Pernapasan

Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah?

Zahra Aminati, 23 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Studi menemukan penyakit flu dianggap bisa disembuhkan dengan makan pisang. Apa benar konsumsi pisang dapat dijadikan pengobatan flu? Ini faktanya.

Makan Pisang Bisa Membantu untuk Mengatasi Flu, Benarkah?

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan flu. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan konsumsi pisang dikatakan mampu mengatasi penyakit tersebut.

Bagaimana manfaat pisang untuk penyembuhan flu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Studi tentang Manfaat Buah Pisang untuk Mengobati Flu

Dalam sebuah penelitian tahun 2020 oleh University of Michigan, Amerika Serikat, ditemukan bahwa flu dapat disembuhkan hanya dengan makan pisang.

Artikel lainnya: Manfaat Pisang untuk Membantu Meringankan Asma

Para peneliti menggunakan obat flu yang mengandung senyawa rekayasa dari protein di dalam pisang. Studi ini dilakukan pada tikus yang sakit flu. Mereka menemukan kelangsungan hidup tikus tersebut meningkat setelah diberi makan senyawa ini.

Kemudian, pada studi yang diterbitkan National Academy of Sciences, Amerika Serikat, ditemukan 80 persen tikus yang terkena flu dapat bertahan hidup saat menerima suntikan protein nabati pisang.

Protein yang dimaksud disebut H84T. Protein ini berasal dari lektin pisang, tetapi harus direkayasa terlebih dahulu di laboratorium sebelum digunakan. Jika tidak, protein ini dapat memicu komplikasi serius.

Protein H84T diteliti dapat menghalangi kemampuan virus influenza untuk menyatu dengan struktur yang disebut endosom dalam sel manusia.

Umumnya, lektin pisang dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti menyebabkan peradangan. Tapi, dalam penelitian tersebut, protein pisang yang direkayasa tidak memiliki efek samping yang sama.

Tikus yang diuji justru mengembangkan antibodi yang dapat melawan virus flu tanpa menunjukkan efek buruk.

Manfaat pisang untuk menyembuhkan flu memang terlihat menjanjikan. Namun, penelitian tersebut hanya dilakukan pada tikus.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, terlalu luas jika mengatakan makan pisang bisa sembuhkan flu.

“Bukan serta-merta makan pisang bisa cegah dan sembuhkan flu. Makan pisang sama seperti makan buah-buahan lainnya yang kaya vitamin dan mineral. Ini dapat mendukung daya tahan tubuh yang baik, sehingga kuat untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya flu,” jelasnya.

Artikel lainnya: Manfaat Kulit Pisang untuk Mengatasi Jerawat, Efektifkah?

Konsumsi Pisang untuk Menunjang Kesehatan Tubuh

Pada dasarnya, pisang memang dapat menyehatkan tubuh. Dokter Astrid mengatakan, “Pisang mengandung kalium, vitamin B6, dan vitamin C, juga katekin. Pisang juga merupakan sumber karbohidrat, serat, dan protein yang baik untuk tubuh.”

Kandungan kalium di dalam pisang sangat baik untuk kesehatan jantung. Pisang juga sangat membantu kelancaran pencernaan. Selain itu, buah ini juga mampu memberikan energi dengan cepat.

“Konsumsi pisang sebanyak 1-2 buah per hari. Jika terlalu banyak konsumsi pisang dalam sehari, bisa menyebabkan kegemukan, kadar gula darah naik, gangguan ritme jantung, mual, dan muntah,” jelas dr. Astrid.

Pisang tidak bisa dijadikan pengobatan utama untuk flu. Namun, konsumsinya secara umum dapat mendukung kesehatan tubuh sehingga cepat pulih dari penyakit.

Bila ingin tanya lebih lanjut seputar pengobatan flu, konsultasi lewat Live Chat dokter. Dapatkan info menarik lainnya seputar kesehatan di aplikasi Klikdokter.

(FR/JKT)

Flupisanginfeksi virus

Konsultasi Dokter Terkait