Gigi Mulut

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

drg. Wiena Manggala, 20 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Vitamin D dapat cegah kerusakan gigi, radang gusi, hingga menjaga kebersihan mulut. Simak fakta vitamin D untuk gigi di sini.

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Mungkin kamu mengira, menjaga kesehatan gigi dan mulut cukup dengan menyikat gigi. Padahal, beberapa faktor lain turut memengaruhi kesehatan gigi, salah satunya asupan vitamin D untuk gigi.  

Manfaat vitamin D untuk gigi adalah sebagai komponen penting untuk membangun tulang dan gigi yang kuat, serta membantu tubuh menyerap kalsium. Lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini!

Manfaat Vitamin D untuk Gigi dan Mulut

Beberapa keuntungan berikut ini menunjukkan betapa pentingnya asupan vitamin D untuk gigi dan mulut:

1. Mencegah Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi paling umum dialami anak-anak. Kondisi ini dapat dicegah jika si kecil memperoleh asupan vitamin D yang seimbang. 

Vitamin D membantu sistem pencernaan menyerap kalsium dari makanan. Bersama fosfor, kalsium adalah mineral penting yang membentuk serta memelihara struktur tulang dan email (lapisan terluar gigi). 

Artikel lainnya: 8 Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D, Waspadalah!

2. Mencegah Radang Gusi 

Manfaat vitamin D untuk gusi adalah mencegah gingivitis. Gingivitis adalah peradangan pada jaringan lunak di sekitar gigi atau jaringan gingiva. Gingivitis dapat menyebabkan gusi meradang dan berdarah.

Ketika mengidap gingivitis, hal tersebut tidak hanya menandakan kesehatan mulut buruk, namun juga sistem kekebalan terganggu. 

Pasalnya, mulut merupakan area berlangsungnya interaksi yang intens antara mikroba dengan sel kekebalan tubuh, seperti halnya pada usus. 

3. Memperkuat Tulang dan Keutuhan pada Gigi

Gigi kita terdiri dari mineral, terutama kalsium dan fosfor. Mineral-mineral ini bersama vitamin D bertanggung jawab untuk kesehatan mulut dan kekuatan tulang rahang.

Kalsium dan fosfor membuat tulang cukup kuat untuk menjaga gigi tetap pada tempatnya. Vitamin D bertugas menjaga keseimbangan kalsium dan fosfor, serta penyerapannya di dalam tubuh. 

Hal itu mendukung kalsifikasi dan mineralisasi gigi, serta membantu mencegah berbagai masalah pada gigi dan mulut. 

4. Menjaga Kebersihan Mulut

Dengan mencegah kerusakan gigi maupun radang gusi, vitamin D sekaligus berperan menjaga kebersihan rongga mulut. Gigi dan gusi yang sehat meminimalkan risiko kerusakan gigi, bau mulut, serta penyakit-penyakit mulut lainnya.

Artikel lainnya: Pilihan Vitamin untuk Gigi Sehat dan Kuat

Kebutuhan Asupan Vitamin D untuk Gigi dan Mulut

Ini Pentingnya Penuhi Kebutuhan Vitamin D Setiap Hari

Kekurangan vitamin D bisa terjadi pada siapa saja dan memengaruhi organ-organ di dalam tubuh. Akibatnya, sejumlah masalah bisa terjadi. 

Kamu tak perlu khawatir, setiap kekurangan tersebut dapat diatasi dengan pola hidup sehat!

Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang dan gigi kuat. Hal ini mencegah osteoporosis dan memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus. Jumlah vitamin yang tepat dibutuhkan tergantung usianya.

Berikut dosis vitamin D harian yang disarankan berdasarkan usia:

  • 0-12 bulan: 400 IU per hari
  • 1-65 tahun: 600 IU per hari
  • 65 tahun ke atas: 800 IU per hari

Sumber Vitamin D yang Baik untuk Gigi

Bagaimana Susunan Gigi Pengaruhi Bentuk Wajah?

Vitamin D adalah hormon steroid yang diproduksi terutama oleh paparan sinar matahari untuk menghasilkan vitamin D di dalam tubuh. Oleh karena itu, biasakanlah berjemur pagi hari minimal tiga puluh menit per hari. 

Namun, kamu perlu berhati-hati dengan jumlah radiasi UV yang mengenai kulit karena dapat menyebabkan kanker kulit. Kamu harus mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih saat terkena sinar matahari langsung. 

Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dari berbagai makanan, meskipun kadarnya tidak banyak. Makanan bervitamin D contohnya produk olahan susu (susu, keju, yoghurt), tuna, sarden, dan telur. Sumber vitamin D3 ini berfungsi memperkuat gigi.

Artikel lainnya: 12 Buah yang Bagus untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mencukupi vitamin D di dalam tubuh adalah mengonsumsi suplemen. Konsultasi kepada dokter umum atau dokter gigi diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi dosis vitamin D harian yang sesuai kebutuhan. 

Download aplikasi KlikDokter, cara mudah konsultasi ke dokter secara online! Kamu bisa konsultasi lewat fitur Tanya Dokter dan buat janji atau pemeriksaan. #JagaSehatmu.

(FR/JKT)

NutrisiGigi dan Mulutradang gusi

Konsultasi Dokter Terkait