HomeGaya hidupSehat dan BugarBerapa Lama Waktu Meditasi yang Ideal?
Sehat dan Bugar

Berapa Lama Waktu Meditasi yang Ideal?

Tri Yuniwati Lestari, 20 Agu 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meditasi dikenal sebagai latihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental. Namun, berapa lama harus berlatih meditasi? Berikut penjelasannya.

Berapa Lama Waktu Meditasi yang Ideal?

Meditasi adalah proses melatih pikiran untuk tetap fokus dan terjaga. Meditasi juga merupakan cara untuk bisa waspada dalam keadaan tenang. 

Beberapa orang ada yang melakukan meditasi untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres. 

Kendati begitu, masih banyak yang belum tahu berapa lama atau durasi ideal untuk berlatih meditasi. Durasi atau lama latihan meditasi wajib diketahui agar manfaat yang Anda dapat lebih maksimal.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Meditasi?

Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada,M.Psi., Psikolog, waktu yang dibutuhkan untuk meditasi berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini juga bergantung pada referensi dan waktu yang dibutuhkan untuk bermeditasi. 

Artikel Lainnya: Anak-Anak Bisa Mengatasi Cemas dengan Cara Meditasi

Menurut psikolog Ikhsan, meditasi sebaiknya dilakukan selama 15 menit. Tetapi bagi pemula, meditasi boleh dilakukan selama 5 menit per hari untuk membiasakan diri terlebih dahulu. 

“Karena meditasi itu, kan, harus memusatkan diri dalam waktu tertentu. Nah, bagi pemula, khawatir sulit untuk masuk dan mempertahankan perhatian jika langsung mencoba meditasi dalam waktu yang lama,” jelas psikolog Ikhsan.

Kendati begitu, durasi meditasi juga perlu diseimbangkan dengan latihan yang rutin. 

Manfaat meditasi tak akan terasa maksimal jika Anda tidak rutin berlatih. 

Sebuah studi tahun 2020 pernah mengamati pemula atau peserta yang baru mencoba meditasi. Peneliti menemukan, ketika peserta merasakan emosi positif,   frekuensi dan durasi latihan mereka juga jadi meningkat.

Dengan kata lain, rasa tenang dan emosi positif dapat Anda rasakan bila rutin serta menikmati latihan meditasi. 

Sebaliknya, jika memaksakan diri untuk meditasi, tetapi pikiran sulit fokus atau merasa tidak nyaman, manfaat meditasi pun tak akan bisa diraih. 

Saat meditasi, Anda harus rileks, tenang, dan fokus kepada pikiran saat itu. Sebab meditasi bukanlah sekadar latihan berdiam diri dalam waktu lama. 

Artikel Lainnya: Latihan Mindfulness yang Bermanfaat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Hal yang Membuat Meditasi Jadi Lebih Efektif

Masih dikutip dari Healthline, ada lima hal yang memengaruhi seberapa efektif latihan meditasi yang Anda lakukan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Frekuensi dari Sesi Latihan

Menurut studi tahun 2018, bermeditasi selama 13 menit sehari selama 4 minggu dapat menurunkan suasana hati yang negatif, meningkatkan fokus, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi kecemasan

Anda perlu meditasi secara rutin atau berulang agar manfaat yang dirasakan lebih maksimal. 

  1. Durasi atau Lamanya Waktu Latihan

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa fokus seseorang jadi lebih meningkat, terutama di hari atau jadwal mereka latihan meditasi. 

Beberapa penelitian juga mengatakan, manfaat meditasi dapat lebih terasa jika dilakukan dalam durasi yang lebih lama. 

  1. Kepatuhan Terhadap Instruksi Latihan

Menurut psikolog Ikhsan, seseorang orang akan mendapatkan rasa tenang dan emosi yang lebih stabil usai meditasi.

Karena saat meditasi, Anda akan memusatkan diri dan fokus terhadap kondisi saat itu. Anda juga tidak boleh memikirkan hal yang sudah atau belum terjadi saat meditasi.

  1. Kompetensi

Menurut penelitian, durasi latihan tidak menentukan hasil atau seberapa banyak perasaan sejahtera yang muncul setelah meditasi.

Hal yang dapat memengaruhi efektivitas meditasi adalah keterampilan Anda untuk bisa fokus kepada hal-hal yang dituntut dilakukan saat berlatih. 

Artikel Lainnya: Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

  1. Alasan Latihan Meditasi

Meditasi dapat menjadi efektif jika seseorang memiliki kesadaran terhadap apa sedang dilakukannya. 

“Kita harus menentukan dulu apa tujuan meditasi, apakah memang untuk healing, untuk mindfulness atau lainnya. Tujuannya agar proses meditasi lebih terarah dan manfaatnya lebih terasa,” ucap psikolog Ikhsan.

Apabila ingin tahu manfaat meditasi lainnya, Anda bisa membaca artikel aplikasi Klikdokter atau berkonsultasi kepada  psikolog melalui fitur LiveChat.

(OVI/AYU)

meditasikesehatan mental

Konsultasi Dokter Terkait