Kehamilan

Menyingkap Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

Tamara Anastasia, 17 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Konsumsi rutin beras kencur disinyalir efektif untuk meningkatkan kesuburan. Benarkah demikian? Simak kata dokter tentang manfaat beras kencur untuk kesuburan di sini.

Menyingkap Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

Sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan jamu beras kencur. Sejak dahulu kala, produk herbal yang satu ini kerap diidentikan dengan kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat yang disinyalir bisa dirasakan dengan mengonsumsi beras kencur adalah peningkatan kesuburan. Tidak heran, pasangan yang sedang berupaya untuk hamil sering dianjurkan untuk mengonsumsi produk herbal tersebut secara rutin.

Lantas, seberapa efektif beras kencur untuk kesuburan? Yuk, cari tahu fakta medisnya!

Mengungkap Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesuburan

Manfaat beras kencur untuk kesuburan berawal dari dugaan bahwa produk herbal ini memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas, sehingga sirkulasi darah dan kondisi tubuh secara keseluruhan dapat berfungsi dengan lebih maksimal.

Sirkulasi darah yang optimal kemudian dihubungkan dengan kemampuan penis untuk mempertahankan ereksi, kesehatan rahim lebih baik, juga gairah seksual yang optimal.

Tak berhenti di situ, antioksidan dalam beras kencur juga diduga memiliki kemampuan untuk menurunkan stres oksidatif. Hal ini dihubungkan dengan meningkatnya kualitas sel telur wanita dan sperma pria, serta membuat siklus haid lebih lancar.

Apakah itu Berarti Beras Kencur Efektif Meningkatkan Kesuburan?

Sayangnya, semua teori tentang manfaat jamu beras kencur untuk kesuburan masih belum dapat dibuktikan secara medis.

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, beras kencur dan rempah lain sejenisnya memang punya kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

“Hanya saja, jika spesifik untuk kesuburan, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa beras kencur dapat bermanfaat demikian,” kata dr. Sepriani.

Artikel Lainnya: Sederet Khasiat Semangka untuk Kesuburan Pria dan Wanita

“Jikapun ada penelitian yang pernah membahas manfaat beras kencur untuk kesuburan, kebanyakan studi ini masih bersifat penelitian pada hewan. Artinya, harus dilakukan studi lebih lanjut untuk mengungkap efeknya pada manusia,” tegasnya.

Kesimpulannya, hingga saat ini manfaat beras kencur untuk kesuburan masih sebatas dugaan alias belum dapat dibuktikan secara medis.

Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi ramuan herbal yang satu ini. Anda tetap dapat mengonsumsi beras kencur sebagai salah satu cara menjaga kesehatan tubuh.

Jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan seimbang, agar kondisi tubuh Anda senantiasa prima.

Ingat, tubuh yang sehat dan terbebas dari penyakit adalah syarat utama untuk memiliki kesuburan yang optimal.

Punya pertanyaan seputar beras kencur untuk kesuburan? Ingin tahu fakta medis lain dari anggapan yang beredar di media sosial? Anda bisa berkonsultasi secara langsung kepada dokter melalui Tanya Dokter atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Kesuburan

Konsultasi Dokter Terkait