Kehamilan

Mengenal Ragam Jenis-Jenis Hamil Kembar Siam

Tamara Anastasia, 19 Agt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kembar siam bisa terjadi di bagian tubuh mana saja. Agar tak salah kaprah, berikut ini jenis hamil kembar siam yang mesti Anda ketahui.

Mengenal Ragam Jenis-Jenis Hamil Kembar Siam

Tidak ada satu orang pun yang mengharapkan hamil kembar siam. Pasalnya, keadaan ini tergolong sebagai kondisi abnormal, di mana dua bayi kembar menempel satu sama lainnya.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, MRes, hingga saat ini faktor penyebab hamil kembar siam masih belum diketahui pasti.

“Biasanya, kondisi ini bermula dari 1 telur yang dibuahi, lalu berpisah menjadi 2 janin. Namun, proses pemisahan tersebut tidak terjadi secara sempurna sehingga menyebabkan ada bagian-bagian yang menempel,” jelas dr. Sara.

Bagian tubuh yang menempel pada kembar siam dapat bermacam-macam. Perbedaan inilah yang membuat medis mengklasifikasikan kembar siam menjadi beberapa jenis.

Berikut ini jenis-jenis kembar siam, yang dibedakan menurut organ tubuh yang saling menempel:

1. Omphalopagus

Jenis kembar siam yang satu ini terjadi ketika tubuh kedua bayi saling menempel pada bagian pusar atau sekitar perut.

Bayi kembar siam omphalopagus juga biasanya berbagi hati (liver), dan organ tubuh bagian bawah lainnya, seperti usus kecil.

2. Thoracopagus

Bagian dada yang menempel merupakan ciri khas bayi kembar siam thoracopagus. Pada jenis ini, kedua bayi umumnya memiliki satu hati (liver), dan berbagi usus atas.

Hamil kembar siam thoracopagus adalah jenis yang paling sering ditemukan.

3. Pygopagus

Pygopagus merupakan jenis kembar siam dengan ciri khas tulang belakang saling menempel. Kondisi ini biasanya terlihat ketika kedua bayi saling membelakangi bagian pangkal tulang belakang dan bokong.

Bayi kembar pygopagus umumnya berbagi saluran pencernaan bagian bawah, dan beberapa organ reproduksi maupun saluran kemih.

4. Rachipagus

Rachipagus merupakan kondisi kembar siam yang terjadi pada bagian panjangnya tulang belakang. Jenis kembar siam ini termasuk yang sangat jarang ditemukan.

5. Ischiopagus

Kembar siam ischiopagus merupakan kembar siam yang terjadi pada area panggul bayi. Posisinya bisa saling berhadap-hadapan, atau saling berdempetan (samping menyamping).

Sebagian besar kembar siam jenis ini memiliki saluran pencernaan bawah, hati (liver), organ genital, dan saluran kemih yang sama.

Banyak kembar ischiopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, hati serta organ genital dan saluran kemih.

Artikel Lainnya: Tips Berbagi Peran Orangtua Baru saat Merawat Bayi Kembar

6. Parapagus

Pada kembar siam parapagus, bagian samping tubuh seperti dada, perut, dan area pinggul saling menempel. Kondisi ini umumnya terjadi pada sebagian perut atau seluruhnya.

7. Craniopagus

Kembar siam craniopagus adalah jenis kembar siam yang cukup sering ditemukan. Kembar jenis ini ditandai dengan menempelnya area kepala. Meski kondisinya demikian, bayi kembar siam jenis ini umumnya punya otak yang berbeda.

8. Cephalopagus

Kembar siam cephalopagus ditandai dengan menempelnya area wajah dan bagian tubuh bagian atas lainnya.

Kedua wajah bayi kembar siam cephalopagus akan muncul di sisi berlawanan dari kepala yang sama. Bayi kembar siam ini juga umumnya saling berbagi otak.

Sayangnya, jenis kembar siam ini jarang bertahan hidup untuk jangka waktu lama.

Demikian berbagai jenis hamil kembar siam yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Mana yang sekiranya pernah Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari?

Jika punya pertanyaan mengenai hamil kembar siam, Anda bisa berkonsultasi langsung kepada dokter melalui Tanya Dokter atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait