target wanita.

Artikel Lainnya: Sederet Alasan Kenapa Pria Lebih Mudah Jatuh Cinta

Dijelaskan psikolog Ikhsan Bella Persada, M. Psi., “Ketertarikan interpersonal adalah dorongan dan keinginan seseorang untuk mendekati individu lain.”

“Dalam konteks ini (pria mendekati wanita), berarti lawan jenis memiliki daya tarik, dengan tujuan terciptanya pola hubungan menetap atau menjalin suatu hubungan,” kata dia.

Hasilnya, Park menemukan, jika target jauh secara psikologis (baru dikenal), pria cenderung tertarik pada wanita yang lebih pintar.

Jika target dekat secara psikologis (kerabat, teman, atau orang terdekat), pria cenderung kurang tertarik pada wanita yang lebih pintar dari mereka.

Peneliti juga mencatat kalau pria mungkin kurang tertarik pada wanita yang mengungguli mereka jika sudah dekat secara psikologis (teman, kerabat, atau orang terdekat). Hal tersebut bisa jadi karena adanya perasaan kurang maskulin. 

Park mencontohkan, seorang pria bersemangat pergi kencan buta dengan wanita yang pandai olahraga dan menyenangkan. Namun, hubungan tersebut belum tentu berjalan lancar.

Alasannya, pria merasa sang wanita bakal mendominasi dalam bidang olahraga. Hal ini membuat pria merasa kurang maskulin dan “kalah” dari mereka.

Psikolog Ikhsan menambahkan, “Bisa jadi penyebab ketidaktertarikan itu adalah maskulinitas atau gender. Tapi kembali lagi, untuk mengukur pengaruhnya tidak hanya dari satu faktor.” 

“Ada faktor-faktor lain, seperti latar belakang keluarga, kepribadian, minat masing-masing pasangan, dan nilai yang dianut masing-masing.”

Selain itu, Ikhsan menambahkan, penelitian tersebut belum bisa dijadikan acuan pasti dan disamaratakan pada setiap pria.

“Pasalnya, ada penelitian yang mengatakan kalau pria khawatir dan kurang tertarik dengan wanita cerdas. Tapi ada juga penelitian yang bilang pria lebih tertarik dengan wanita pintar,” kata dia.

Artikel Lainnya: Alasan Kenapa Pria Suka Melihat Payudara Wanita, Ini Kata Psikolog

Alasan Pria Tertarik pada Wanita Cerdas

Pada dasarnya setiap wanita memiliki sesuatu yang membuatnya menarik di mata laki-laki. Dalam hal wanita cerdas, menurut psikolog Ikhsan, ada beberapa faktor yang membuat pria lebih tertarik dengan wanita yang pintar.

Berikut beberapa di antaranya:

  • Pria lebih tertarik pada wanita pintar karena akan menjadi teman diskusinya dalam membuat keputusan atau berdiskusi hal lain.
  • Wanita pintar biasanya memiliki sikap kerja yang baik. Hal ini membuat pria tertarik karena wanita akan memiliki time management yang baik antara membagi waktu kerja dan pasangan.
  • Sebagian pasangan juga menyukai pasangan yang kritis sehingga dapat mendukung laki-laki dalam mengambil suatu tindakan.

Jadi, apakah pria lebih suka wanita cantik atau pintar belum sepenuhnya bisa dipastikan. Seperti yang diulas di atas, ada banyak faktor yang memengaruhi.

Anda memiliki pertanyaan seputar relationship dan masalah psikologis lainnya? Manfaatkan LiveChat untuk langsung berinteraksi dengan psikolog kami.

(HNS/AYU)

Relationshipkesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait